fbpx
Saturday, June 25, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Wajib Di Ketahui!! Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan – Apa Saja??

Wajib Di Ketahui!! Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan – Apa Saja??
Wajib Di Ketahui!! Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan - Apa Saja?? 2

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan – Cavaners,, Manfaat daun salam ternyata tidak hanya untuk bumbu dapur tapi juga bisa untuk kesehatan. Daun yang berasal dari tumbuh tumbuhan dengan nama lain Syyzgium polyanthum ini bisa sangat bermanfaat sebagai obat alami dan juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Advertisements

Tumbuhan dari daun salam mempunyai karakteristik mempunyai pohon yang tingginya bahkan bisa mencapai 25 meter, daunnya rimbun, dan akarnya akar tunggan. Manfaat daun salam ternyata tidak hanya untuk bumbu dapur tapi juga bisa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Daun salam ini mempunyai bentuk elips hingga lonjong dan ujung dari daun ini meruncing.

Kulit dari pohon daun salam ini juga mempunyai manfaat lain yaitu sebagai bahan pewarna jala, serta sebagai anyaman bambu.

Berikut Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, seperti:

Manfaat Daun Salam : Mengobati Diare dan Diabetes

Untuk manfaat daun salam sebagai obat yang alami yaitu digunakan untuk mengobati maag, tekanan darah tinggi, asam urat, diabetes, dan menurunkan kolesterol tubuh. Berikut ini adalah beberapa resep yang terbuat dari daun salam yang bisa Cavaners pakai untuk mendapatkan khasiat dari daun salam sebagai obat alami.

Yang pertama adalah daun salam untuk mengobati diare. Siapkan kurang lebih 15 lembar daun salam yang telah dicuci sampai bersih. Kemudian siapkan 2 gelas air dan rebus bersama dengan 15 daun tadi, kemudian tambah sedikit garam secukupnya agar agak sedikit asin. Setelah itu, biarkan sampai dingin dan airnya kemudian disaring dan diminum.

Advertisements

Manfaat daun salam juga bisa untuk mengobati diabetes. Pertama siapkan 7 sampai 15 lembar daun salam, kemudian rebus daun salam tersebut dengan kurang lebih 3 gelas air, tunggu sampai air tersisa 1 gelas. Kemudian, saring dan peras hasil dari rebusan tadi, dan segera minum airnya cukup 2 kali sehari sebelum makan.

See also  Kenali Ciri Ciri Terkena Sipilis Untuk Mendapat Pengobatan yang Tepat

Manfaat Daun Salam : Mengobati Asam Urat, Maag, dan Kencing Manis

Manfaat daun salam yang lain adalah untuk mengobati asam urat, maag, dan kencing manis. Untuk asam urat, siapkan kurang lebih 10 lembar daun salam serta 4 gelas air, lalu campurkan dan rebus sampai mendidih. Kemudian tunggu sampai air tersisa 2 gelas dan minum air hasil rebusan tersebut.

Untuk sakit maag,, sediakan 15 sampai 20 lembar daun salam lalu cuci sampai bersih, seperti biasa, rebus dulu daun itu bersama dengan setengah liter air, kemudian tunggu sampai 15 menit mendidih. Setelah itu tambahkan gula secukupnya ketika sudah mendidih lalu tunggu sampai agak dingin. Minum air hasil rebusan tersebut Cavaners bisa minum ramuan ini setiap hari sampai maag Cavaners sembuh.

Untuk memanfaatkan daun salam untuk mengobati kencing manis, berikut adalah resepnya. Siapkan sekitar 7 sampai 15 lembar daun salam yang masih muda dan segar. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih lalu tunggu sampai air yang tersisa tinggal 1 gelas. Kemudian peras dan saring airnya dan minum dua kali sehari setiap sebelum makan untuk mendapatkan manfaat daun salam.

Manfaat Daun Salam : Menurunkan gula darah dan kolesterol

Daun salam mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan kuat. Zat tersebut dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada penderita diabetes.

Advertisements

Manfaat Daun Salam : Mencegah batu ginjal

Daun salam juga dipercaya mampu mengurangi jumlah enzim urease penyebab batu ginjal dan gangguan lambung. Meski demikian, manfaat daun salam ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Manfaat Daun Salam : Mencegah kanker

Penelitian memaparkan bahwa ekstrak daun salam dapat menghambat pertumbuhan sel kanker kolorektal, kanker darah, dan kanker payudara.

See also  Bergam Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan - Apa Saja??

Efek Samping Daun Salam?

Cavaners, daun salam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh:

Penderita diabetes

Cavaners,, Daun salam dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Namun, mengonsumsi daun salam bersamaan dengan obat diabetes dapat menyebabkan hipoglikemia akibat penurunan kadar gula darah yang berlebihan dan sulit dikontrol. Jadi, jangan lupa konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui takaran amannya.

Ibu hamil dan menyusui

Cavaners,, Wanita hamil atau menyusui perlu berhati-hati saat hendak mengonsumsi daun salam. Sampai saat ini, belum ada informasi yang akurat tentang takaran aman penggunaan daun salam untuk ibu hamil dan menyusui. Maka dari itu, ibu hamil atau menyusui disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi daun salam.

Advertisements

Pasien yang akan menjalani pembedahan

Jika Cavaners sudah dijadwalkan menjalani proses bedah dalam waktu dekat, hindarilah mengonsumsi daun salam, minimal sejak dua minggu sebelum menjalani operasi.

Demikian artikel tentang manfaat daun salam, semoga bermanfaat dan bantu share ya Cavaners

SUMBER:

Advertisements
  • cara merebus daun salam
  • khasiat rebusan daun salam
  • manfaat daun salam dan sereh
  • manfaat daun salam sereh dan jahe
  • manfaat daun salam untuk wajah
  • bolehkah minum air rebusan daun salam setiap hari
  • manfaat daun salam untuk darah tinggi
  • manfaat daun salam untuk lambung
Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles