fbpx
Sunday, May 22, 2022

5 Cara Mudah Mencegah Terjadinya Kanker Ovarium, Wajib Diketahui!

5 Cara Mudah Mencegah Terjadinya Kanker Ovarium, Wajib Diketahui!
5 Cara Mudah Mencegah Terjadinya Kanker Ovarium, Wajib Diketahui! 2

Kanker Ovarium adalah penyakit yang terjadi ketika sel-sel pada jaringan indung telur mengalami perubahan. Kondisi ini memicu munculnya sel abnormal dan tidak terkendali pada bagian indung telur. Meskipun berisiko dialami oleh semua wanita, wanita yang telah memasuki menopause dan memiliki riwayat keluarga dengan penyakit serupa memiliki risiko lebih besar.

Untuk itu, sangat penting bagi para wanita mengetahui gejala agar pemeriksaan dapat dilakukan lebih dini. Selain itu, melakukan berbagai pencegahan bisa dilakukan agar risiko kanker ovarium semakin menurun. Yuk, simak berbagai ulasan mengenai pencegahan kanker ovarium yang bisa dilakukan oleh para wanita!

Pencegahan Kanker Ovarium

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab kanker ovarium. Penyakit ini terjadi ketika sel pada ovarium atau yang berada di dekatnya mengalami perubahan DNA. Perubahan ini menyebabkan munculnya sel abnormal yang tidak terkendali.

Advertisements

Sel abnormal bisa berkembang sangat cepat sehingga memicu munculnya massa atau tumor. Kondisi ini bisa menyebabkan sel-sel sehat pada ovarium mati. Bahkan, sel kanker bisa menyebar pada bagian ovarium maupun organ tubuh lainnya.

Setiap wanita berisiko mengalami penyakit ini. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan wanita mengalami kanker ovarium, seperti memasuki usia lanjut, mengalami obesitas, memasuki menopause, dan memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kanker ovarium.

Nah, jika Cavaners memiliki beberapa faktor risiko, sebaiknya pastikan Cavaners mengetahui pencegahan kanker ovarium. Dengan begitu, Cavaners bisa menurunkan risiko kanker ovarium.

Berikut ini pencegahan kanker ovarium yang bisa Cavaners lakukan, yaitu:

Advertisements

Mengonsumsi Makanan Sehat

Tentunya selain menurunkan risiko Cavaners mengalami kanker ovarium, mengonsumsi makanan sehat bisa menjadi pencegahan penyakit lainnya.

Untuk menurunkan risiko kanker ovarium, pastikan Cavaners rutin mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein tinggi, buah-buahan, sayuran, dan lemak sehat. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih secukupnya.

See also  Manfaat Allantoin, Salah Satu Kandungan Skincare Yang Baik Untuk Kulit

Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga menjadi salah satu cara yang bisa Cavaners lakukan sebagai pencegahan kanker ovarium. Dengan berolahraga, Cavaners bisa mengontrol berat badan sehingga terhindar dari obesitas. Obesitas menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami obesitas.

Melalui Proses Persalinan dan Menyusui

Bukan hanya menyebabkan para wanita berbahagia, menjalani proses persalinan dan menyusui membuat risiko para wanita mengalami kanker ovarium menurun.

Menggunakan Pil KB

Ada berbagai jenis KB yang bisa digunakan oleh pasangan suami istri. Namun, pil KB ternyata memiliki fungsi lain yaitu menurunkan risiko kanker ovarium pada wanita. Apalagi jika Cavaners telah menggunakannya dalam waktu yang cukup lama.

Melansir dari American Cancer Society, wanita yang telah menggunakan pil KB selama 5 tahun hingga lebih, dapat menurunkan risiko kanker ovarium sebanyak 50 persen dibandingkan wanita lain yang tidak menggunakan pil KB.

Melakukan Operasi Ginekologi

Menjalani operasi ginekologi dinilai bisa menurunkan risiko kanker ovarium. Ada beberapa tindakan bedah yang bisa dilakukan, seperti ligasi tuba, histerektomi atau pengangkatan rahim, hingga pengangkatan ovarium.

Itulah pencegahan kanker ovarium yang bisa dilakukan. Jangan lupa untuk selalu periksakan kondisi kesehatan jika Cavaners memiliki beberapa faktor risiko terkait kanker ovarium. Pemeriksaan lebih dini tentunya akan mempermudah pengobatan yang akan dilakukan.

Reviews

Related Articles