fbpx
Friday, May 20, 2022

Berbagai Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Kulit, Bisa Mengurangi Stretch Mark Hingga Meningkatkan Sirkulasi Darah

Berbagai Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Kulit, Bisa Mengurangi Stretch Mark Hingga Meningkatkan Sirkulasi Darah
Berbagai Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Kulit, Bisa Mengurangi Stretch Mark Hingga Meningkatkan Sirkulasi Darah 2

Daun pegagan dikenal sebagai Centella Asiatica. Kini banyak ditemukan dalam produk tabir surya atau obat memudarkan bekas luka.Karena tinggi akan kandungan flavonoid dan asam amino. Yang bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit, seperti anti-aging, melawan jerawat, melembapkan, serta memberi rasa sejuk pada kulit. Beberapa kosmetik dan perawatan spa diketahui telah menggabungkan ramuan daun pegagan untuk manfaat restoratif bagi kulit.

Berikut Manfaat Daun Pegagan

Melembapkan Kulit

Manfaat daun pegagan ialah melembapkan kulit wajah. Centella asiatica tinggi akan Asam Amino, Asam Lemak, Beta Karoten, dan Fitokimia. Sejumlah nutrisi kuat tersebut baik untuk kulit. Asam Amino merupakan bahan pelembab yang bagus untuk menenangkan kulit kasar dan mengalami iritasi.

Menenangkan Kulit

Manfaat daun pegagan untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu menenangkan kulit. Konstituen aktif utama dari Centella Asiatica ialah saponin yang terkenal menjadi asiaticosides. Senyawa tersebut memiliki sifat menenangkan dan menyembuhkan kulit. Daun pegagan begitu ideal untuk kulit sensitif yang kemerahan, meradang, iritasi maupun gatal.

Advertisements

Meningkatkan Kolagen

Manfaat daun pegagan untuk kecantikan berikutnya adalah meningkatkan sirkulasi kolagen pada kulit. Fungsi dari Centella asiatica yang mampu meningkatkan sirkulasi darah, juga sintesis kolagen. Sehingga baik untuk menjaga keremajaan kulit dan jaringan kulit. Kolagen ini berperan penting dalam meningkatkan elastisitas kulit, serta mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus.

Mengatasi Penuaan Dini

Manfaat daun pegagan untuk kecantikan yang lainya adalah kemampuannya dalam mengatasi penuaan. Terutama berkat kombinasi kuat asam amino, beta karoten, asam lemak dan fitokimia.Berbagai nutrisi yang terkandung pada daun pegagan ini dibutuhkan kulit untuk melawan tanda-tanda penuaan, serta melindungi dari stres lingkungan.


Selain itu, daun pegagan kaya akan saponin triternene. Senyawa yang membantu menjaga kulit lebih kencang. Daun pegagan juga sumber fitonutrien yang bertindak sebagai antioksidan dan melawan kerusakan akibat radikal bebas.

See also  Mengenal Angina Pektoris (Angin Duduk) - Penyebab, Gejala Dan Pengobatan

Penyembuhan Luka

Bukan hanya luka akibat jerawat membandel. Manfaat daun pegagan untuk kecantikan diyakini baik untuk meningkatkan penyembuhan luka dan meminimalkan jaringan parut. Dilansir dari artikel lain NIH, menemukan bahwa pembalut luka yang mengandung pegagan memiliki efek penyembuhan pada berbagai jenis luka.
Ini termasuk luka akibat benda tajam, robekan tidak teratur yang disebabkan oleh trauma benda tumpul, dan jaringan kulit yang terinfeksi.

Advertisements

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat lain yang paling dikenal dari daun pegagan adalah kemampuannya untuk meningkatkan sirkulasi darah. Ini mempercepat proses penyembuhan kulit.
Sehingga diyakini manfaat daun pegagan untuk kecantikan salah satunya mengobati dan menghilangkan bekas jerawat. Bahkan efektif dalam mengobati varises, kapiler pecah dan selulit yang membandel. Karena khasiatnya yang kuat untuk kesehatan dan perawatan kulit, pegagan sering ditampilkan sebagai bahan utama dalam serum, krim mata, dan minyak kecantikan.

Mengurangi Stretch Mark

Melansir dari National Institutes of Health (NIH), daun pegagan dapat mengurangi munculnya stretch mark. Diperkirakan bahwa terpenoid yang ditemukan dalam pegagan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Itu bisa membantu mencegah pembentukan stretch mark baru, serta membantu menyembuhkan bekas luka yang ada. Langkah mudah untuk mendapatkan manfaat daun pegagan ini, cukup oleskan krim topikal yang mengandung 1 persen ekstrak pegagan beberapa kali sehari.

Reviews

Related Articles