fbpx
Saturday, May 21, 2022

Manfaat Sabun Pepaya Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Manfaat Sabun Pepaya Untuk Kesehatan Kulit Wajah
Manfaat Sabun Pepaya Untuk Kesehatan Kulit Wajah 2

Manfaat sabun pepaya untuk kesehatan kulit beragam, mulai dari mencerahkan hingga mengurangi kerutan di wajah. Manfaat ini dapat diperoleh berkat nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya.

Manfaat pepaya tidak hanya dapat diperoleh dari buahnya secara langsung, tetapi juga dapat diambil dari ekstraknya yang telah terkemas dalam sabun pepaya. Selama ini, banyak orang sudah menggunakan sabun pepaya untuk membersihkan badan atau menjadikannya sebagai sabun pembersih wajah.

Manfaat Sabun Pepaya Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Manfaat sabun pepaya untuk kecantikan kulit cukup banyak, di antaranya:

Advertisements

Mengangkat sel kulit mati

Enzim papain dalam sabun pepaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga membuat wajah terlihat lebih bersih dan sehat. Dengan menggunakan sabun pepaya secara teratur, kulit akan tampak lebih cerah dan halus.

Mencerahkan kulit

Karena mampu mengangkat sel kulit mati, penggunaan sabun pepaya secara rutin juga dapat mencerahkan kulit. Tak hanya itu, sabun pepaya juga dapat mengatasi bercak-bercak gelap akibat hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit yang belang.

Mengatasi kulit berjerawat dan beruntusan

Manfaat sabun pepaya selanjutnya adalah mengurangi beruntusan dan jerawat pada kulit. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan enzim papain. Papain terbukti efektif dalam menghancurkan tumpukan keratin yang muncul sebagai beruntusan di wajah.

Selain itu, kemampuan enzim papain dalam mengangkat sel kulit mati juga mencegah penyumbatan pori-pori yang memicu munculnya jerawat.

Advertisements

Mengurangi kerutan di wajah

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada sabun pepaya mampu merangsang produksi kolagen kulit untuk mengurangi kerutan di wajah. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga kelembapan dan elastisitasnya. Kadar kolagen yang cukup pada kulit dapat membuat kulit tampak lebih segar dan kencang.

See also  Ini Perbedaan Melasma dan Flek Hitam, Sering Di Anggap Sama

Meski manfaat sabun pepaya untuk kecantikan kulit ada beragam, Anda tetap harus hati-hati dalam menggunakannya. Pasalnya, pada sebagian orang, reaksi alergi berupa gatal, kemerahan, maupun pembengkakan dapat muncul setelah menggunakan sabun pepaya.

Risiko alergi kulit terhadap sabun pepaya biasanya muncul pada orang yang memiliki alergi terhadap buah pepaya atau lateks. Jadi, jika muncul reaksi alergi, segera hentikan penggunaan dan bilas segera dengan air bersih.

Selain memperhatikan reaksi alergi, pastikan pula bahwa sabun pepaya yang Anda beli telah mengantongi izin BPOM. Sabun yang belum memiliki izin BPOM sebaiknya tidak Anda gunakan karena belum terbukti keamanannya.

Reviews

Related Articles