fbpx
Sunday, May 22, 2022

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Sehat dan Berkilau

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Sehat dan Berkilau
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Sehat dan Berkilau 2

Manfaat minyak zaitun untuk rambut ternyata tidak bisa diremehkan begitu saja. Ya, minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami dengan segudang khasiat. Maka dari itu, penggunaannya tidak hanya sebatas sebagai campuran dalam bahan makanan.

Apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut serta bagaimana cara penggunaannya? Simak jawabannya melalui artikel berikut ini.

Apa manfaat minyak zaitun untuk rambut?

Manfaat minyak zaitun untuk rambut digadang-gadang berasal dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kandungan vitamin A, E, dan K, hingga asam lemak diyakini mampu menutrisi, melembutkan, hingga melembapkan rambut.

Advertisements

Tak heran apabila khasiat minyak zaitun untuk rambut kerap digunakan sebagai kondisioner. Pasalnya, minyak ini dapat membuat rambut makin lembut, kuat, dan bercahaya. Kondisi ketombe dan kutu rambut pun dikatakan bisa berkurang berkat minyak zaitun.

Mengurangi ketombe

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah mengurangi ketombe.
Masalah ketombe di kulit kepala tidak hanya menimbulkan rasa gatal, tetapi juga dapat menurunkan kepercayaan diri.

Nah, Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk ketombe yang membandel. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun sangat mudah.
Cukup tuangkan 8-10 tetes minyak zaitun ke telapak tangan. Lalu, oles dan pijat ke kulit kepala Anda selama beberapa menit.

Setelah itu, kenakan topi mandi atau shower cap untuk melindungi rambut dan kulit kepala agar tidak menodai seprai maupun sarung bantal.
Diamkan selama semalaman. Keesokan paginya, cuci rambut Anda hingga bersih menggunakan sampo antiketombe yang biasa Anda gunakan.

Advertisements

Membasmi kutu rambut

Tidak banyak yang tahu kalau manfaat minyak zaitun untuk rambut ternyata bisa digunakan dalam membasmi kutu rambut.
Selain menimbulkan rasa tidak nyaman akibat gatal, kehadiran kutu rambut berpotensi memicu iritasi kulit kepala hingga kerusakan rambut.

See also  Beragam Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun sama seperti langkah mengurangi ketombe. Anda cukup mengoleskannya ke kulit kepala dan seluruh helai rambut.

Setelah minyak zaitun sudah dioleskan secara merata, bungkus kepala Anda selama kurang lebih 3 jam. Anda bisa membungkusnya dengan handuk maupun shower cap. Selanjutnya, keramaslah dengan sampo seperti biasa untuk membilasnya.

Mengatasi rambut bercabang

Manfaat minyak zaitun untuk rambut bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi rambut bercabang. Rambut bercabang merupakan salah satu pertanda bahwa rambut Anda dalam kondisi rusak.

Bagaimanakah cara menggunakannya? Oleskan minyak zaitun pada ujung-ujung rambut yang bercabang dan diamkan selama beberapa saat. Lakukan langkah ini beberapa kali dalam sepekan.

Cara menggunakan minyak zaitun ini dikatakan mampu mengatasi masalah rambut bercabang yang mengganggu keindahan mahkota Anda.

Melembapkan rambut dan kulit kepala

Melembapkan rambut dan kulit kepala juga menjadi manfaat minyak zaitun untuk rambut selanjutnya. Caranya, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Jangan lupa pula untuk memijat kulit kepala agar lebih menyerap. Kemudian, bungkus rambut Anda semalaman dan cuci rambut besok paginya sampai bersih.

Mempercepat pertumbuhan rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut lainnya adalah memperkuat rambut dan membuatnya tampak berkilau. Selain vitamin A, E, dan K, khasiat minyak zaitun untuk rambut juga berasal dari kandungan zat oleuropein. Oleuropein dikatakan mampu membantu dalam merangsang pertumbuhan rambut. Dengan ini, rambut Anda pun bisa tumbuh lebih cepat dan lebat.

