fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kecantikan, Bisa Untuk Mengatasi Jerawat dan Mengatasi Rambut Rontok Lho

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kecantikan, Bisa Untuk Mengatasi Jerawat dan Mengatasi Rambut Rontok Lho
Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kecantikan, Bisa Untuk Mengatasi Jerawat dan Mengatasi Rambut Rontok Lho 2

cavanaskin.com – Buah mengkudu cenderung dihindari karena mengeluarkan bau yang tidak sedap, bahkan memicu mual dan ingin muntah. Di balik penampilan, bau, dan rasanya, buah ini ternyata mengandung beragam manfaat bagi kecantikan dan kesehatan.

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kecantikan

Sejumlah manfaat buah mengkudu dapat dirasakan karena beragam kandungan baik di dalamnya. Di dalam buah ini, terkandung karbohidrat, protein, gula, vitamin C, vitamin E, biotin, folat, magnesium, kalium, dan kalsium. Berikut ini manfaat yang didapatkan ketika Cavaners mengonsumsinya:

Mencegah Munculnya Keriput

Buah mengkudu mengandung antrakuinon, yang dapat memicu pembentukan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan begitu, keriput pun dapat dicegah. Selain itu, buah ini mengandung vitamin C dan phytochemical yang mampu menangkal radikal bebas akibat paparan sinar matahari berlebihan.

Mengatasi Jerawat

Buah mengkudu bersifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus yang mampu mengatasi jerawat. Kandungan vitamin C di dalamnya berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas pemicu kerusakan sel. Nah, kerusakan sel tersebut yang menyebabkan masalah pada kulit, seperti jerawat.

Mengatasi Rambut Rontok

Polusi, genetika, usia, dan asupan tidak seimbang menjadi penyebab rambut rontok. Selain itu, rambut rontok dapat dipicu oleh infeksi bakteri dan jamur pada kulit kepala. Dalam mengatasi rambut rontok, mengkudu berperan dalam meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga kesehatan akar rambut dapat terjaga.

Cara Tepat Mengolah Buah Mengkudu

Mengkudu memiliki rasa yang pahit, dan aroma yang kurang mengenakkan. Oleh karena itu, Jika Cavaners Ingin mengkonsumsi buah mengkudu harus diolah dengan cara yang tepat ya, agar rasanya lebih mudah diterima oleh lidah. Berikut ini beberapa tips mengolah mengkudu guna menjaga kecantikan dan kesehatan kulit:

See also  Penyakit Diabetes - Gejala dan Pantangannya

Masker Mengkudu

Langkah pertama, Cavaners bisa mengaplikasikan jus mengkudu sebagai masker wajah. Caranya dengan memisahkan air dengan ampas mengkudu. Ambil airnya, kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Advertisements

Salad Mengkudu

Untuk membuat salad mengkudu, Cavaners perlu menyiapkan bahan ini:

1/2 buah mengkudu.
2 buah apel.
4 cangkir bayam.
4 cangkir selada.
3/4 cangkir tomat anggur.
1 buah bawang bombay .
1 cangkir kacang pikan.
Lada hitam.
Salad dressing.
Cara membuatnya dengan mencuci seluruh bahan, lalu potong-potong kecil. Kemudian, campur bayam, selada, tomat, kacang pikan, apel, mengkudu, dan bawang bombay. Tambahkan salad dressing, dan aduk rata. Tambahkan lada hitam untuk melengkapi rasanya. Salad mengkudu siap untuk disantap.

Smoothie Mengkudu

Untuk membuat smoothie mengkudu, Cavaners perlu menyiapkan bahan ini:

1/2 buah mengkudu.
1 1/2 ons sawi.
1 buah apel.
1 buah jeruk.
1 sdm biji chia.
1 gelas air.
1 gelas es batu.
Cara membuatnya dengan memasukkan mengkudu, biji chia, air, sawi, dan es batu ke dalam blender. Jika sudah halus, tuangkan dalam gelas, dan tambahkan apel yang sudah dipotong kecil-kecil. Untuk memperkaya rasa, Cavaners bisa menambahkan buah jeruk kupas, stroberi, dan buah lain yang diinginkan.

Jus Mengkudu

Untuk membuat jus mengkudu, Cavaners perlu menyiapkan bahan ini:

1 buah mengkudu.
1 buah apel.
2 sdm madu.
1 gelas es batu
Air secukupnya.
Cara membuatnya dengan mengupas seluruh buah dan potong menjadi bagian-bagian kecil. Masukkan mengkudu, apel, air, dan es batu ke dalam blender. Setelah halus, saring untuk memisahkan air dan ampasnya. Tambahkan madu agar rasanya lebih manis. Jus siap untuk diminum.

Effek Samping Buah Mengkudu

Walau mengkudu memiliki banyak khasiat , ternyata mengkudu juga meiliki effek samping lho, Jadi untuk Cavaners yang memiliki ganguan kesehatan di bawah ini sebaiknya hindari buah yang satu ini ya

See also  Wajib Tau!! Ini Jenis Penyakit Kelamin Pada Pria, Apa Saja ??

Bahaya buah mengkudu antara lain:

  1. Sakit Hati
    Bahaya pertama buah mengkudu bila dikonsumsi secara berlebihan dianggap berbahaya bagi hati. Hal ini karena tanaman mengkudu mengandung antrakuinon, yaitu senyawa yang diduga bersifat hepatotoksik (beracun bagi hati) dan karsinogenik.

Ada beberapa laporan kerusakan hati yang dikonfirmasi, termasuk hepatitis dan gagal hati, terkait dengan konsumsi mengkudu

Amerika Serikat. National Institutes of Health saat ini menyarankan untuk tidak menggunakan jus mengkudu pada orang dengan penyakit hati, termasuk hepatitis C kronis dan hepatitis B.

  1. Dapat Menyebabkan Peningkatan Kadar Kalium (Hiperkalemia)
    Tidak hanya merusak hati, tetapi mengkudu juga sangat tinggi kalium dan harus dihindari oleh penderita penyakit ginjal, jantung, dan hati, dan oleh mereka yang menggunakan diuretik hemat kalium, penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE), atau penghambat reseptor angiotensin ambil, dihindari (ARB).

Bahaya buah mengkudu bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan hiperkalemia (kadar kalium yang terlalu tinggi).

  1. Memperlambat pembekuan darah
    Bahaya buah mengkudu selanjutnya terletak pada fungsi darahnya. Jika Anda memiliki gangguan pendarahan atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah seperti Coumadin (warfarin) atau Plavix (clopidogrel), Anda harus menghindari konsumsi mengkudu karena dapat memperlambat pembekuan darah.
  2. Gangguan kesehatan lainnya
    Peringatan lain tentang bahaya buah mengkudu adalah untuk penderita diabetes. Buah mengkudu yang pahit biasanya diolah dengan menambahkan campuran gula, sehingga terkadang hal ini tidak baik untuk penderita diabetes.

Noni juga dapat berinteraksi dengan obat dan perawatan lain seperti fenitoin, enzim hati UGT (uridin 5′-difosfat-glucuronosyltransferase), dan kemoterapi dan terapi radiasi.

Karena kurangnya penelitian keamanan, mengkudu tidak boleh digunakan pada wanita hamil, ibu menyusui, atau anak-anak.

Suka dengan artikel Cavana Skin ? Yuk share ke temen temen cavaners 🙂

Reviews

Related Articles