fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Lutut Hitam ? Ampun, Ini 8 Tips Memutihkan Siku Dan Lutut Hitam Dengan Bahan Alami

Lutut Hitam ? Ampun, Ini 8 Tips Memutihkan Siku Dan Lutut Hitam Dengan Bahan Alami
Lutut Hitam ? Ampun, Ini 8 Tips Memutihkan Siku Dan Lutut Hitam Dengan Bahan Alami 3

cavanaskin.com Memutihkan Siku – Pada dasarnya, lutut dan siku hitam bukan kondisi yang mengancam kesehatan. Jika masalah ini bisa menurunkan rasa percaya diri, tak ada salahnya melakukan berbagai cara memutihkan lutut dan siku dengan bahan alami.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa cara menghilangkan lutut dan siku hitam ini mungkin masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifannya. Maka, penggunaannya tetap dilakukan secara hati-hati.

Berikut tips memutihkan siku dan lutut hitam dengan bahan alami

Teh hijau

Salah satu cara memutihkan lutut dan siku hitam bisa menggunakan teh hijau. Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate. Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal Veterinary Science, kandungan epigallocatechin gallate terbukti dapat mencegah produksi melanin berlebih pada kulit dengan cara menghambat tirosinase.

Tirosinase adalah suatu enzim yang terdapat dalam melanosit. Melanosit adalah sel-sel yang memproduksi melanin, yakni pigmen pemberi warna pada kulit. Produksi tirosinase bisa meningkat apabila kulit terpapar sinar ultraviolet dan matahari sehingga jumlah melanin bisa bertambah banyak. Kulit pun bisa terlihat kusam dan bertambah gelap.

Nah, jika produksi tirosinase terhambat, produksi melanin menjadi lebih sedikit. Dengan ini, masalah lutut dan siku hitam bisa semakin berkurang. Untuk memperoleh manfaat teh hijau sebagai cara memutihkan siku dan lutut, Anda perlu menyeduh teh hijau dalam gelas berisi air hangat.

Diamkan beberapa saat sampai dingin, kemudian basahi kapas dengan air seduhan teh hijau. Lalu, oleskan pada area lutut dan siku yang menghitam sebanyak 2 kali dalam sehari.

Lutut Hitam ? Ampun, Ini 8 Tips Memutihkan Siku Dan Lutut Hitam Dengan Bahan Alami
Lutut Hitam ? Ampun, Ini 8 Tips Memutihkan Siku Dan Lutut Hitam Dengan Bahan Alami 4

Lidah buaya

Cara memutihkan siku dan lutut hitam berikutnya bisa dengan lidah buaya. Menurut sebuah studi yang dimuat pada Clinical and Experimental Dermatology, lidah buaya mengandung senyawa bernama aloesin.

Advertisements
See also  8 Manfaat Racikan Garam Alami untuk Kecantikan

Aloesin dapat mengurangi kulit gelap yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang gelap seraya memijatnya perlahan. Lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Meski tampak menjanjikan, manfaat lidah buaya ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk menghilangkan siku dan lutut hitam.

Kunyit

Kunyit juga bisa digunakan sebagai cara memutihkan siku dan lutut hitam. Senyawa utama pada kunyit, yakni kurkumin, disebut berperan penting dalam mencerahkan kulit yang gelap. Sebuah studi yang dimuat dalam Phytotherapy Research membuktikan bahwa senyawa kurkumin dapat menghambat aktivitas tirosinase sehingga mampu mengurangi masalah kulit yang gelap.

Untuk menggunakannya, Anda hanya memerlukan 1 sendok kunyit dan 1 sendok makan madu atau yogurt, kemudian oleskan pada area kulit yang gelap. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Ulangi cara menghilangkan hitam di lutut dan siku ini 2-3 kali dalam seminggu agar hasilnya optimal.

Lemon

Lemon dikenal dengan kemampuannya sebagai zat pemutih atau pencerah alami. Hal ini berkat kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya sehingga mampu mencerahkan area lutut dan siku hitam akibat paparan sinar matahari.
Caranya, cukup belah lemon menjadi 2 bagian. Kemudian, gosokkan pada lutut dan siku yang hitam.
Gunakan tiap malam hari, diamkan semalaman, dan bilas dengan air sampai bersih keesokan paginya.

Soda kue

Soda kue juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan siku dan lutut yang hitam. Soda kue bekerja dengan mengeksfoliasi kulit sehingga tumpukan sel kulit mati dapat mengelupas dan terangkat sempurna. Dengan demikian, area kulit siku dan lutut bisa tampak cerah dan halus.

See also  Wajib Tau!! Ini Jenis Penyakit Kelamin Pada Pria, Apa Saja ??

Anda cukup mencampurkan 1 sendok teh soda kue dengan air secukupnya. Aduk merata sampai teksturnya menjadi pasta masker. Kemudian, oleskan langsung pada area siku dan lutut yang gelap. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

Ekstrak teh hitam

Mengoleskan ekstrak teh hitam dipercaya sebagai cara memutihkan siku dan lutut hitam. Sebuah hasil studi pada hewan yang dimuat dalam Toxicological Research menyatakan, ekstrak teh hitam yang dioleskan pada kulit hewan uji mampu mencerahkan area kulit tersebut.

Akan tetapi, penelitian yang ada baru dilakukan pada hewan uji. Maka dari itu, efektivitas ekstrak teh hitam sebagai cara memutihkan lutut memerlukan penelitian lebih lanjut.

Oatmeal dan yogurt

Masker oatmeal dan yogurt bisa dijadikan sebagai pilihan cara memutihkan lutut yang hitam. Kedua bahan alami diyakini dapat melembapkan area kulit siku dan lutut yang kering. Kulit kering inilah yang menjadi salah satu penyebab lutut dan siku hitam terjadi.

Cukup oleskan campuran bahan alami ini pada area siku dan lutut, diamkan selama 20 menit. Kemudian, bilas area kulit sampai bersih dengan air.

Kentang

Kentang disebut sebagai zat pencerah kulit alami berkat kandungan catecholase di dalamnya yang dipercaya dapat membantu mencerahkan lutut dan siku menghitam. Anda cukup mengiris kentang tipis-tipis yang telah dikupas dan dicuci bersih. Lalu, gosokkan pada area siku dan lutut. Diamkan selama 20-30 menit sebelum membilasnya dengan air.

Reviews

Related Articles