fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Berbagai Manfaat Jagung Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Berbagai Manfaat Jagung Untuk Kecantikan Kulit Wajah
Berbagai Manfaat Jagung Untuk Kecantikan Kulit Wajah 2

Jagung adalah makanan yang bernutrisi tinggi. Jenis sayur dengan kandungan karbohidrat yang tinggi ini dipercaya bisa mencegah kanker hingga penyakit jantung. Namun, tahukah Anda bahwa ada juga manfaat jagung untuk wajah dan kulit secara keseluruhan?

Berikut Manfaat Jagung Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Mulai dari memperlambat proses penuaan, menghilangkan bekas jerawat, hingga memperbaiki tekstur kulit. Berikut adalah beberapa potensi manfaat jagung untuk wajah dan kulit.

Memperlambat Proses Penuaan

Manfaat jagung untuk wajah yang tak boleh diremehkan adalah memperlambat proses penuaan pada kulit. Sebagaimana yang dilansir dari Style Craze, jagung mengandung antioksidan yang bisa mencegah atau memperlambat proses penuaan.
Inilah sebabnya manfaat jagung untuk wajah dipercaya dapat membuat Anda terlihat awet muda. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan klaim ini.

Menjaga Kulit dari Sinar UV

Jagung mengandung karotenoid bernama lutein yang bertindak sebagai antioksidan. Selain bisa menjaga mata dari kerusakan oksidatif akibat cahaya biru, ternyata lutein dinilai ampuh menjaga kulit dari sinar ultraviolet alias UV. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Clinics in Dermatology, lutein menunjukkan efektivitasnya dalam mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV.


Sayangnya, penelitian tersebut masih menggunakan hewan uji. Masih dibutuhkan penelitian langsung pada manusia untuk membuktikan manfaat jagung untuk wajah yang satu ini.

Mencegah Kerutan pada Wajah

Jagung adalah sumber vitamin E yang tinggi. Vitamin ini dipercaya bisa berdampak baik pada sirkulasi darah sehingga dinilai mampu mengencangkan kulit dan mencegah kerutan pada wajah. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal ISRN Dermatology menjabarkan bahwa vitamin E dan bahan alami yang kaya akan antioksidan dianggap bisa dijadikan obat alami untuk mencegah kerutan.

See also  Apa Saja Pantangan Bagi Penderita Gonore?

Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat jagung yang sudah dihaluskan dalam bentuk pasta untuk kecantikan wajah yang tak boleh disepelekan adalah menghilangkan bekas jerawat. Khasiat ini datang dari kandungan vitamin E-nya yang tinggi. Namun ingat, belum ada studi yang bisa mendukung manfaat air rebusan jagung untuk kecantikan ini. Maka dari itu, berkonsultasilah pada dokter sebelum mencobanya.

Advertisements

Mencerahkan Kulit

Selain bisa menyehatkan mata, kandungan zeaxanthin yang dimiliki jagung ternyata bisa mencerahkan kulit. Sebuah studi yang dirilis dalam jurnal Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology membuktikan, 46 partisipan yang mengidap kulit kering berhasil mencerahkan kulitnya setelah mengonsumsi 10 miligram (mg) lutein dan 2 mg zeaxanthin. Kabar baiknya, jagung mengandung lutein dan zeaxanthin. Inilah mengapa jagung dipercaya bisa mencerahkan kulit.

Memperkuat Rambut

Jagung juga punya sejumlah manfaat bagi kecantikan rambut Anda. Sayur ini dinilai ampuh untuk memperkuat rambut dan mencegah kerontokan.
Alasanya, jagung mengandung vitamin C, likopen, dan antioksidan yang bisa memperkuat helai rambut. Dengan memiliki rambut yang kuat, dapat mencegah kebotakan.

Reviews

Related Articles