fbpx
Sunday, May 22, 2022

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Kelamin? Seperti Ini Triknya!

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Kelamin? Seperti Ini Triknya!
Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Kelamin? Seperti Ini Triknya! 2

Mencegah Penyakit Kelamin : Sebenarnya ketika membicarakan tentang topik penyakit kelamin, ada pelajaran yang bisa diambil. Seperti tidak boleh melakukan hubungan seksual diluar nikah atau sex bebas, dilarang untuk bergonta-ganti pasangan saat berhubungan seksual. Artinya, disini dituntut untuk memiliki satu pasangan saja (setia) sampai akhir hayat. Namun hanya sedikit yang menyadari hal demikian.

Tahapan Pencegahan Penyakit Kelamin

Rutin membersihkan area organ tubuh salah satunya sekitar genital (kelamin) adalah hal penting yang harus dilakukan setiap orang. Apabila Cavaners takut dengan obat-obatan yang dijual di toko, bisa membuat sendiri dengan bahan alami seperti ekstrak daun sirih yang sudah dipercaya ampuh membasmi bakteri jahat penyebab penyakit pada kelamin.


Namun, yang ada dibayangan masyarakat adalah betapa menakutan dan mengerikannya penyakit pada kelamin ini. Hingga berfikir pada resiko kematian, nah apa sih cara agar bisa mencegah penyakit pada kelamin ini? Lalu apa pengobatan yang aman dilakukan?

Advertisements

Dibawah ini adalah cara mencegah penyakit kelamin, antara lain:

Vaksinasi

Pencegahan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan cara vaksinasi, cara kerjanya yakni secara preventif. Artinya, melakukan pencegahan penyakit menular seksual dengan membentuk sistem kekebalan pada tubuh. Agar mampu melawan kuman, serta virus penyebab PMS.


Jenis vaksin yang digunakan yaitu vaksin HPV atau Human Papillomavirus) dan juga Hepatitis B. Untuk jenis vaksin HPV disarankan untuk perempuan yang sudah berusia 10 sampai 54 tahun.Vaksin pertama boleh dilakukan kapan saja, sedangkan vaksin kedua bisa 1 bulan setelah dilakukannya vaksin 1. Serta vaksin ketiga setelah 6 bulan vaksin 2, dibawa pengawasan dokter.

Tidak Menggunakan Jarum Suntik Bergantian

Ternyata jarum suntik yang digunakan secara bersamaan juga menjadi salah faktor seseorang terpapar penyakit kelamin. Maka dari itu, ketika memang melakukan pengobatan melalui dokter, pastikan jarum suntik yang digunakan masih steril. Hal ini untuk mencegah terjadinya penyakit pada kelamin yang kasusnya masih tinggi.

Advertisements


Tidak hanya itu saja jarum suntik yang terkena kulit pengidap PMS. Tentu akan membawa darah yang sudah mengandung bakteri, kepada orang lain apabila jarum suntik tadi digunakan kembali. Karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati, sertaterhindar dari segala penyakit berbahaya, dimana bisa merugikan orang lain.

See also  Gejala, Penyebab, dan Penanganan Ablasio Retina

Tidak Seks Bebas

Seks bebas atau melakukan hubungan seksual di luar nikah, menjadi salah satu wujud resiko terkena penyakit pada kelamin. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan menyebutkan bahwa sekitar 40% hubungan seksual diluar nikah mampu mengakibatkan tertularnya penyakit HIV, raja singa, jengger ayam serta gonore.


Disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan, serta edukasi mengenai kesehatan reproduksi. Karena fase remaja rentan melakukan hubungan seksual di luar nikah. Jika sudah begitu, ditakutkan terkena gangguan mental yang mengakibatkan hilangnya semangat hidup, serta bisa berujung pada yang namanya bunuh diri. Sungguh ironis melihat fenomena seperti ini.

Tidak Melakukan Hubungan Seksual sesama Jenis

Penyakit menular seksual, juga tidak hanya diakibatkan melalui hubungan seksual dengan lawan jenis saja. Pasangan yang homoseksual, terutama pada gay juga memiliki peluang resiko terkena penyakit kelamin. Sebagaimana pada jurnal yang mengatakan bahwa hubungan seksual yang dilakukan melalui dubur atau anal sex.


Mempunyai resiko sekitar 18% lebih besar terkena virus HIV, dibandingkan dengan pasangan yang memiliki HIV atau AIDS. Jika mengalami kelainan semacam ini segeralah pergi ke psikiater dan konsultasikan semuanya. Agar mendapatkan bantuan dalam bidang kejiwaan, dan diimbangi dengan mengatur pola makan, serta mengkonsumsi makanan yang sehat.

Rutin Membersihkan Area Organ Intim

Tahukah Cavaners infeksi jamur juga bisa tertular melalui hubungan seksual. Menjaga organ intim menjadi suatu keharusan dan wajib dilakukan oleh pria maupun wanita. Biasakan mengganti celana dalam atau CD sebanyak 2-4 kali dalam sehari. Tidak hanya itu saja, gunakan metode mencuci kemaluan dari depan hingga ke belakang.

Bersihkan juga area dubur yang dijadikan sebagai pembuangan feses atau kotoran. Karena banyak juga kuman dan bakteri yang tumbuh di bagian dubur. Selain itu kuman yang ada di dubur juga bisa ikut terbawa ke alat reproduksi saat mencuci selesai buang air besar.

See also  Ternyata Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Kulit salah satunya Dapat Menghilangkan Jerawat, Noda, dan Bintik-bintik Gelap

Reviews

Related Articles