fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Berbagai Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Berbagai Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Kulit Wajah
Berbagai Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Kulit Wajah 2

Olahraga rutin bisa mendorong sirkulasi darah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk menjaga kesehatan kulit. Masalahnya, bila mengalami kulit berjerawat atau masalah lain, seperti psoriasis, Anda perlu berhati-hati saat melakukan olahraga yang membuat tubuh berkeringat. Namun, dengan menerapkan kebiasaan yang tepat, masalah kulit tersebut tidak menghalangi Anda memperoleh manfaat olahraga untuk kulit.

Berikut Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Kulit

Kulit Jadi Tampak Bersih

Manfaat olahraga untuk wajah ini bisa Anda dapatkan karena produksi keringat yang lebih banyak dapat mendorong kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.
Namun, jika dibiarkan terlalu lama, keringat juga bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit berjerawat atau masalah lainnya. Untuk itu, segeralah mandi dan bersihkan tubuh dari keringat setelah berolahraga. Namun, pastikan dulu tubuh tidak lagi mengeluarkan keringat dan suhunya sudah kembali normal.

Kulit Mendapatkan Nutrisi

Manfaat olahraga untuk kulit selanjutnya berkaitan dengan kelancaran sirkulasi darah. Olahraga melancarkan peredaran darah yang lancar dalam tubuh, artinya sel-sel kulit mendapatkan oksigen dan nutrisi yang memadai. Alhasil, kulit pun akan lebih terjaga kesehatannya. Kulit akan senantiasa lembap dan tampak lebih cerah secara merata. Namun, kesehatan kulit akan terus terjaga apabila oIahraga ringan dilakukan secara konsisten.

Bisa Mencegah Mata PCavaners

Olahraga juga dapat memengaruhi kualitas tidur Anda. Latihan fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Memperoleh tidur yang berkualitas secara tak langsung mencegah terbentuknya mata panda (lingkaran hitam di sekitar mata) yang mengganggu penampilan.

Namun, jika ingin memperoleh manfaat olahraga untuk kulit secara optimal, Anda sebaiknya tidak latihan terlalu keras mendekati waktu tidur. Olahraga intens di malam hari membuat tubuh lebih berenergi sehingga sulit tidur. Sebaiknya, pilih olahraga ringan seperti berjalan santai, yoga, atau latihan pernapasan

See also  Wow,, Ini Dia Cara Perawatan Wajah Glowing Permanen, Yuk Dicoba

Bisa Mencegah Penuaan Dini

Meskipun penuaan kulit tidak terhindarkan, olahraga dapat membantu menghambat proses tersebut. Penuaan dini umumnya ditandai dengan munculnya keriput. Pengeriputan kulit terjadi akibat produksi kolagen kulit menurun.

Olahraga secara rutin punya manfaat meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga proses penuaan dini bisa Anda cegah. Namun, hal ini perlu dibarengi dengan konsumsi makanan sehat, berhenti merokok, dan perawatan kulit yang rutin untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh.

Advertisements

Bisa Mencegah Timbulnya Jerawat

Salah satu kondisi yang bisa menjadi penyebab jerawat muncul pada wajah Anda adalah stres. Nah, ada manfaat olahraga yang mengatasi masalah kulit ini. Stres dapat membuat kulit memproduksi minyak berlebih sehingga pada akhirnya menimbulkan jerawat di kulit.

Salah satu cara mudah untuk menghilangkan stres adalah berolahraga. Hal ini dikarenakan olahraga memicu pelepasan hormon endorfin dan serotonin. Kedua hormon ini dapat meningkatkan mood dan mengurangi efek stres yang Anda alami. Alhasil, aktivitas fisik akan memberikan efek rileks pada otak maupun tubuh.

Reviews

Related Articles