fbpx
Saturday, May 21, 2022

Manfaat Masker Alpukat Untuk Perawatan Wajah

Manfaat Masker Alpukat Untuk Perawatan Wajah
Manfaat Masker Alpukat Untuk Perawatan Wajah 2

Manfaat Masker Alpukat – Alpukat selain rasanya yang lezat, alpukat juga memiliki segudang manfaat, termasuk untuk wajah. Manfaat alpukat untuk wajah tidak hanya sekedar untuk melembapkan, tapi juga dapat mengurangi munculnya jerawat.


Ada banyak manfaat alpukat untuk wajah, karena buah ini banyak mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, lemak sehat, antioksidan, dan mineral penting yang baik untuk kesehatan kulit, termasuk selenium dan zinc. Berikut beberapa manfaat alpukat untuk wajah yang bisa kalian dapatkan.

Dapat Melembapkan kulit

Alpukat mampu melembapkan kulit, karena buah ini kaya akan lemak, air, serta vitamin dan mineral. Berkat kandungan tersebut, alpukat bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kulit kering atau pecah-pecah. Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalam alpukat dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat masalah tertentu, seperti eksim dan jerawat.

Advertisements

Dapat Meningkatkan Elastisitas Kulit

Manfaat alpukat untuk wajah selanjutnya adalah meningkatkan elastisitas kulit wajah. Manfaat ini dapat diperoleh karena dalam alpukat terkandung mangan dan vitamin C, yaitu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitasnya.

Selain itu, ada juga riset yang menunjukkan bahwa kandungan lemak sehat pada alpukat dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan wajah.

Mencegah dan Memperbaiki Kerusakan Kulit

Alpukat mengandung nutrisi dan zat yang dapat mengurangi peradangan di kulit, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan. Bahkan, ada riset yang menyebutkan bahwa kelima nutrisi tersebut dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Dapat Mengurangi Hiperpigmentasi Kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E dalam alpukat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penggelapan kulit atau hiperpigmentasi kulit. Ini karena vitamin tersebut dapat membantu mengurangi peradangan di kulit dan menurunkan produksi melanin, yang memicu munculnya bercak hitam pada kulit.

Advertisements

Mencegah Munculnya Jerawat

Manfaat alpukat untuk wajah selanjutnya adalah mengurangi munculnya jerawat. Hal ini karena kandungan vitamin C dan omega 3 pada alpukat dapat mengurangi peradangan pada kulit, sehingga mampu mengurangi kemunculan jerawat.

See also  Cara Ampuh Menghilangkat Jerawat Tanpa Ribet

Selain vitamin C dan omega 3, alpukat yang sudah diolah menjadi minyak alpukat juga mengandung antimikroba, sehingga penggunaannya juga dapat mengurangi jerawat di wajah.

Berikut Cara Membuat Masker Alpukat

Bahan:

  • 1/2 buah alpukat matang
  • 1 sendok teh minyak kelapa (masukkan ke dalam kulkas agar mengental)
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok teh air


Cara membuat
Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk.
Haluskan hingga menjadi pasta dan tercampur sempurna.


Cara Penggunaan masker


Bersihkan wajah Anda menggunakan handuk hangat selama 20 menit. Penggunaan handuk hangat bermanfaat untuk membuka pori-pori wajah.
Setelahnya, oleskan masker ke wajah menggunakan jari atau kuas Oleskan secara merata, namun jangan aplikasikan masker ke area mata.
Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat, keringkan, lalu oleskan pelembap ke wajah.

Reviews

Related Articles