fbpx
Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Manfaat Asam Kojic, Bahan Andalan untuk Memutihkan Kulit

Manfaat Asam Kojic, Bahan Andalan untuk Memutihkan Kulit
Manfaat Asam Kojic, Bahan Andalan untuk Memutihkan Kulit 2

MManfaat asam kojic yang terpopuler ialah membuat kulit jadi putih berseri dan bebas dari bercak hitam, sama seperti yang didambakan mayoritas orang, khususnya kaum hawa. Walau demikian, asam kojic bisa juga memunculkan efek pada sebagian orang.

Advertisements

Saat sebelum digunakan sebagai pemutih kulit, dahulu asam kojic cuma dikenali sebagai hasil sampingan dari reaksi peragian produksi minuman mengandung alkohol, seperti sake dan anggur.

Tetapi, semenjak tahun 1989, asam kojic diolah dari beragam jenis jamur jadi produk untuk memutihkan atau membuat cerah kulit, seperti serum, cream, masker wajah, pencuci wajah, dan sabun.

CARA KERJA DAN MANFAAT ASAM KOJIC

Faktor yang tentukan warna kulit seorang ialah jumlah melanin yang dibuat oleh sel-sel kulit, yang disebut dengan melanosit. Tiap orang dapat hasilkan jumlah melanin yang berbeda. Ini dapat bergantung pada gen, jumlah pancaran cahaya matahari, dan jenis perawatan kulit seorang.

Secara genetik, misalnya, melanosit pada orang yang berkulit putih biasanya cuma menghasilkan sedikit melanin. Kebalikannya, orang yang berkulit gelap condong dapat menghasilkan semakin banyak melanin.

Advertisements

Nach, riset mendapati jika asam kojic bisa menghambat dan menahan pembentukan tirosin, asam amino yang diperlukan untuk hasilkan pigmen melanin. Karena itu asam kojic bisa efektif untuk membuat cerah kulit.

Karena kekuatannya itu, ada banyak manfaat asam kojic yang dapat diperoleh dari produk kecantikan, yakni:

MENGHILANGKAN TANDA-TANDA HIPERPIGMENTASI

Manfaat khusus asam kojic ialah memberi dampak mencerahkan kulit sekaligus hilangkan tanda-tanda hiperpigmentasi dan warna kulit tidak rata, seperti bercak-bercak penuaan, lingkaran gelap di bawah mata, bercak hitam di kulit, dan sisa luka dan sisa jerawat yang menggelap.

See also  3 Cara Tepat Mengatasi Rambut Rontok, Terlalu Sering Keramas Menjadi Salahsatu Penyebabnya lho!

Supaya hasil lebih maksimal dan cepat, produk perawatan kulit yang memiliki kandungan asam kojic umumnya memiliki kandungan asam glikolat untuk membuat cerah warna kulit karena hiperpigmentasi.

MENGATASI MELASMA

Asam kojic bisa juga menolong menangani permasalahan bintik gelap di kulit yang ukurannya semakin besar seperti melasma. Umumnya, melasma terjadi di wajah atau area tubuh yang kerap terkena cahaya matahari.

Advertisements

Untuk menangani penggelapan kulit yang disebabkan karena keadaan melasma, formulasi produk perawatan kulit yang paling efisien ialah gabungan asam kojic dengan hidrokuinon dan tretinoin.

MENGATASI JERAWAT

Tidak cuma memberi dampak mencerahkan kulit, asam kojic bisa juga digunakan sebagai obat jerawat yang baik. Ini karena asam kojic mempunyai karakter antimikroba hingga dapat menolong melawan beberapa macam bakteri umum pemicu jerawat.

MENGATASI INFEKSI JAMUR

Asam kojic mempunyai karakter anti jamur. Bahkan juga, beberapa produk anti jamur memakai asam kojic untuk tingkatkan efektifitasnya. Bila dipakai dengan teratur, asam kojic dapat digunakan untuk menyembuhkan infeksi jamur di kulit, seperti kandidiasis atau kurap.

Dari hasil pemakaian asam kojic tergantung dari fokus bahan aktif dalam produk. Biasanya, hasil akan kelihatan dimulai dari 2 minggu awal, tetapi dapat semakin cepat bila asam kojic dipadukan berbahan aktif yang lain.

TIPS AMAN MENDAPATKAN MANFAAT ASAM KOJIC

Biasanya produk yang mengandung 1% asam kojic dipandang aman untuk dipakai. Walau demikian, ada banyak tips yang lain supaya manfaat asam kojic dapat diperoleh dengan maksimal dan aman. Berikut salah satunya:

Advertisements

Gunakan tirai surya dan perlindungan wajah, seperti topi atau payung, saat sebelum melakukan aktivitas karena asam kojic dapat membuat kulit lebih peka pada cahaya matahari.
Jauhi pemakaian asam kojic pada tempat kulit yang hancur atau mempunyai cedera terbuka.
Lihat manfaat dan tanggal kedaluwarsa produknya, dan beberapa bahan yang lain terdapat didalamnya.
Pilih produk yang memiliki label hypoallergenic, non-comedogenic, dan tidak mengakibatkan sensitivitas pada sinar (non-photo toxic).

See also  Tips Menghitamkan Rambut Dengan Ampas Kopi, Sehat dan Alami

Untuk beberapa orang, khususnya yang mempunyai kulit peka, cream yang mengandung asam kojic dapat mengakibatkan dermatitis contact, yakni sebuah reaksi iritasi atau alergi. Keadaan ini diikuti dengan gejala-gejala, seperti kulit gatal, iritasi, memeras, beruam, lebam, dan berasa sakit.

SOURCE :

Advertisements
  • sabun kojic acid
  • produk yang mengandung asam kojic
  • kandungan kojic acid dalam kojie san
  • cara membuat kojic acid sendiri
  • manfaat kojic acid soap
  • harga asam kojic
  • manfaat kojic acid untuk jerawat
  • kojic lotion berbahaya atau tidak
Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles