fbpx
Friday, May 20, 2022

Manfaat Vitamin B3 atau Niacinamide untuk Mencerahkan Kulit

Manfaat Vitamin B3 atau Niacinamide untuk Mencerahkan Kulit
Manfaat Vitamin B3 atau Niacinamide untuk Mencerahkan Kulit 3

Manfaat Vitamin B3 – Warna kulit tidak merata bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. Kondisi kulit ini dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Nah, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan produk yang mengandung niacinamide.

Setiap orang memiliki jenis dan warna kulit yang berbeda-beda. Kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor genetik, kondisi lingkungan, dan gaya hidup.

Warna kulit di seluruh bagian tubuh pun seharusnya tidak jauh berbeda. Namun, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan warna kulit tidak merata di beberapa bagian tubuh, seperti paparan sinar matahari, kebiasaan mencukur, dan pakaian yang terlalu ketat.

Advertisements

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menangani kondisi ini adalah menggunakan produk yang mengandung vitamin B3 atau niacinamide.

Manfaat Vitamin B3 atau Niacinamide untuk Mencerahkan Kulit
Manfaat Vitamin B3 atau Niacinamide untuk Mencerahkan Kulit 4

Mengenal Manfaat Vitamin B3 atau Niacinamide untuk Kecantikan

Niacinamide merupakan salah satu jenis vitamin B3 yang dapat ditemukan dalam makanan, seperti telur, susu, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan daging. Selain itu, niacinamide juga banyak ditemukan dalam bentuk suplemen dan produk perawatan kulit.

Produk perawatan kulit yang biasanya memiliki kandungan niacinamide adalah serum dan masker wajah. Jika ingin menggunakan produk tersebut, Anda disarankan untuk memilih produk dengan kadar niacinamide sebesar 5 persen.

Hal ini sesuai dengan beberapa penelitian yang menyatakan bahwa kadar 5 persen niacinamide dalam produk kecantikan sudah mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Advertisements

Namun, jika kulit Anda sensitif, sebaiknya pilihlah produk dengan kadar niacinamide lebih rendah atau sekitar 2 persen. Berikut ini adalah manfaat niacinamide untuk kecantikan:

  • Mengobati jerawat
  • Mengatasi hiperpigmentasi
  • Mengecilkan pori-pori wajah
  • Mempertahankan kelembapan kulit
  • Menjaga kulit tetap sehat dan kencang
  • Meringankan peradangan akibat eksim, jerawat, atau kondisi peradangan kulit lainnya
  • Mengontrol produksi sebum
  • Meminimalkan garis-garis halus dan kerutan
  • Melindungi kulit dari polusi udara dan sinar ultraviolet
  • Manfaat Vitamin B3 untuk Mencerahkan Kulit Ketiak
See also  Apa Gejala Penyakit Sifilis/Raja singa? Temukan Disini Jawabanya

Perubahan warna kulit menjadi lebih gelap sebenarnya bisa saja terjadi di bagian tubuh mana pun, misal wajah, bahu, punggung, ketiak, dan punggung tangan. Namun perubahan warna di ketiak menjadi salah satu permasalahan yang paling diperhatikan karena dapat mengganggu penampilan.

Untuk mengatasi perubahan warna gelap di ketiak, Anda perlu menghindari hal-hal yang menjadi penyebab kulit ketiak hitam, misal kebisaan mencukur bulu ketiak, merokok, menjaga berat badan ideal, menggunakan pakaian yang longgar, serta menggunakan produk perawatan kulit ketiak, seperti deodoran yang tepat.

Ada berbagai jenis deodoran yang menawarkan khasiat dapat memutihkan kulit ketiak. Anda bisa memilih produk deodoran yang dilengkapi vitamin B3 atau niacinamide, karena niacinamide diyakini dapat memudarkan noda hitam pada kulit, termasuk kulit ketiak.

Cara niacinamide dalam memudarkan noda hitam di kulit adalah dengan menghambat transfer melanin atau sel pemberi warna kulit, sehingga kulit ketiak nampak lebih cerah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda disarankan menggunakan deodoran dengan kandungan niacinamide selama 4 minggu. Namun, hasilnya sudah dapat terlihat setelah 2 minggu pemakaian.

Selain rutin menggunakan deodoran, Anda juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah, minum air putih yang cukup, serta mencukupi waktu istirahat dan tidur.

Reviews

Related Articles