fbpx
Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Pria

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Pria
Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Pria 3

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Pria – Serangan jerawat tidak melihat jenis kelamin. Ruam dapat muncul pada kulit wajah baik pada pria maupun wanita. Namun ternyata ada perbedaan munculnya jerawat pada kulit pria dan wanita. Perbedaan yang dimaksud terletak pada jenis kulit, serta latar belakang hormonal.

Advertisements

Pola hormonal yang dimaksud adalah perbedaan kadar androgen pada wanita dan wanita. Kadar androgen pada pria lebih konstan daripada pada wanita, sehingga jerawat tetap ada sampai diobati. Sedangkan kadar androgen pada wanita dipengaruhi oleh siklus menstruasi, sehingga jerawat pada wanita terkadang muncul tiba-tiba dan hilang dengan sendirinya.

Kondisi jerawat wajah juga dipengaruhi oleh tingkat aktivitas pria yang cenderung lebih banyak beraktivitas di luar ruangan dibandingkan wanita. Berada di luar ruangan terlalu lama dan sering berarti wajah sering terkena debu dan polutan serta kontaminan lainnya. Ditambah faktor laki-laki yang terlalu malas untuk mandi sepulang sekolah. Mungkin membersihkan wajah, tetapi hanya untuk waktu yang singkat, tidak membersihkan sepenuhnya, dan melanjutkan ke rangkaian kosmetik lainnya, seperti wanita.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa penanganan masalah jerawat pada pria lebih kompleks dan kurang akurat. Karena jerawat tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin, tetapi oleh kebiasaan setiap orang. Ketika wanita menjalani gaya hidup yang tidak sehat, tidak menutup kemungkinan masalah kulit wajah yang mereka miliki juga sulit untuk diatasi.

Cara Mencegah Munculnya Jerawat pada Pria

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Pria
Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Pria 4

Hindari makan terlalu banyak produk susu

Menurut publikasi dalam Journal of American Academy of Dermatology, makanan yang mengandung susu dan produk susu dapat meningkatkan produksi sebum pada wajah. Sedangkan sebum merupakan pemicu tersumbatnya kelenjar minyak yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit wajah.

Advertisements
See also  Berjerawat ? Hindari Makanan Yang Dapat Mencegah Timbulnya Jerawat ini . . .

Stop Merokok

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, merokok dapat memicu produksi senyawa kimia dalam tubuh yang disebut radikal bebas. Radikal bebas inilah yang menyebabkan tubuh kavaner memproduksi protein yang menyebabkan inflamasi (peradangan), sering disebut sebagai sitokin.

Sitokin ini diyakini berperan dalam tahap awal jerawat. Penelitian telah menemukan bahwa pori-pori yang tersumbat mengandung banyak sitokin penyebab jerawat. Dari sini disimpulkan bahwa ketika Cavaners berhenti merokok, jerawat hilang dan tidak muncul lagi.

Tidak hanya rokok fisik, tetapi juga rokok elektrik, yang dikenal dengan vaping, memiliki efek yang sama. Keduanya dapat meningkatkan kadar sitokin dalam tubuh dan menyebabkan peradangan dan jerawat.

Bersihkan wajah secara teratur

Baik pria ataupun wanita, wajib untuk memastikan wajahnya bersih. Membersihkan wajah haruslah teratur dan rutin agar kulit wajah terhindar dari jerawat. Sisa kotoran, minyak, polusi, ataupun debu yang menempel pada wajah akan membuat saluran kelenjar penghasil minyak akan tersumbat sehingga memicu munculnya jerawat. Jadi, rajinlah mencuci dan membersihkan wajah, bro!

Pilih produk perawatan kulit yang tepat

Memilih produk perawatan wajah yang tidak tepat bisa memicu munculnya jerawat di wajah. Hindari produk kecantikan yang mengandung alkohol dan juga terlalu iritatif karena bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Advertisements

Sebaiknya memilih produk perawatan wajah yang cocok di kulit dan kemampuan lainnya. Seperti misalnya membersihkan kotoran yang menempel di kulit bahkan hingga ke pori-pori terdalam. Biasanya permbersih ini mengandung carnitine dan sebagainya yang bisa membersihkan wajah secara menyeluruh.

Rutin membersihkan ponsel

Ponsel ternyata juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah karena banyaknya kuman dan bakteri yang menempel. Lalu, ponsel ini sering menempel di wajah ketika menelpon seseorang. Inilah yang menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Solusinya adalah dengan membersihkan ponsel sebelum digunakan.

See also  Tips Memilih Make up Dan Skincare Untuk Kulit Berjerawat

Bersihkan alat cukur sebelum digunakan

Usahakan untuk menggunakan pisau cukur hanya sekali pakai saja. Selain itu, perhatikan juga kebersihan alat cukur yang akan Cavaners gunakan serta produk aftershave nya. Sebab, benda-benda ini bisa memicu munculnya jerawat.

Kendalikan stres

Ternyata jerawat pada pria juga dipengaruhi oleh kondisi psikologis seperti stres, misalnya. Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2007, semakin tinggi tingkat stress seseorang, semakin parah pula kondisi jerawatnya.

Jangan membiarkan jerawat yang ada

Jerawat yang sudah muncul di wajah harus diobati segera agar peradangan juga bisa segera diatasi. Membiarkan jerawat bisa menyebabkan munculnya komplikasi sehingga munculnya scar. Scar jerawat ini bermacam-macam bentuknya, bisa berupa bercak gelap atau merah yang susah dihilangkan, tekstur kulit tidak rata, dan sebagainya.

Advertisements

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat pada kulit. Cara menghilangkan jerawat di kulit secara alami:

Lidah buaya

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah lidah buaya. Dimana kandungan polifenol yang berfungsi sebagai obat jerawat pada kulit, dengan pemakaian teratur dapat menghilangkan jerawat secara tuntas. Caranya Cavaners bisa mengambil gel yang terdapat pada lidah buaya kemudian menggunakannya sebagai masker. Lalu mengoleskannya secara merata pada wajah. Diamkan selama 15- 20 menit lalu bilas wajah dengan air bersih.

Mentimun

Mentimun tidak hanya kaya akan antioksidan, tetapi juga mengandung vitamin dan asam amino. Dimana kandungan tersebut dapat digunakan sebagai penghilang jerawat alami. Cavaners cukup menggunakan masker mentimun secara rutin pada kulit yang berjerawat.

Advertisements

Bawang putih

Zat yang mengandung belerang dipercaya dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Di mana Cavaners dapat menemukan zat ini dalam bawang putih, yang digunakan setiap hari sebagai bumbu dapur? Caranya, ambil 1 siung bawang putih lalu potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Tunggu kurang lebih 15-20 menit, lalu bersihkan.

See also  Tips Mengatasi Jerawat : Jerawat Hilang Dengan Ini

Putih Telur

Enzim lisozim yang terdapat pada putih telur dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat secara efektif. Caranya Cavaners bisa memisahkan putih telur dari kuningnya. Cavaners juga bisa menambahkan air perasan lemon lalu mengoleskannya secara merata pada wajah. Biarkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

SUMBER:

cara menghilangkan jerawat cowok secara alami
makanan pemicu jerawat
penyebab jerawat tak kunjung sembuh pada pria
cara mengurangi hormon penyebab jerawat pada pria
cara mengatasi jerawat pada pria
cara menghilangkan jerawat untuk pria umur 14 tahun
penyebab jerawat pada laki laki
cara menghilangkan jerawat pria umur 15 tahun

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles