fbpx
Friday, May 20, 2022

Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa, Ternyata Gampang Banget Kok

Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa, Ternyata Gampang Banget Kok
Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa, Ternyata Gampang Banget Kok 3

Tips Mengatasi Kulit Kering – Kulit kering saat puasa umum terjadi pada beberapa orang. Apakah Cavaners merupakan salah satu yang tengah mengalaminya? Sebenarnya, kulit kering adalah kondisi ketika lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Pada saat berpuasa, tubuh kekurangan cairan akibat keterbatasan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, tubuh berpotensi mengalami dehidrasi yang ditandai dengan gejala kulit kering.

Kurang asupan cairan tubuh dan makanan bergizi, kebiasaan malas mandi dan mencuci muka, serta malas menggunakan produk perawatan kulit bisa memperburuk kondisi kulit kering saat puasa. Kulit kering saat puasa memang pada dasarnya bukan hal yang berbahaya. Namun, jika dibiarkan terus-menerus bisa membuat Cavaners merasa tidak nyaman.
Bagaimana cara mengatasi kulit kering saat puasa? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara mengatasi kulit kering saat puasa

Kulit yang kering biasanya menimbulkan rasa gatal, bersisik, ruam, dan mengelupas.Masalah kulit kering dapat terjadi di bagian tubuh mana saja. Namun, umumnya dapat dirasakan di bagian wajah, tangan, lengan, dan kaki.

Advertisements

Pada dasarnya, tips menjaga kulit tidak kering saat puasa Ramadan sama seperti cara mengatasi kulit kering umumnya, yakni Cavaners perlu menjaga kelembapan kulit.

Adapun cara mengatasi kulit kering yang harus Cavaners lakukan saat puasa Ramadan, di antaranya:

Oleskan pelembap

Cara mengatasi kulit kering saat puasa yang ampuh adalah dengan mengoleskan pelembap sesuai jenis kulit setiap hari. American Academy of Dermatology menyarankan agar menggunakan pelembap sesaat setelah mencuci muka, mandi, dan cuci tangan. Pastikan Cavaners menggunakan produk pelembap yang berbeda, yakni khusus wajah dan kulit tubuh. Jangan lupa untuk mengoleskan area kulit yang kering, termasuk lengan dan kaki.

See also  Manfaat Manicure Pedicure bagi Kesehatan

Penggunaan pelembap dapat meningkatkan retensi air kulit sehingga mengunci kelembapan wajah. Selain menggunakan sebelum beraktivitas di pagi atau siang hari, Cavaners juga bisa menggunakan pelembap pada malam hari sebelum tidur. Pilihlah pelembap yang mengandung hyaluronic acid, lactic acid, ceramide, gliserin, lanolin, minyak mineral, petrolatum, dan colloidal oatmeal.

Advertisements
Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa, Ternyata Gampang Banget Kok
Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa, Ternyata Gampang Banget Kok 4

Gunakan sunscreen atau tabir surya

Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat memperburuk kondisi kulit kering saat puasa
Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sunscreen sebagai tips menjaga kulit tidak kering saat puasa Ramadan.
Cavaners disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15. Oleskan pada permukaan kulit 15-20 menit sebelum bepergian ke luar rumah.

Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit juga jadi cara mengatasi kulit kering saat puasa. Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit kering. Cavaners dapat melakukannya dengan bahan-bahan kimia maupun memakai alat-alat khusus.

Contoh eksfoliasi dengan alat, meliputi cleansing brush, washcloth, dan facial scrub. Sementara, produk eksfoliasi kimia biasanya mengandung senyawa alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA).

Pakai masker wajah

Rutin menggunakan masker wajah untuk melembapkan kulit kering karena berpuasa juga bisa Cavaners coba.
Cavaners bisa memakai masker wajah instan yang dijual di pasaran atau meracik masker wajah alami sesuai jenis kulit.
Gunakan masker wajah pada malam hari untuk menjaga kondisi kulit selama puasa Ramadan.

Oleskan gel lidah buaya

Manfaat lidah buaya atau aloe vera juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering saat puasa. Cavaners bisa mengoleskan gel lidah dari tanamannya secara langsung atau gel aloe vera yang banyak dijual di pasaran. Namun, pastikan kandungan aloe vera di dalamnya 100%, ya.

See also  Berbagai Pilihan Masker Wajah Untuk Kulit Berjerawat

Cavaners bisa mengoleskan sedikit gel lidah pada kulit area lengan terlebih dahulu guna melihat ada tidaknya reaksi alergi yang ditimbulkan. Jika tidak, Anda bisa mengoleskannya pada area kulit yang kering dan mendiamkannya semalaman.

Semprotkan face mist ke wajah

Tips menjaga kulit tidak kering saat puasa Ramadan juga bisa dengan cara menyemprotkan face mist. Manfaat face mist sangat penting dalam menghidrasi dan melembapkan kulit. Dengan ini, kulit Cavaners akan terasa segar.

Pastikan Cavaners mencari produk face mist yang mengandung zat emolien atau oklusif, seperti squalene, shea butter, atau minyak kelapa. Cavaners bisa menyemprotkan sedikit face mist pada area wajah, lalu tepuk-tepuk kulit dengan lembut menggunakan tisu atau kapas bersih setelah mendiamkannya beberapa detik. Hal ini dilakukan agar face mist tidak menguap sehingga membuat wajah terasa lebih lembap, kenyal, dan segar selama berpuasa.

Reviews

Related Articles