fbpx
Sunday, June 26, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Beragam Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan – Penting Diketahui!!

Beragam Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan – Penting Diketahui!!
Beragam Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan - Penting Diketahui!! 2

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan – Cavaners,, Manfaat daun sirih sudah banyak sekali dikenal di masyarakat dan juga telah teruji secara klinis. Sirih adalah tumbuhan obat yang memberikan banyak sekali manfaat kepada kita. Sirih mengandung zat antiseptik di seluruh bagiannya dan daunnya telah banyak digunakan untuk mengobati mata merah, mimisan, keputihan, membuat suara menjadi lebih nyaring, dan masih banyak lagi, termasuk disfungsi ereksi.

Advertisements

Manfaat daun sirih yang sudah teuji secara klinis ternyata banyak sekali, mulai dari mengobati batuk, bisul, hingga bau mulut. Hingga saat ini, penelitian dengan subjek tanaman ini masih terus dikembangkan. Daun sirih sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah sedikit resep tentang bagaimana cara pemanfaatan daun sirih untuk kesehatan.

Beragam Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih : Dari Batuk hingga Bisul

Beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan diantaranya adalah tanaman ini bisa mengobati batuk, luka bakar dan mimisan. Untuk batuk , siapkan paling tidak 15 lembar daun sirih serta tiga gelas air. Kemudian cuci bersih daunnya dan rebus hingga tersisa menjadi tiga perempat bagian. Minum segera bersama madu untuk pemanis.

Untuk luka bakar, ambil daun sirih secukupnya dan kemudian cuci bersih. Peras airnya dan campurkan sedikit madu, bubuhkan ke daerah luka bakar. Untuk mimisan, siapkan satu lembar daun sirih yang masih muda, kemudian memarkan dan gulung. Kemudian gunakan itu untuk menyumbat hidung yang berdarah.

Beberapa manfaat daun sirih yang lain adalah untuk mengobati bisul dan mata merah dan gatal. Untuk bisul, ambil satu lembar daun sirih dan cuci bersih. Setelah itu giling daunnya sampai halus dan kemudian oleskan pada bisul dan sekelilingnya. Balut dan ganti paling tidak dua kali sehari. Untuk mata merah dan gatal, siapkan 5-6 daun sirih yang masih muda dan rebus dengan segelas air hingga mendidih. Tunggu sampai dingin untuk digunakan untuk mencuci mata dengan menggunakan gelas dan cuci mata paling tidak tiga kali sehari sampai sembuh.

Advertisements
See also  Perlu Diketahi! Ini 5 Penyakit Kulit Yang Biasa Menyerang Kaki

Manfaat Daun Sirih : Gigi Putih tanpa Bau Mulut

Ternyata orang tua jaman dahulu juga telah mengetahui manfaat daun sirih. Mereka mengunyah daun sirih agar bisa mempunyai gigi yang kuat. Oleh sebab itu, gigi mereka jarang ada yang keropos dan masih terlihat putih bersih. Daun sirih berwarna hijau, batangnya yang beruas dan merambat yang merupakan tempat keluarnya akar.

Kandungan yang terdapat pada daun sirih adalah diantaranya minyak atsiri, seskuiterpen, diatase, gula, zat samak, pati, dan kavikol yang mempunyai daya yang sangat mematikan terhadap kuman. Cavaners juga dapat memanfaatkan daun lainnya seperti manfaat daun sirsak.

Beberapa manfaat lain adalah untuk mengatasi bau mulut, caranya rebus beberapa daun sirih sampai mendidih, kemudian diamkan hingga hangat, pakai air rebusan tersebut untuk kumur-kumur. Cavaners juga dapat langsung mengunyah satu lembar daun sirih untuk menghilangkan bau mulut. Mengobati sariawan, mengobati deman berdarah, mengobati sakit gigi, dan mengobati radang tenggorokan adalah beberapa dari manfaat daun sirih.

Manfaat Daun Sirih untuk Wanita

Cavaners,, Sampai saat ini daun sirih selalu dikaitkan dengan kesehatan wanita karena berperan penting dalam menjaga kebersihan organ vital wanita, seperti:

Menghilangkan bau tak sedap di area intim

Antioksidan eugenol dan chavicol dalam sirih digunakan untuk membunuh mikroba penyebab peradangan yang dapat menyebabkan bau tak sedap. Cara menggunakannya, Cavaners bisa merebus daun sirih lalu meminum air rebusannya.

Advertisements

Kurangi keputihan

Masalah kesehatan wanita lainnya yang sering dihadapi wanita adalah keputihan. Daun sirih dipercaya dapat mengobati gangguan kesehatan ini. Cavaners bisa mengatasi masalah ini dengan mencampurkan air rebusan daun sirih dan bahan alami lainnya seperti kunyit atau bumbu lain yang direkomendasikan.

See also  Tips Merawat Dan Mengatasi Kulit Kering Pada Si Kecil

Mengurangi nyeri haid

Wanita yang mengalami nyeri saat menstruasi merupakan hal yang wajar, namun jika nyeri tersebut mengganggu aktivitas, maka perlu dilakukan langkah-langkah untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Menggunakan daun sirih dengan tambahan kunyit dapat meredakan nyeri saat haid. Selain kunyit, penambahan mahkota dewa dan bumbu dewa beserta rebusan sirih juga bisa digunakan untuk meredakan kram menstruasi.

Singkirkan gatal-gatal di area intim

Gatal juga bisa dirasakan di area intim wanita. Rasa gatal ini bisa diredakan dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan area intim atau dengan meminumnya langsung.

Demikian artikel tentang ” Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan ” tetap berhati-hati dan semoga bermanfaat jangan lupa share ya Cavaners..

SUMBER:

Advertisements
  • manfaat daun sirih untuk wanita
  • manfaat daun sirih hijau
  • manfaat daun sirih hijau untuk wajah
  • manfaat daun sirih untuk kelamin pria
  • manfaat rebusan daun sirih
  • manfaat daun sirih untuk mata
  • 7 manfaat daun sirih
  • manfaat daun sirih untuk lambung
Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles