fbpx
Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Wajib Tau! Ini Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Wajib Tau! Ini Jenis Makanan Penyebab Jerawat
Wajib Tau! Ini Jenis Makanan Penyebab Jerawat 4

Makanan Penyebab Jerawat – Jerawat kerap dikaitkan dengan kondisi kulit berminyak atau stres. Namun, tahukah Cavaners bahwa ada makanan penyebab jerawat? Nah, sebagai salah satu upaya untuk mencegah munculnya jerawat, kenali dan batasi konsumsi berbagai jenis makanan yang dapat menyebabkan jerawat berikut ini.

Advertisements

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi dan dapat muncul di bagian tubuh tertentu, seperti wajah, dada, atau punggung. Jerawat ada yang bersifat ringan hingga parah dan menyerupai benjolan berisi kista dan nanah.


Pada umumnya, jerawat disebabkan oleh perubahan kadar hormon, tapi ada juga sebagian makanan yang dapat memicu jerawat. Jenis makanan tersebut dapat meningkatkan gula darah, kemudian memicu peningkatan hormon insulin. Dengan meningkatnya kadar insulin di dalam tubuh, produksi minyak di kulit pun akan meningkat, sehingga lebih rentan menyebabkan jerawat.

Berbagai Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Keripik kentang

Wajib Tau! Ini Jenis Makanan Penyebab Jerawat
Wajib Tau! Ini Jenis Makanan Penyebab Jerawat 5

Keripik kentang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat memicu peningkatan insulin dan glukosa dalam tubuh. Selain keripik kentang, kentang goreng dan roti juga memiliki karbohidrat tinggi yang sebaiknya Cavaners hindari.

Makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman yang tinggi gula, seperti kue manis, soda, dan jus buah kemasan yang diberi gula tambahan, juga dapat menimbulkan jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan glukosa yang cukup tinggi dapat memicu peningkatan insulin dan menyebabkan jerawat.

Advertisements

Makanan olahan susu

Susu, keju, dan makanan olahan susu sapi lainnya seperti es krim, meski kaya dengan kandungan kalsium, ternyata dapat menyebabkan jerawat jika dikonsumsi berlebihan.

Asam amino yang terkandung dalam produk susu juga dipercaya dapat menyebabkan kelenjar minyak semakin aktif dan memicu timbulnya jerawat.

See also  Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis Beserta Bahayanya

Makanan berminyak

Makanan beminyak umumnya mengandung lemak dan garam yang tinggi, misalnya gorengan dan makanan cepat saji. Kandungan lemak tersebut dapat berpengaruh pada munculnya jerawat.

Selain itu, banyak anggapan bahwa makanan pedas juga bisa menyebabkan jerawat. Padahal, sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas tidak berpengaruh pada jerawat.

Selain keempat jenis makanan di atas, banyak hal lain yang dapat menyebabkan jerawat. Contohnya adalah konsumsi obat-obatan tertentu, kadar hormon dalam tubuh, dan stres.

Advertisements

Cara Sehat untuk Menghindari Munculnya Jerawat

Ada beberapa cara yang dapat Cavaners lakukan untuk mencegah munculnya jerawat, antara lain:

Memilih makanan sehat

Wajib Tau! Ini Jenis Makanan Penyebab Jerawat
Wajib Tau! Ini Jenis Makanan Penyebab Jerawat 6

Agar terhindar dari jerawat, konsumsilah makanan sehat. Kacang sering dianggap sebagai pemicu jerawat, padahal kacang kaya akan omega-3 yang dapat mengurangi peradangan di sekitar kelenjar minyak. Selain kacang, ikan juga baik untuk dikonsumsi agar terhindar dari jerawat.

Menjalani pola hidup sehat

Tidur cukup dan olahraga teratur juga dapat mengurangi jerawat. Jika Cavaners sering tidur larut, mulailah untuk tidur lebih awal dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat memengaruhi peningkatan stres sebanyak 15 persen.

Meningkatnya stres dapat memicu hormon kortisol yang dapat merusak struktur dan fungsi kulit. Selain tidur yang cukup dan teratur, Cavaners juga perlu melakukan olahraga karena olahraga mampu mengurangi stres.

Merawat dan menjaga kebersihan kulit

Jerawat muncul dari pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, sel kulit mati, minyak, dan bakteri. Hal ini biasanya terjadi karena kulit yang tidak dibersihkan secara rutin. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan malam.

Advertisements
See also  Penyebab Dan Cara Mengatasi Timbulnya Jerawat Di Bibir

Namun, mencuci wajah saja terkadang tidak cukup. Cavaners perlu melakukan double cleansing untuk mengangkat kotoran lebih maksimal. Selanjutnya, gunakan rangkaian produk seperti toner, pelembap, serum, dan tabir surya sesuai jenis kulit.

Kulit yang sehat dan terawat tidak hanya memengaruhi kesehatan tubuh, tetapi juga penampilan. Untuk terhindar dari jerawat, Cavaners perlu menjalani pola hidup sehat dan membatasi konsumsi jenis makanan penyebab jerawat.

Di samping itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya. Dengan demikian, kulit akan tetap terhidrasi dan tubuh pun tetap sehat. (Makanan Penyebab Jerawat)

Advertisements

SUMBER:

makanan penyebab jerawat di pipi
makanan pencegah jerawat dan komedo
7 makanan penyebab jerawat
apakah tempe menyebabkan jerawat
makanan penyebab jerawat dan komedo
makanan untuk jerawat hormon
apa penyebab jerawat
buah penyebab jerawat

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles