fbpx
Sunday, May 22, 2022

5 Khasiat Beras Kencur, Baik Untuk Perawatan Tubuh dan Cara Pembuatanya

5 Khasiat Beras Kencur, Baik Untuk Perawatan Tubuh dan Cara Pembuatanya
5 Khasiat Beras Kencur, Baik Untuk Perawatan Tubuh dan Cara Pembuatanya 2

Kita tentu akrab dengan minuman jamu. Dari sekian banyak jenis jamu di pasaran, salah satu yang cukup populer adalah beras kencur. Seiring perkembangan zaman, jamu beras kencur yang tadinya didapat dari penjual jamu keliling kini sudah banyak dijual toko-toko dengan berbagai sediaan mulai dari pil, serbuk seduhan, hingga kemasan botolan langsung minum. Itu karena jamu beras kencur menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, lho!

Khasiat Beras Kencur

Meski bernama beras kencur, minuman yang satu ini ternyata dibuat dari campuran berbagai bahan. Jamu manis dengan aroma herbal yang kuat ini diracik dari beras putih, kencur, asam jawa, dan daun pCavanersn.

Semua campuran bahan tersebut tidak hanya meningkatkan cita rasanya, tapi sekaligus juga khasiatnya. Di bawah ini beberapa manfaat jamu beras kencur yang perlu Anda ketahui.

Advertisements

Mempertahankan Gula Darah Normal

Manfaat jamu beras kencur satu ini tentu menjadi angin segar bagi para diabetesi yang kesulitan untuk mengendalikan kadar gula darahnya.
Namun, bukti-bukti yang didapat sampai saat ini masih berupa penelitian skala kecil. Masih dibutuhkan bukti dari penelitian dengan skala yang lebih besar pada manusia untuk memastikan manfaat dan keamanannya dalam jangka panjang.

Meredakan Diare

Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menemukan bahwa kencur dapat membantu meredakan gejala diare berkat kandungan zat sitotoksik dan antibakterinya yang melimpah.

Studi itu memperlihatkan gejala diare pada hewan yang diberikan ekstrak kencur berangsur membaik, sementara kelompok lain tidak menunjukkan hasil serupa. Kelompok hewan yang tidak mendapatkan ekstrak kencur cenderung bergejala diare terus-menerus.

Lagi-lagi, bukti dari manfaat beras kencur yang satu ini masih diperoleh dari studi kecil yang dilakukan pada hewan. Belum ada penelitian besar-besaran yang dilakukan pada partisipan manusia dalam skala luas yang bisa memastikan manfaatnya.

Advertisements

Meredakan Batuk Berdahak

Merasa tersiksa dengan batuk berdahak yang tak kunjung reda? Minum segelas jamu beras kencur mungkin dapat membantu mengatasinya. Ramuan tradisional kencur sudah lama dikenal sebagai obat tradisional batuk berdahak, begitu juga jahe.

See also  7 Tips Meredakan Sakit Perut Saat Haid

Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui cara kerja dan dosis dari jamu beras kencur yang aman dan efektif untuk batuk berdahak.


Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat jamu beras kencur lainnya yaitu membantu meningkatkan nafsu makan anak. Bila si kecil sedang susah makan, Anda bisa memberinya segelas jamu beras kencur hangat atau dingin.

Lagi-lagi penelitian mengenai manfaat jamu beras kencur yang satu ini masih minim. Alhasil, diperlukan penelitian lain untuk mengonfirmasi apakah jamu beras kencur benar-benar efektif untuk menaikkan nafsu makan.

Bantu Penyembuhan Luka Setelah Persalinan

Proses persalinan dapat menimbulkan luka pada perineum atau jalan lahir. Robekan luka sering terjadi terutama pada persalinan pertama, dan tidak menutup kemungkinan akan terulang pada persalinan berikutnya.

Salah satu cara pemulihan lukanya yakni dengan mengonsumsi jamu beras kencur. Jamu ini memiliki kandungan senyawa fenolik yang dapat berdungsi sebagai antioksidan. Nantinya, antioksidan ini akan bantu memperbaiki keadaan sel yang rusak.

Konsumsi jamu beras kencur juga dapat memberi manfaat dengan mengurangi pegal pada otot-otot tubuh akibat mengejan pada proses persalinan.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Bahan-bahan jamu beras kencur:

  • 200 gram beras putih
  • 1 buah kencur ukuran sedang
  • 1 buah jahe ukuran sedang
  • 300 gram gula jawa
  • 2 lembar daun pCavanersn
  • 1 sendok makan (sdm) asam jawa
  • Air matang secukupnya


Cara membuat:

  1. Cuci bersih beras, kemudian rendam selama kurang lebih 3 jam.
  2. Rebus air matang bersama kencur, kunyit, jahe, asam jawa, daun pCavanersn, dan gula jawa. Aduk rata dan masak sampai semua bahan tersebut matang serta mendidih.
  3. Setelah agak dingin, saring air rebusan tersebut.
  4. Blender atau tumbuk ampas dari kencur, kunyit, jahe, dan asam jawa yang sebelumnya direbus bersama dengan rendaman beras putih hingga halus.
  5. Saring dan peras hasil tumbukan tersebut hingga keluar airnya. Usahakan peras sampai benar-benar kering.
  6. Koreksi rasa dan jamu beras kencur siap dihidangkan.
  7. Beras kencur bisa diminum dalam keadaan hangat atau ditambah dengan es batu.
See also  Cara Mudah Mengatasi Kulit Wajah Kering Dengan Bahan Alami

Reviews

Related Articles