fbpx
Saturday, June 25, 2022

Segudang Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit ini akan Bikin Kamu Takjub

Segudang Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit ini akan Bikin Kamu Takjub
Segudang Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit ini akan Bikin Kamu Takjub 2

Manfaat Cuka Apel – Bagi Cavaners yang ingin mencoba menggunakan cuka apel untuk membuat kulit wajah menjadi lebih berseri, ada baiknya Cavaners pahami dulu seluk beluk penggunaan cuka apel agar tidak salah, Disini Cavana Skin akan berbagi beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan kulit, semoga dapat memberikan inspirasi untuk Cavaners ya 🙂

Advertisements

Kandungan cuka apel yang baik untuk kulit

Saat ini penggunaan cuka apel yang di yakini baik untuk kesehatan kulit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan sedang menjadi primadona di kalangan masyarakat kita . Banyak orang yang memberi klaim bahwa mereka telah banyak mendapatkan manfaat setelah mengonsumsi cuka apel yang di gunakan dengan cara menjadikanya sebagai bahan oles di kulit. namun faktanya seperti apa sih ?

Faktanya : penelitian cuka apel yang konon katanya baik untuk wajah ternyata belum banyak dilakukan. Namun, ada bahan-bahan di dalam cuka apel berikut ini yang dipercaya baik untuk kesehatan kulit, seperti:

Asam asetat

Asam asetat disebut memiliki sifat antijamur dan antimikroba. Sehingga, saat digunakan secara topikal (dioles), cuka apel dianggap dapat menghilangkan bakteri penyebab penyakit kulit, termasuk jerawat dan infeksi kulit lainnya.

Asam sitrat

Asam sitrat masuk ke dalam golongan asam alfa hidroksi (AHA). Pada banyak produk kecantikan, AHA sering digunakan untuk membantu mempercepat penggantian sel kulit mati, dan mengatasi keriput serta bintik hitam di wajah.
Kedua bahan ini, bisa ditemukan pada cuka apel yang dosisnya lebih tinggi, maupun pada cuka jenis lain.

Advertisements

Manfaat cuka apel untuk wajah

Nah dari kandungan kandungan di atas maka masyarakat kita percaya bahwa Cuka Apel bisa untuk :

  • Mengatasi jerawat

Cuka apel dipercaya dapat membantu menghilangkan sumbatan di pori-pori yang bisa menyebabkan jerawat. Manfaat ini didapatkan dari kandungan AHA yang ada di dalamnya. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan hal ini.

  • Memudarkan keriput
See also  Cara Menghilangkan Noda Hitam Di Wajah Secara Alami, Hasilnya Lihat Sendiri Deh . . . .

Menggunakan cuka apel sebagai toner wajah, dapat membantu mencegah terbentuknya keriput. Sebab, penggunaan toner bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan melindunginya dari zat-zat berbahaya yang ada di udara.

Untuk membuat toner dari cuka apel, Anda cukup mencampurkan cuka apel dengan air bersih dengan perbandingan 1:2. Jika kulit Anda sensitif, perbanyak jumlah air. Setelah dicampurkan, Anda dapat mengoleskan toner tersebut ke wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.

  • Menghilangkan kutil

Kutil atau “daging tumbuh” bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Ada yang berbahaya, seperti akibat infeksi virus HPV, namun ada juga yang tidak berbahaya. Jika Anda sering melihat kutil di area leher atau wajah, bisa jadi benjolan tersebut sebenarnya adalah kulit yang tumbuh secara berlebih, dan dapat ditemukan pada semua bagian tubuh.

Advertisements

Pada kutil atau skin tags yang bukan disebabkan oleh virus, mengoleskan cuka apel dipercaya dapat membuatnya menjadi kering dan terlepas dengan sendirinya.

  • Membantu mempercepat pengelupasan sel kulit mati

Cuka sari apel mengandung bahan yang bisa memicu pengelupasan sel kulit mati di wajah. Pengelupasan sel kulit mati penting terjadi, agar sel kulit yang baru dapat terus regenerasi.

  • Perawatan setelah terpapar sinar matahari

Sejauh ini, belum ada penelitian yang membuktikan manfaat cuka apel untuk wajah yang satu ini. Namun, tidak sedikit orang yang sudah mencoba melarutkan cuka apel dengan air dan mengoleskannya ke wajah sebagai langkah perawatan setelah terpapar sinar matahari.

