fbpx
Friday, May 20, 2022

Manfaat Bunga Sepatu Yang Jarang Anda Ketahui, Bisa Mencegah Penuaan Dini lho!

Manfaat Bunga Sepatu Yang Jarang Anda Ketahui, Bisa Mencegah Penuaan Dini lho!
Manfaat Bunga Sepatu Yang Jarang Anda Ketahui, Bisa Mencegah Penuaan Dini lho! 2

Bunga sepatu merupakan tumbuhan yang sering digunakan dalam pengobatan herbal Ayurveda. Bunga ini kaya akan kandungan Alphahydroxy Acids (AHA) dan asam amino. Kedua bahan ini ampuh untuk mengangkat sel kulit mati.

Kandungan vitamin C dan emollient dalam bunga sepatu sama ampuhnya dengan botox. Selain itu nutrisi dalam bunga sepatu dapat melembapkan kulit sekaligus mengurangi kelebihan minyak di pori-pori kulit.

Berikut Manfaat Bunga Sepatu

Mencegah Jerawat

Karena mengandung antioksidan dalam bentuk vitamin C yang cukup tinggi, bunga sepatu bisa dimanfaatkan untuk mengobati dan mencegah jerawat.

Advertisements

Ingin mendapatkan efek antijerawat dari bunga sepatu? Anda bisa membuat minyak bunga sepatu dengan resep di bawah ini.

Bahan:

5 kuntum bunga sepatu merah
5 lembar daun bunga sepatu
230 ml minyak zaitun/canola

Cara Pembuatan dan Penggunaan:

Advertisements

Tumbuk bunga dan daun sepatu sebentar (tak perlu sampai halus). Kemudian masukkan ke dalam panci.
Tambahkan minyak dan aduk rata. Kemudian panaskan di atas api kecil sampai panas.
Angkat panci dari kompor. Biarkan campuran minyak sedikit dingin, kemudian saring.
Oleskan minyak ini pada kulit yang berjerawat secara teratur. Gunakan bola kapas atau cotton bud untuk aplikasi topikal.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Bunga sepatu ternyata juga mengandung Alphahydroxy Acids (AHA) dan asam amino yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Anda bisa memanfaatkan bunga ini untuk scrub tubuh.

Ambil segenggam bunga sepatu merah atau putih. Tumbuk sebentar (jangan sampai terlalu halus), kemudian gunakan untuk scrub. Gosokkan ke kulit dalam gerakan melingkar. Setelah itu bilas tubuh hingga bersih.

Mencegah Penuaan Dini

Minyak bunga sepatu yang sudah Anda siapkan dengan petunjuk di poin sebelumnya bisa dimanfaatkan pula untuk perawatan anti penuaan. Sebab emollient dan vitamin C di dalamnya berperan untuk menjaga keremajaan sel-sel kulit.

See also  Tips Mengecilkan Perut Buncit, Cepat Dan Mudah

Oleskan sedikit minyak bunga sepatu pada wajah yang sudah dibersihkan. Lakukan pemijatan ringan untuk melancarkan peredaran darah sekaligus membantu peresapan minyak ke dalam pori-pori kulit.

Sebagai Eksfoliator Alami

Kandungan AHA dalam bunga sepatu ternyata dapat membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit jadi lebih halus dan bebas dari kusam. Selain itu, kandungan pro vitamin B5 dan emollient alaminya juga dikenal efektif dalam menjaga kelembapan alami kulit.

Melembabkan Kulit

Anda bisa merasakan manfaat dari bunga ini dengan cara menjadikannya sebagai minuman teh.

Semakin banyak Anda meminum hibiscus tea ini maka akan semakin banyak cairan yang masuk ke dalam tubuh dan membuat kulit menjadi lembap dan terhidrasi.

Selain dengan cara diminum, bunga hibiscus dapat memberikan kelembapan dengan cara topikal atau menjadikannya sebagai krim. Kelopak dari bunga ini memiliki kandungan lendir yang tinggi sehingga akan membuatnya menjadi pelembap yang sangat bermanfaat.

Reviews

Related Articles