fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Beragam Manfaat Argan Oil Untuk Kecantikan Kulit Wajah Dan Kesehatan Tubuh

Beragam Manfaat Argan Oil Untuk Kecantikan Kulit Wajah Dan Kesehatan Tubuh
Beragam Manfaat Argan Oil Untuk Kecantikan Kulit Wajah Dan Kesehatan Tubuh 3

Argan oil atau minyak argan dikenal sebagai bahan alami untuk mempercantik kulit dan rambut sejak ratusan tahun lalu.

Tak hanya untuk kecantikan wajah dan rambut, manfaat argan oil untuk kesehatan tubuh secara umum juga nyata adanya. Apa saja manfaat minyak argan selengkapnya?

Minyak argan atau argan oil adalah jenis minyak esensial yang berasal dari biji pohon argan, yang umum tumbuh di wilayah kecil Maroko.

Umumnya, minyak argan murni digunakan dalam bahan masakan, obat-obatan alami, hingga kini sebagai bahan dalam produk kecantikan (seperti produk kosmetik, sabun, sampo, hingga kondisioner).

Manfaat argan oil untuk kecantikan

Penggunaan minyak argan dalam sejumlah produk perawatan kulit, termasuk wajah, memang bukan tanpa alasan. Adapun berbagai manfaat argan oil adalah sebagai berikut.

Melembapkan kulit

Salah satu manfaat argan oil untuk wajah adalah melembapkan kulit. Itu sebabnya, minyak argan sering kali ditemukan dalam produk perawatan kecantikan, seperti sabun dan lotion.

Minyak argan kaya akan kandungan vitamin E, yang merupakan antioksidan dan lemak larut yang mampu meningkatkan retensi air pada kulit.

Advertisements

Selain mengoleskan minyak argan pada kulit, Anda juga bisa mendapatkan khasiat ini dengan mengonsumsi suplemen kesehatan mengandung argan oil di dalamnya.

Mengurangi minyak di wajah

Manfaat argan oil juga dapat mengurangi minyak di wajah. Minyak argan mampu mengurangi produksi sebum atau minyak alami pada kulit sehingga kilau minyak di wajah dapat berkurang.

Hal ini juga diperkuat oleh sebuah hasil studi yang membuktikan bahwa mengoleskan krim mengandung minyak argan 2 kali sehari selama 4 minggu berturut-turut dapat mengurangi produksi sebum secara signifikan.

Mencegah pembentukan jerawat

Manfaat argan oil untuk wajah ternyata mampu mencegah pembentukan jerawat.

See also  Penyebab Kutil Kelamin Pada Pria dan Cara Mengobatinya Secara Alami

Jerawat adalah suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh penyumbatan pori-pori akibat produksi sebum berlebih serta penumpukan sel kulit mati yang disertai peradangan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa manfaat minyak argan dapat mengurangi produksi sebum pada kulit sekaligus meningkatkan hidrasi kulit sehingga pembentukan jerawat bisa dicegah.

Beragam Manfaat Argan Oil Untuk Kecantikan Kulit Wajah Dan Kesehatan Tubuh
Beragam Manfaat Argan Oil Untuk Kecantikan Kulit Wajah Dan Kesehatan Tubuh 4

Mengatasi penuaan dini

Tahukah Anda kalau manfaat argan oil untuk wajah mampu mengatasi penuaan dini?

Beberapa hasil riset menunjukkan bahwa asupan minyak argan dalam menu makanan sehari-hari dapat membantu memperlambat proses penuaan dini dengan cara mengurangi peradangan dan stres oksidatif.

Dalam studi lain, para peneliti menemukan bahwa cara menggunakan argan oil secara oral dan topikal dipercaya efektif dalam meningkatkan elastisitas kulit dan hidrasi pada wanita yang sudah menopause.

Selain itu, manfaat argan oil yang digunakan dengan cara dioleskan pada kulit dapat memperbaiki sekaligus menjaga kesehatan kulit sehingga tanda-tanda penuaan bisa berkurang.

Meski demikian, manfaat minyak argan ini masih membuktikan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya.

Mengobati infeksi kulit

Manfaat argan oil disebut dapat mengobati infeksi kulit.
Minyak argan mengandung senyawa antibakteri dan antijamur yang mampu mengobati dan mencegah infeksi kulit akibat infeksi jamur dan bakteri.

Cukup oleskan minyak argan pada area kulit yang terinfeksi minimal 2 kali sehari.

Menenangkan kulit akibat dermatitis atopik

Dermatitis atopik adalah kondisi kulit yang ditandai dengan rasa gatal dan kulit kemerahan.

Manfaat argan oil yang dioleskan pada kulit terinfeksi secara langsung dipercaya dapat mengatasi gejala masalah kulit ini.
Kandungan vitamin E dan senyawa antiradang alami pada minyak argan mampu menenangkan kulit sehingga gejala dermatitis atopik dapat berkurang.

Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat argan oil umumnya berasal dari kandungan antioksidan yang banyak di dalamnya.

See also  Ini Cara Menghilangkan Kutil di Kelamin, Yuk Simak

Kombinasi antioksidan dan vitamin E pada minyak argan inilah yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.
Sebuah studi yang dilakukan pada hewan membuktikan adanya peningkatan penyembuhan luka yang signifikan setelah mengoleskan minyak argan pada luka bakar derajat kedua tiap 2 kali sehari selama 14 hari.

Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya pada manusia.

Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Para wanita Maroko banyak yang memperoleh manfaat argan oil untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Hal ini didukung oleh sebuah riset yang dimuat dalam jurnal Hindawi yang mengemukakan bahwa kandungan antioksidan pada minyak argan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Penggunaan argan oil juga dapat mencegah luka bakar dan hiperpigmentasi yang dapat memicu berkembangnya kanker kulit, termasuk melanoma.

Manfaat argan oil untuk kesehatan

Meski dikenal baik untuk kecantikan, ada beberapa manfaat minyak argan yang bisa Anda peroleh, seperti:

Menyehatkan jantung

Salah satu manfaat minyak argan adalah menyehatkan jantung. Hal ini karena minyak argan mengandung asam oleat, yang merupakan lemak omega-9 tak jenuh tunggal.

Sebuah studi kecil yang dimuat dalam Clinical Nutrition Journal menunjukkan bahwa konsumsi argan oil dapat meningkatkan kadar lemak baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Studi lainnya dilakukan pada 40 orang yang berisiko mengalami penyakit jantung dengan mengonsumsi 15 gram minyak argan selama 30 hari berturut-turut.

Hasilnya, ditemukan bahwa sebanyak 16% partisipan mengalami penurunan kadar LDL serta 20% mengalami penurunan terhadap kadar trigliserida.

Meski tampak menjanjikan, fungsi argan oil dalam menyehatkan jantung ini masih membutuhkan studi lebih besar untuk mengetahui keefektifannya.

See also  Tips Mengatasi Mata Kaki Hitam Dengan Bahan Alami

Mengendalikan gula darah

Manfaat minyak argan juga dapat mengendalikan gula darah.
Beberapa hasil riset pada hewan uji menunjukkan bahwa fungsi argan oil dapat mencegah peningkatan gula darah dan menurunkan risiko resistensi insulin.

Maka dari itu, fungsi argan oil ini dianggap baik untuk mencegah terjadinya diabetes.

Namun, belum ada hasil penelitian yang membuktikan bahwa manfaat minyak argan efektif dalam mengobati diabetes.
Jadi, penderita diabetes tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter bila ingin mengonsumsi argan oil.

Baik untuk pencernaan

Bagi Anda yang kerap mengalami gangguan pencernaan atau sistem cerna bermasalah, konsumsi argan oil ternyata bermanfaat untuk mengurangi gejalanya.

Senyawa organik pada minyak argan mampu meningkatkan kadar pepsin dalam perut sehingga fungsi lambung bisa bekerja dengan baik dalam mencerna makanan secara efektif.

Dengan demikian, nutrisi yang diperoleh dari makanan yang Anda konsumsi bisa diserap baik oleh tubuh.

Mencegah penyakit kanker

Fungsi argan oil dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Argan oil mengandung senyawa polifenol dan vitamin E yang dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.
Meski demikian, lagi-lagi manfaat argan oil ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui keefektifannya.

Reviews

Related Articles