fbpx
Sunday, May 22, 2022

Manfaat Mandi Susu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Manfaat Mandi Susu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
Manfaat Mandi Susu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit 2

Manfaat Mandi Susu – Mandi susu memang memiliki manfaat bagi kecantikan kulit. Namun, takaran susu dan durasi saat mandi menjadi hal penting untuk diperhatikan. Jika dirasa tidak nyaman dan menimbulkan reaksi alergi, sebaiknya segera hentikan. Lantas, apa saja manfaat mandi susu bagi kesehatan dan kecantikan kulit? Berikut ini beberapa manfaatnya:

Mengatasi Kulit Kering

Melembapkan dan mengatasi kulit kering menjadi manfaat mandi susu yang pertama. Hal tersebut dikarenakan kandungan lemak dan protein dalam susu yang menyerap dan menempel di kulit. Kandungan asam laktat di dalam susu juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Asam laktat sendiri merupakan asam alfa hidroksi yang biasa digunakan dalam produk perawatan kulit dan kosmetik.

Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Manfaat mandi susu selanjutnya adalah menghaluskan dan mencerahkan kulit. Mandi susu membuat sel-sel kulit mati terangkat, sehingga kulit pun terlihat lebih cerah. Kandungan vitamin E dan zinc dalam susu juga dapat membantu proses regenerasi kulit baru. Regenerasi sel tersebut menghasilkan kulit baru yang lebih halus.

Advertisements

Mencegah Penuaan

Mencegah penuaan merupakan manfaat mandi susu selanjutnya. Hal tersebut dikarenakan, vitamin E dalam susu dapat menangkal radikal bebas yang mempercepat gejala penuaan. Selain itu, kandungan vitamin D dalam susu dapat meningkatkan elastisitas kulit. Memiliki elastisitas kulit yang baik akan membuat kulit terlihat lebih sehat dan lebih muda.

Mengobati Kulit dari Sengatan Matahari

Paparan sinar UV akan membuat kulit menjadi kering dan kusam. Manfaat mandi susu selanjutnya adalah mengobati kulit setelah terpapar sengatan matahari. Susu memiliki kandungan protein, lemak, vitamin A, dan asam amino yang baik untuk mengatasi kulit terbakar. Setelah mandi susu, Cavaners bisa mengoleskan gel lidah buaya untuk merelaksasi kulit setelah terkena sengatan matahari.

See also  Manfaat Manggo Butter Ternyata Baik Untuk Kulit Lho, Salah Satunya Mencegah kerusakan kulit

Meredakan Gatal

Tahukah Cavaners jika kulit gatal dan bersisik karena penyakit kulit psoriasis dapat diredakan dengan berendam di dalam air hangat? Untuk mendapatkan manfaatnya, Cavaners bisa mandi air susu yang dicampur dengan garam, minyak mineral, madu, atau minyak zaitun. Sejumlah bahan alami tersebut mampu melembapkan kulit dan membantu meringankan gejala gatal dan kulit kering pada pengidap psoriasis.

Bisakah Dilakukan Sendiri di Rumah?

Di masa pandemi seperti sekarang ini, memang sebaiknya melakukan kegiatan apa pun di dalam rumah, tidak terkecuali mandi susu. Manfaat mandi susu bagi kesehatan dan kecantikan kulit dapat Cavaners nikmati jika melakukannya secara rutin. Begini cara mandi susu di rumah:

Advertisements
  • Siapkan 2–3 cangkir susu murni tanpa mengandung gula tambahan atau perasa apa pun.
  • Campurkan bahan ke dalam air untuk mandi.
  • Berendam di dalamnya selama kurang lebih 15–20 menit.
  • Jangan lupa untuk menggosok tubuh agar sel-sel kulit mati terangkat.
  • Setelah selesai, bilas dengan air bersih.

Reviews

Related Articles