fbpx
Saturday, May 21, 2022

Kutil Pada Kelamin Pria

Kutil Pada Kelamin Pria
Kutil Pada Kelamin Pria 2

Kutil merupakan benjolan kecil yang mana tumbuh pada area tertentu. Pada kasus kutil kelamin, kutil akan tumbuh di area sekitar kelamin dan dubur pria.

Penyakit kutil pada kelamin pria maupun wanita merupakan penyakit yang dapat menyerang orang yang aktif dalam berhubungan.

Bedanya kutil kelamin dengan penyakit kutil lainnya adalah jika kutil kelamin, penyakit ini dapat dikategorikan sebagai penyakit menular seksual (PMS).

Advertisements

Apa yang menyebabkan terkena kutil kelamin?

Kutil kelamin disebabkan oleh virus yang bernama human papilloma virus (HPV). Adapun virus tersebut menginfeksi akibat adanya hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi, ataupun dapat menginfeksi meskipun tanpa melakukan hubungan intim, yaitu ketika benda atau bagian tubuh seperti tangan yang telah terpapar HPV menyentuh kepada alat kelamin yang sehat, Ini memiliki risiko untuk menularkan.

Selain itu, pada beberapa kasus, ibu hamil dapat menularkan penyakit ini kepada bayinya.

Gejala-gejala apa saja yang muncul berkaitan dengan kutil kelamin?

Kutil kelamin umumnya tidak disadari karena letaknya yang berada di area pribadi dan bentuknya yang kecil, terkadang dapat berbentuk seperti jengger ayam/ kembang kol. Namun, gejala-gejala yang mengikuti dapat dikenali. Gejala yang dialami oleh orang yang memiliki penyakit kutil kelamin di antaranya adalah rasa gatal di area tumbuhnya kutil tersebut, panas, bengkak, radang dan nyeri yang menyertai. Terkadang bahkan disertai dengan pendarahan terutama ketika melakukan hubungan seksual.

Kutil pada kelamin pria biasanya ditemukan pada batang penis, ujung kepala penis, paha atas, selangkangan, skrotum, di sekitar ataupun di dalam anus, dan di dalam uretra. Selain pada daerah kelamin, kutil dapat menyerang daerah sekitar mulut atau tenggorokan.

Advertisements

Apa yang harus dilakukan jika memiliki gejala tersebut?

Segera lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat oleh dokter pada bidangnya. Anda dapat konsultasi pada dokter spesialis kulit dan kelamin supaya hasilnya lebih optimal.

See also  Manfaat Masker Mugwort untuk Kecantikan, Bisa buat Mengurangi Peradangan Kulit Wajah Lho !!!

Beberapa pemeriksaan yang biasanya dijalani oleh orang yang memiliki gejala seperti kutil kelamin di antaranya adalah pap smear, kolposkopi, dan tes HPV-DNA.

Bagaimana cara mencegah kutil kelamin?

Cara mencegah kutil kelamin yaitu Anda harus berhati-hati ketika melakukan hubungan seksual. Kenali pasangan Anda sebelum berhubungan intim. Hindari seks bebas, karena ini berisiko menularkan penyakit pada alat reproduksi lainnya. Gunakan pengaman ketika berhubungan intim, dan batasi kontak seksual dengan orang lain ataupun penggunaan alat-alat seksual lainnya. Buat selalu hubungan intim Anda dalam kondisi steril, yaitu dengan cara setia pada pasangan yang Anda percayai.

Segera periksakan diri Anda jika Anda merasa memiliki gejala-gejala yang sama dengan penderita kutil pada kelamin pria. Konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin dapat membantu Anda mendapatkan diagnosis yang tepat. Sehingga, Anda dapat melakukan penanganan dan pengobatan kutil kelamin secara dini apabila memang Anda mengalami infeksi HPV tersebut. Obat Kutil Kelamin

Reviews

Related Articles