fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit Ibu Hamil

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit Ibu Hamil
Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit Ibu Hamil 2

Manfaat lidah buaya untuk kulit ibu hamil ada beragam, mulai dari melembapkan kulit hingga menyamarkan stretch mark. Manfaat ini juga dapat diperoleh dengan cara yang mudah, tetapi Bumil harus tetap berhati-hati dalam menggunakan lidah buaya.

Banyak produk perawatan kulit dan kecantikan mengandung bahan kimia yang mungkin membahayakan kehamilan. Kekhawatiran ini akhirnya membuat sebagian ibu hamil memilih untuk beralih ke perawatan kulit berbahan alami, seperti memanfaatkan lidah buaya untuk perawatan kulit.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Ibu Bumil

Lidah buaya diketahui mengandung aneka nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, folat, kalsium, dan asam amino. Dalam lidah lidah buaya juga terkandung zat yang bersifat antiradang, antioksidan, dan antibakteri.

Kandungan inilah yang membuat lidah buaya digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan, mulai dari mengobati luka, menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari, hingga menghilangkan jerawat.

Bagi ibu hamil, manfaat lidah buaya untuk kulit tidak hanya itu, tapi juga ada manfaat lain yang sayang untuk dilewatkan, seperti:

Memudarkan stretch mark

Munculnya stretch mark saat hamil merupakan hal yang normal, tetapi tak sedikit ibu hamil yang merasa terganggu karenanya. Bumil termasuk yang demikian? Tak perlu khawatir. Keluhan ini bisa Bumil atasi dengan lidah buaya.

Caranya tidak sulit. Setelah mandi, oleskan gel getah lidah buaya pada area tubuh yang terdapat stretch mark. Jika ingin hasil yang lebih maksimal, Bumil bisa mencampurkan lidah buaya dengan minyak zaitun atau minyak almond.

Advertisements

Minyak zaitun dan minyak almond mengandung antoksidan dan vitamin E, sehingga keduanya bisa membantu menyamarkan stretch mark.

Melembapkan kulit

Gel yang mengandung ekstrak lidah buaya atau getah lidah buaya segar diketahui dapat melembapkan kulit, sekaligus membuat kulit tampak lebih halus.

See also  Berbagai Manfaat Air Garam Untuk Wajah

Meski begitu, jangan mengoleskan gel lidah buaya secara berlebihan, ya, karena justru bisa membuat kulit menjadi kering, terutama jika Bumil memiliki kulit yang sensitif.

Mengatasi kulit gatal

Perubahan hormon dan peregangan kulit yang terjadi saat hamil bisa membuat kulit menjadi mudah gatal. Dengan mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit yang gatal, keluhan ini bisa teredakan.

Selain mengoleskan gel lidah buaya ke kulit secara langsung, Bumil juga bisa mencampurkannya dengan losion atau pelembap kulit yang biasa digunakan. Ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga rasa gatal di kulit bisa lebih ringan atau berkurang.

Menyamarkan bercak hitam (melasma)

Bercak hitam (melasma) merupakan salah satu kondisi yang umum dialami oleh ibu hamil. Guna mengatasi keluhan ini, Bumil bisa memanfaatkan lidah buaya. Lidah buaya bisa mencerahkan kulit sehingga dipercaya bisa membantu menyamarkan bercak hitam.

Manfaat lidah buaya untuk kulit ibu hamil memang beragam, tetapi Bumil tetap harus hati-hati dalam menggunakannya, karena reaksi alergi, seperti kulit memerah, gatal, atau ruam, bisa saja muncul setelah lidah buaya dioleskan ke kulit.

Selain berhati-hati dalam mengoleskan lidah buaya ke kulit, Bumil juga disarankan untuk menghindari konsumsi suplemen yang mengandung ekstrak lidah buaya. Ini karena suplemen lidah buaya belum terbukti bermanfaat dan aman untuk dikonsumsi ibu hamil atau ibu menyusui.

Reviews

Related Articles