fbpx
Saturday, May 21, 2022

Apakah Manikur dan Pedikur Aman Selama Kehamilan?

Apakah Manikur dan Pedikur Aman Selama Kehamilan?
Apakah Manikur dan Pedikur Aman Selama Kehamilan? 2

Manikur dan Pedikur – Kenyataannya melakukan manikur atau pedikur selama hamil boleh-boleh saja dan tidak akan membahayakan bayi secara langsung. Namun, Bumil harus tetap memperhatikan faktor kebersihan peralatan yang dipakai, ya. Jika tidak, Bumil akan berisiko terkena infeksi kulit dan kuku setelah melakukan perawatan.

Jenis infeksi kulit yang bisa muncul dari perawatan manikur dan pedikur di salon meliputi infeksi jamur kuku, infeksi virus HPV yang menyebabkan kutil, atau infeksi bakteri pada kuku. Selain itu, Bumil juga mungkin akan terkena faktor risiko lain, di antaranya adalah:

Paparan bahan kimia

Senyawa kimia yang sering ditemui pada kebanyakan produk perawatan kuku adalah volatile organic compounds (VOCs). Salah satunya adalah zat dibutyl phthalate (DBP) yang tergolong berbahaya jika terhirup. Zat ini diketahui dapat menyebabkan gangguan reproduksi, gangguan organ tubuh, dan sistem hormonal.

Advertisements

Meski demikian, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa paparan singkat selama proses manikur dan pedikur dapat membahayakan ibu dan bayi dalam kandungan. Namun, bau yang menyengat sering kali membuat beberapa ibu hamil menjadi mual.

Kuman dari bak perendam kaki

Bak untuk merendam kaki saat melakukan pedikur bisa dipakai bergantian dari satu orang ke orang lain. Jika tidak dibersihkan dengan benar, bak ini bisa menjadi tempat bersarang kuman dari banyak kaki orang lain yang melakukan pedikur.

Penularan Hepatitis B dan C

Melakukan manikur atau pedikur juga bisa membuat seseorang lebih rentan terkena hepatitis B dan hepatitis C jika alat-alat yang digunakan dalam perawatan tidak disterilkan setiap pemakaian.

Pemakaian peralatan yang belum steril merupakan sarana penularan penyakit, terutama pada proses pembersihan kutikula kuku yang bisa menyebabkan luka berdarah. Walau begitu, penelitian membuktikan hal ini bisa dicegah dengan mendisiplinkan aturan sterilisasi yang benar.

Advertisements

Tips Aman Manikur dan Pedikur Saat Hamil

Agar tetap aman dalam manikur atau pedikur selama kehamilan, ingatlah tips-tips berikut ini dalam memilih salon perawatan kuku:

  • Pastikan salon yang Bumil kunjungi berkualitas atau memiliki sertifikasi.
  • Pastikan alat yang digunakan sudah dibersihkan dan disterilisasi dengan benar menggunakan alat sterilisasi khusus, seperti autoklaf.
  • Bawa peralatan sendiri seperti gunting kuku dari rumah jika memungkinkan.
  • Pastikan petugas salon menggunakan sarung tangan baru dan memiliki sertifikat khusus atau terlatih.
  • Pilih salon dengan sistem ventilasi yang baik agar tidak langsung menghirup uap zat kimia yang digunakan, misalnya salon dengan fasilitas AC atau kipas angin.
  • Periksa apakah salon memiliki cat kuku yang bebas bahan kimia berbahaya.
  • Hindari melakukan manikur dan pedikur di salon jika Bumil memiliki luka, gigitan serangga, goresan, atau luka terbuka di tangan atau kaki.
See also  Manfaat Masker Kopi Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Reviews

Related Articles