fbpx
Tuesday, May 24, 2022

7 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Mencegah Kanker Kulit lho!

7 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Mencegah Kanker Kulit lho!
7 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Mencegah Kanker Kulit lho! 2

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit Wajah – Tomat bermanfaat bagi wajah karena kandungan antioksidan dan vitamin C serta berbagai kandungan tomat lainnya, seperti vitamin A, vitamin B, kalium, dan magnesium. Selain menyegarkan, manfaat tomat untuk wajah ternyata sudah digunakan oleh banyak orang. Walau belum terbukti secara ilmiah, pecinta masker dari bahan alami mungkin sudah merasakan manfaat tomat untuk kulit wajah.

Berikut 7 Manfaat tomat untuk kulit wajah

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat tomat untuk kulit wajah yang diperoleh dengan cara mengonsumsinya langsung ternyata berpotensi untuk memperlambat penuaan kulit.
Manfaat tomat bagi kulit ini diklaim dari buah tomat yang memiliki aneka jenis vitamin B, yaitu vitamin B1, B3, B5, B6, dan B9.

2. Merangsang Produksi Kolagen

Kolagen adalah sejenis protein yang menyusun banyak bagian tubuh manusia, termasuk kulit. Dengan kadar kolagen yang cukup, maka elastisitas kulit dapat terjaga. Tomat memiliki kandungan vitamin C yang menjadi salah satu zat yang dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh.

3. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Melindungi kulit dari paparan sinar UV (ultraviolet) dari matahari juga dipercaya jadi manfaat tomat untuk kulit wajah. Cara memanfaatkannya dengan membuat masker dari tomat dan di oleskan keseluruh kulit termasuk wajah. Akan tetapi, perlu diingat bahwa belum ditemukan bukti ilmiah mengenai manfaat tomat untuk wajah.

4. Dapat Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat tomat untuk kulit disebut-sebut dapat mengangkat sel kulit mati.
Banyak orang meyakini bahwa tomat memiliki enzim yang mampu mengeksfoliasi sel kulit mati. Alhasil, membuat kulit wajah akan tampak lebih sehat dan cerah.
Jika Anda tertarik dengan manfaat tomat untuk wajah, tak ada salahnya mencoba cara membuat scrub dari campuran halusan tomat dan gula pasir di rumah.
Kemudian, oleskan scrub ini ke permukaan kulit tubuh.

See also  Apakah Sipilis Menular ? Penjelasannya Disini

5. Dapat Mencegah Kanker Kulit

Seperti yang telah disebutkan, tomat kaya akan kandungan antioksidan, salah satunya adalah likopen. Likopen merupakan salah satu jenis antioksidan yang memberikan pigmen warna pada tomat. Berbagai penelitian menemukan bahwa likopen memiliki efek antikanker yang kuat. Antioksidan ini dapat membantu memerangi kerusakan sel kulit dari dalam dan melindungi dari risiko kanker kulit.

6. Mencerahkan Wajah

Tomat adalah pencerah alami bagi wajah. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam jumlah besar dapat ditemukan dalam tomat dan bermanfaat untuk memutihkan wajah. Menggunakan tomat pada wajah dapat membuat wajah lebih cerah dan bercahaya sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam dan bintik hitam.

Advertisements

7. Dapat Mengatasi Jerawat

Tomat merupakan sumber vitamin yang baik untuk menghilangkan jerawat. Vitamin A, C, K dan sifat asam yang terkandung dalam tomat dapat membantu mengurangi dan membersihkan jerawat pada wajah.

Demikian artikel tentang ” Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit Wajah “, tetap berhati-hati jika memiliki kulit yang sensitif. Semoga bermanfaat dan bantu share ya Cavaners..

Reviews

Related Articles