Mengatasi rambut kering

Manfaat minyak zaitun untuk rambut kering ternyata juga ada. Kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun dipercaya dapat membantu menyehatkan rambut sekaligus menyingkirkan radikal bebas yang menjadi penyebab rambut rusak.
Selain itu, minyak zaitun untuk rambut kering juga dapat membuatnya terhidrasi sehingga rambut jadi lebih mudah diatur.

See also  Manfaat Rutin Konsumsi Kacang Kenari, Bagus Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Mencegah kerontokan rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok juga berasal dari kandungan antiradang di dalamnya. Kandungan ini yang diklaim dapat menenangkan peradangan yang terjadi pada kulit kepala. Akan tetapi, cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut rontok ini belum teruji secara medis.

Jadi, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui cocok atau tidaknya Anda memperoleh khasiat minyak zaitun untuk rambut rontok ini.

Advertisements

Jenis rambut apa yang cocok menggunakan minyak zaitun?

Tidak semua jenis rambut dapat merasakan kegunaan minyak zaitun untuk rambut. Jika orang rambut berminyak menggunakan minyak zaitun, kondisi rambutnya akan menjadi lebih berminyak, bahkan mungkin cenderung lepek.
Lantas, tipe rambut seperti apa yang cocok menggunakan minyak zaitun?

Rambut yang tebal dan kering

Salah satu jenis rambut yang cocok menggunakan minyak zaitun adalah jenis rambut tebal dan kering. Rambut kering dan tebal dapat menjaga rambut agar tetap lembap dan tidak mudah patah.

Rambut yang melalui proses perawatan kimiawi

Jika Anda sering melakukan proses penataan rambut (seperti bleaching, dicat, diluruskan, atau dikeriting), mengoleskan minyak zaitun pada rambut dapat memberikan kelembapan ekstra.
Caranya, cukup oleskan minyak zaitun, lalu diamkan selama 72 jam setelah melakukan perawatan rambut.

Bagaimana cara memakai minyak zaitun untuk rambut?

Ada berbagai cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut yang bisa dilakukan.
Anda bisa mengoleskan minyak zaitun untuk rambut secara langsung atau mencampurkannya dengan bahan alami lain agar khasiat minyak zaitun untuk rambut semakin terasa maksimal.
Adapun cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut adalah sebagai berikut.

Gunakan dengan takaran yang tepat

Sebelum merasakan khasiat minyak zaitun untuk rambut, pastikan Anda menggunakan jenis minyak esensial ini dengan takaran yang tepat.
Bagi Anda baru pertama kali memakai minyak zaitun untuk rambut, gunakan 1-2 sendok makan minyak ini untuk perawatan awal.
Takaran minyak zaitun yang Anda gunakan juga akan tergantung pada perawatan yang dilakukan. Biasanya, untuk ujung-ujung rambut, sebaiknya gunakan tidak lebih dari 1 sendok makan.
Sementara, jika ingin merawat rambut sekaligus kulit kepala, Anda membutuhkan setidaknya ΒΌ cangkir minyak zaitun. Terlebih, bila rambut Anda tebal dan panjang.

See also  Manfaat Sleeping Mask Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Oleskan pada kulit kepala seraya memijatnya

Cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut ada pada tahap ini. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun ke helai rambut dan kulit kepala, berikanlah pijatan lembut di kulit kepala Anda selama beberapa menit.

Agar mendapatkan kegunaan minyak zaitun untuk rambut yang optimal, tutupi kepala dan rambut Anda dengan shower cap atau handuk selama sekitar 15 menit.
Lakukan langkah ini beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan Anda menggunakan minyak zaitun untuk rambut sebelum keramas.

Jangan lupa keramas

Setelah minyak zaitun merata di rambut, sisir rambut Anda memakai sisir bergigi lebar. Cara ini berguna agar rambut tidak kusut setelah dicuci.
Kemudian, keramas dengan sampo seperti biasa. Lalu, keringkan rambut Anda. Hasilnya, akan tampak setelah rambut sudah kering.

Advertisements

Reviews

Related Articles