Effek Sampin Cuka Apel Untuk Wajah

Berikut adalah beberapa potensi bahaya yang dapat terjadi jika Cavaners mengunakan Cuka Apel untuk kulit

1. Efek Gatal dan Panas

Bahaya pertama cuka sari apel pada wajah adalah dapat menimbulkan efek gatal dan panas pada wajah. Bagi sebagian orang, efek ini dapat berarti bahwa cuka sari apel bekerja untuk menyelesaikan masalah yang mereka alami. Seperti menyingkirkan bakteri penyebab jerawat. Jika efek ini terjadi lagi dengan penggunaan nanti, Cavaners harus berhati-hati. Ini bisa menunjukkan bahwa kulit Cavaners sensitif dan tidak cocok untuk menggunakan cuka sari apel. Tentu akan tidak nyaman jika setiap penggunaan cuka sari apel selalu terasa gatal dan panas.

2. Iritasi Kulit Selain efek gatal dan panas

Bahaya lain cuka sari apel untuk wajah adalah dapat menyebabkan iritasi kulit. Cuka sari apel memiliki tingkat keasaman yang tinggi, sehingga berpotensi menyebabkan kulit melepuh, iritasi, dan memerah. Tentunya jika ditambah dengan efek gatal, iritasi akibat keinginan untuk terus menggaruk wajah juga bisa semakin parah. Iritasi pada kulit tidak hanya menyebabkan rasa sakit tetapi kemungkinan besar nantinya akan menyebabkan hiperpigmentasi di area kulit tertentu.

3. Kulit Kering

Bahaya cuka sari apel untuk wajah selanjutnya adalah bisa menyebabkan kulit kering. Menggunakan cuka sari apel pada kulit kering tidak dianjurkan karena dapat memperburuk kondisi kulit. Selain bersifat asam, cuka sari apel juga merupakan produk fermentasi yang mengandung alkohol. Baik alkohol dan asam adalah bahan yang tidak direkomendasikan untuk kulit kering. Kedua bahan ini juga bisa mengeringkan kulit normal jika salah dosis. Karena itu, cuka sari apel harus digunakan dengan sangat hati-hati agar tidak mengganggu kelembapan kulit.

4. Breakout

Cuka sari apel terkenal dengan manfaat melawan jerawat, tapi itu tidak benar untuk semua orang. Beberapa orang merasakan sebaliknya, yaitu munculnya jerawat lebih banyak dan disertai komedo serta iritasi. Kondisi ini bisa disebut sebagai erupsi. Jerawat adalah reaksi kulit yang tidak sesuai dengan bahan perawatan wajah yang kita gunakan. Jerawat akibat breakout biasanya muncul di bagian wajah manapun, bahkan di tempat-tempat yang sebelumnya jarang tumbuh jerawat.

Selain berjerawat, munculnya jerawat juga sering dikaitkan dengan detoksifikasi, yang menunjukkan bahwa wajah merespons produk yang digunakan dengan baik. Membersihkan jerawat umumnya hanya terjadi di area yang biasanya bermasalah. Jika Anda menderita douching, tidak ada masalah untuk terus menggunakan cuka sari apel.

Advertisements
See also  Kutil Pada Kelamin Pria
  • Pertama Cavaners Siapkan Cuka Sari Apel

Tentunya Cavaners harus memastikan Jika cuka sari apel yang akan Cavaners gunakan itu organik, tanpa filter, dan tidak dipasteurisasi.

  • Tuang sedikit cuka sari apel ke dalam wadah

    Cavaners tentukan terlebih dahulu seberapa banyak toner yang ingin Cavaners buat, sebab jumlah takaran cuka apel ini akan menyesuaikan dari seberapa banyak toner, tetapi disarankan menggunakan satu sendok makan.
  • Campurkan cuka sari apel dengan air minum

    Jumlah air yang digunakan tergantung pada sensitivitas kulit Cavaners . Rasio cuka apel dengan air biasanya 1:2 atau 1:3.
    Jika Cavaners memiliki kulit sensitif, gunakan lebih banyak air. Cavaners dapat bereksperimen dengan perbandingan cuka sari apel dengan air sampai Cavaners menemukan campuran yang cocok

Setelah membersihkan wajah, oleskan toner cuka sari apel dengan kapas

Tunggu hingga toner benar-benar kering, lalu oleskan losion atau krim yang Anda inginkan. Lakukan ini dua kali sehari atau setiap kali Anda mencuci muka.

Gimana Cavaners ? Apakah artikel tentang Manfaat Cuka Apel ini meraik buat Cavaners ? Jika bermanfaat jangan lupa untuk share ke temen temen Cavaners ya, Bantu Cavana Skin agar terus berkembang karna di ujung jari Cavaners ada masa depan Cavana Skin

^_^

Advertisements

Reviews

Related Articles