fbpx
Friday, May 20, 2022

7 Manfaat Tea Tree Oil Untuk Kulit , Bikin Kulit Kamu Kinclong

7 Manfaat Tea Tree Oil Untuk Kulit , Bikin Kulit Kamu Kinclong
7 Manfaat Tea Tree Oil Untuk Kulit , Bikin Kulit Kamu Kinclong 2

cavanaskin.com Manfaat Tea Tree Oil – Tea tree oil atau minyak pohon teh dikenal sebagai salah satu bahan alami yang baik untuk kecantikan kulit. Tak ayal bila manfaat tea tree oil untuk wajah sangat melimpah. Bahkan, tak hanya untuk kulit, tetapi juga jadi minyak serbaguna bagi hal lainnya. Lantas, apa saja manfaat tea tree oil untuk wajah dan area kulit tubuh lainnya?

Manfaat tea tree oil untuk kulit dan kecantikan

Penasaran dengan beragam manfaat tea tree oil? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Mengobati jerawat

Manfaat tea tree oil untuk jerawat mungkin sudah akrab di telinga Anda. Bahkan, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa minyak pohon teh bisa mengurangi jumlah jerawat dan tingkat keparahannya. Sebuah hasil studi yang dimuat dalam American Society of Microbiology dan jurnal Integrative Medicine membuktikan bahwa kegunaan tea tree oil untuk jerawat berasal dari kandungan senyawa antiradang dan antimikroba. Kedua senyawa ini dipercaya mampu mengobati jerawat membandel pada kulit.

Advertisements

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal of Dermatology Research and Therapy menyebutkan bahwa kombinasi antara tea tree oil dan resveratrol mampu mengurangi produksi minyak dan bakteri pada kulit yang menjadi penyebab jerawat, serta dapat mengecilkan pori-pori. Riset dalam Australasian Journal of Dermatology juga membuktikan bahwa mengoleskan tea tree oil sebanyak 2 kali tiap hari selama 12 minggu, mampu mengobati jerawat ringan dan sedang, tanpa efek samping serius. Sayangnya, riset ini hanya diikuti oleh 14 partisipan saja.

Tidak hanya itu, studi dalam Clinical Pharmacology: Advances and Applications menyatakan, cara pakai tea tree oil dengan lidah buaya dan propolis dapat mengobati jerawat. Kemudian, studi yang dipublikasikan dalam The Medical Journal of Australia menunjukkan bahwa kandungan tea tree oil sama efektifnya dengan benzoil peroksida yang banyak ditemukan dalam produk obat jerawat.

See also  Gejala, Penanganan Abses Ginjal

Tea tree oil juga dipercaya dapat mencegah jerawat dan menyamarkan luka jerawat. Cara membuat tree oil untuk jerawat adalah campurkan 1 tetes minyak pohon teh dan 9 tetes air putih atau carrier oil (minyak pembawa) terlebih dahulu. Aduk merata. Kemudian, oleskan pada area kulit yang terdapat jerawat menggunakan cotton bud sebanyak 1-2 kali dalam sehari sebagai cara menggunakan tea tree oil untuk jerawat.

Alangkah baiknya, untuk melakukan tes pada kulit guna mengetahui reaksi alergi yang ditimbulkan dari penggunaan tea tree oil untuk jerawat. Jika ada reaksi alergi, sebaiknya hentikan penggunaannya sebagai obat jerawat alami. Sebaliknya, bila tidak ada reaksi negatif yang muncul, Anda dapat menggunakannya secara rutin pada area kulit yang terdapat jerawat. Oleskan tiap pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda bisa pula menggunakan sabun cuci muka, pelembap, ataupun obat penghilang jerawat dengan kandungan tea tree oil yang banyak dijual di pasaran.

Advertisements

Mengatasi kulit yang merah dan meradang

Manfaat tea tree oil untuk wajah berikutnya adalah mengatasi peradangan, iritasi, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit. Sebuah hasil riset yang dipublikasikan dalam International Journal of Legal Medicine menunjukkan bahwa penggunaan minyak pohon teh murni mampu mengurangi peradangan kulit yang sensitif terhadap nikel.

Jika Anda ingin menggunakannya sebagai cara mengatasi kemerahan dan peradangan pada kulit, selalu larutkan dengan minyak pelarut atau pelembap terlebih dahulu. Cara membuat tea tree oil untuk kulit ini, campurkan 1 tetes minyak pohon teh pada minyak pelarut atau pelembap. Lalu, oleskan pada area kulit yang terinfeksi selama beberapa kali sehari.

Mengurangi produksi minyak berlebih

Kandungan antiseptik dalam minyak pohon teh dipercaya mampu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.
Hal tersebut diperkuat oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Dermatology Research and Therapy.
Para peneliti menemukan bahwa partisipan yang menggunakan tabir surya dengan kandungan minyak pohon teh di dalamnya selama 30 hari berturut-turut mengalami perbaikan kondisi berupa kulit tidak terlalu berminyak.
Nah, Anda bisa memperoleh fungsi tea tree oil ini bila mencampurkannya dengan toner, pelembap, atau sunscreen.

See also  Diet Dan Cara Menurunkan Berat Badan Yang Tepat

Mengatasi gatal pada kulit

Manfaat tea tree oil untuk wajah juga bisa mengatasi rasa gatal yang timbul. Kandungan antiradangnya diyakini dapat meredakan dan menenangkan kulit yang gatal, sekaligus meringankan infeksi yang disebabkan gatal pada kulit.

Manfaat tea tree oil untuk mengatasi gatal berasal dari kandungan antiradangnya. Para peneliti melakukan percobaan dengan mengoleskan salep mengandung 5 persen tea tree oil pada kelopak mata peserta. Hasilnya, 16 dari 24 peserta mengaku tidak merasa gatal sepenuhnya. Sedangkan, 8 orang lainnya mengalami perbaikan kondisi.

Cara pakai tea tree oil untuk mengurangi rasa gatal sebaiknya dilakukan dengan meneteskannya pada pelembap atau minyak pelarut. Kemudian, oleskan beberapa kali pada kulit yang terasa gatal tiap harinya.

Mengatasi kulit kering dan meringankan eksim

Mengatasi kulit kering juga jadi manfaat tea tree oil untuk wajah. Bahkan, kegunaan ini juga baik untuk para penderita eksim. Hasil temuan mengungkapkan bahwa minyak pohon teh lebih efektif dibandingkan penggunaan krim clobetasone butyrate dan zinc oxide dalam mengobati eksim.

Cara pakai tea tree oil untuk mengatasi eksim dan kulit kering, yaitu teteskan pada pelembap atau minyak esensial lainnya. Oleskan campuran tersebut pada area kulit yang kering setelah mandi setidaknya sekali sehari.

Meringankan gejala psoriasis

Manfaat tea tree oil dipercaya mampu meringankan gejala peradangan dan infeksi yang disebabkan oleh psoriasis.
Anda bisa coba menggunakan tea tree oil dengan cara mengencerkan 1-2 tetes tea tree oil dengan minyak esensial lain.
Kemudian, oleskan campuran minyak tersebut ke area kulit yang terinfeksi sebanyak beberapa kali sehari.
Namun, perlu diketahui bahwa riset mengenai kegunaan tea tree oil untuk mengatasi psoriasis masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya.

See also  6 Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami, Praktis dan Irit Biaya

Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat tea tree oil ternyata mampu menyembuhkan luka. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minyak pohon teh dapat membantu mengurangi peradangan dan aktivitas sel darah putih agar luka lebih cepat sembuh.
Jika Anda tak sengaja terluka, oleskan krim untuk luka yang telah dicampurkan 1 tetes minyak pohon teh.
Pastikan pula Anda menggunakan krim untuk luka sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada kemasan produk.

Reviews

Related Articles