fbpx
Friday, May 20, 2022

6 Manfaat Blueberry untuk Perawatan Kecantikan Kulit

6 Manfaat Blueberry untuk Perawatan Kecantikan Kulit
6 Manfaat Blueberry untuk Perawatan Kecantikan Kulit 2

Siapa yang tidak kenal dengan buah blueberry. Jenis buah berry berukuran kecil dan berwarna biru gelap ini sering menjadi bahan tambahan yang disajikan ke dalam salad buah maupun semangkuk smoothies. Rasanya yang manis dan mengandung banyak air, memang sangat pas disantap sebagai camilan sehat yang menyegarkan.


Blueberry juga mempunyai nutrisi lain yang tidak kalah penting. Seperti vitamin A, vitamin K, vitamin B6, mangan, tembaga, zat besi, kalium, serta zinc. Berbagai kandungan yang dimiliki blueberry ini sangat baik untuk asupan tubuh sehari-hari yang mampu menjaga tubuh dari berbagai gangguan penyakit. Bukan hanya berguna untuk kesehatan tubuh, berbagai kandungan blueberry ternyata juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

Berikut 6 Manfaat Blueberry untuk Perawatan Kecantikan Kulit

Mencegah Penuaan Dini

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari atau tanning bed, asap rokok, polusi, dan diet yang buruk bisa meningkatkan produksi radikal bebas di kulit. Saat ada lebih banyak radikal bebas ketimbang antioksidan, sel-sel kulit mulai melemah dan menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Advertisements


Blueberry kaya akan antioksidan, yakni senyawa alami untuk membantu melawan radikal bebas yang merusak sel. Makanan tinggi antioksidan, seperti yang ditemukan dalam blueberry, dikaitkan dengan khasiat mengurangi tanda-tanda penuaan dan meningkatkan kualitas kesehatan kulit.

Memberi Nutrisi Pada Kulit

Jika kulitmu sering terpapar sinar UV atau polusi, maka membutuhkan nutrisi untuk memperbaikinya. Dengan mengonsumsi satu cangkir atau sekitar 148 gram blueberry per hari mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengirim nutrisi pada kulit. Pembaharuan sel yang cepat dan efektif akan membuat kulitmu tampak lebih sehat dan awet muda.

Mendukung Produksi Kolagen

Manfaat bluberry bagi kesehatan kulit yang tidak kalah penting adalah dapat mendukung produksi kolagen lebih baik. Manfaat ini tidak lain didapatkan dari kandungan antosianin yang membantu produksi sintesis kolagen dalam tubuh. Kandungan ini juga mampu bekerja mengurangi kerusakan kolagen dan dan meningkatkan produksi kolagen secara keseluruhan.

See also  Manfaat Bunga Sepatu Yang Jarang Anda Ketahui, Bisa Mencegah Penuaan Dini lho!

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat blueberry bagi kesehatan kulit berikutnya yaitu dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Dalam hal ini blueberry mempunyai kandungan vitamin C dan K yang sangat baik untuk membantu penyembuhan luka biasa, luka bakar ringan hingga berat. Di sini, blueberry mampu memberikan asupan sekitar 16 persen dan 24 persen dari kebutuhan harian vitamin C dan K bagi tubuh.

Advertisements

Meredakan Peradangan

Manfaat blueberry bagi kesehatan kulit yang tidak kalah menarik adalah mampu meredakan peradangan jerawat secara efektif. Manfaat ini bisa didapatkan dari kandungan serat alami dan karbohidrat rendah gula yang baik untuk meredakan peradangan pada jerawat.

Menjaga Kesehatan Pencernaan Usus

Manfaat blueberry bagi kesehatan kulit selanjutnya berkaitan dengan kesehatan pencernaan usus. Perlu diketahui, kondisi ketidakseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat dalam usus sering dikaitkan dengan berbagai gangguan kesehatan kulit. Seperti kulit berjerawat, gangguan psoriasis, eksim, rosacea, dan penuaan dini.

Reviews

Related Articles