fbpx
Saturday, May 21, 2022

Tips Mencegah Munculnya Komedo

Tips Mencegah Munculnya Komedo
Tips Mencegah Munculnya Komedo 3

Komedo termasuk ke dalam jerawat ringan yang umum dialami setiap orang, namun lebih banyak terjadi pada orang dengan kulit berminyak. Komedo terbentuk karena pori-pori wajah tersumbat oleh sel kulit mati, sehingga minyak tidak dapat keluar.

Tips Mencegah Munculnya Komedo

Cara terbaik untuk mengatasi masalah komedo adalah dengan mencegah munculnya komedo sejak awal. Pencegahan ini dapat dilakukan dengan melakukan perawatan sederhana berikut ini.

Mencuci wajah secara rutin

Membiasakan diri untuk mencuci muka secara teratur yaitu saat bangun tidur dan sebelum tidur mampu mengurangi penumpukan minyak di wajah. Artinya, kebiasaan ini dapat membantu mencegah komedo muncul.

Advertisements

Mencuci rambut secara rutin

Bagi Anda yang memiliki kulit kepala berminyak, kebiasaan mencuci rambut setiap hari juga dapat menjadi cara untuk mencegah komedo. Hal ini karena minyak pada kulit kepala dan rambut juga bisa meningkatkan kadar minyak pada wajah dan menyebabkan pori-pori tersumbat.

Tips Mencegah Munculnya Komedo
Tips Mencegah Munculnya Komedo 4

Menggunakan produk non-comedogenic

Dalam memilih produk kecantikan seperti make-up, losion, dan tabir surya, pilih produk yang berlabel non-comedogenic dan hindari produk yang mengandung minyak. Produk kecantikan yang mengandung minyak dapat memicu pembentukan komedo baru.

Melakukan scrubbing secara rutin

Cara lain yang tak kalah penting untuk mencegah pembentukan komedo di wajah adalah dengan melakukan scrubbing wajah secara rutin, misalnya 2 kali seminggu. Dengan melakukan scrubbing secara rutin, sel-sel kulit mati di wajah bisa terangkat, sehingga mengurangi penyumbatan pori dan pembentukan komedo.

Namun, jangan terlalu sering melakukan scrubbing karena bisa menimbulkan iritasi dan luka-luka kecil di wajah. Untuk menenangkan kulit setelah scrubbing, jangan lupa oleskan pelembap pada wajah.

Advertisements

Pilihan masker untuk komedo ada bermacam-macam. Walaupun terbuat dari bahan yang alami, Anda tetap harus berhati-hati karena ini tidak menutup kemungkinan terjadinya iritasi dan alergi pada kulit.

See also  Kutil Pada Kelamin Pria

Reviews

Related Articles