fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Ketahui,Penyebab Penyakit Kelamin Sipilis!

Ketahui,Penyebab Penyakit Kelamin Sipilis!
Ketahui,Penyebab Penyakit Kelamin Sipilis! 3

Penyebab Penyakit Kelamin Sipilis : Seperti apa sih penyebab penyakit kelamin sipilis itu? Berbicara tentang sipilis tentunya hal ini membuat sebagian besar orang langsung merinding. Pasalnya penyakit ini dikenal sebagai IMS yang sering menyerang bagian kelamin dan bagian tubuh yang lainnya, termasuk mulut.

Bahkan berdasarkan laporan dari CDC menyebutkan sudah ada kasus baru sipilis sebanyak 115 ribu lebih.


Penyakit ini cepat sekali menular lewat aktivitas intim. Misalnya saja seperti hubungan intim secara oral, anal, dan vaginal. Tak heran bila kemudian banyak orang mulai terserang penyakit sipilis di bagian mulutnya.

Maka dari itu untuk memahami lebih jauh, di bawah ini akan Cavana Skin kupas serba-serbi dari penyakit kelamin sipilis, antara lain:

Penyebab Penyakit Kelamin Sifilis di Mulut

Pada dasarnya penyebab penyakit kelamin sipilis itu bisa bermacam-macam. Salah satunya karena aktivitas seks oral sehingga menyebabkan tertularnya penyakit sipilis di bagian mulut. Hal ini bisa terjadi saat seseorang sedang melakukan kegiatan ini dengan penderita yang terjangkit bakteri sipilis.


Jadi dibutuhkan celah atau luka dulu pada bagian lapisan mulut atau bibir penderita supaya bakterinya bisa menular dan menginfeksi kepada orang lain. Bakteri yang menyebabkan penyakit sipilis ini bernama Treponema pallidum. Bakteri ini bisa masuk ke tubuh lewat luka yang berasal dari anus, penis, vagina, dan mulut.


Kemungkinan besar bakteri yang berasal dari alat kelamin bisa berpindah ke mulut seseorang saat melakukan ciuman. Namun meskipun begitu, penyebaran infeksi ini tidak bisa dilakukan lewat alat-alat makanan dan minuman. Jadi jangan pernah berpikir negatif bila seseorang sedang terkena sipilis akan menularkan penyakitnya lewat peralatan makan dan minumannya.

Advertisements
Ketahui,Penyebab Penyakit Kelamin Sipilis!
Ketahui,Penyebab Penyakit Kelamin Sipilis! 4

Gejala Sifilis di Mulut

Bila sebelumnya sudah dibahas tentang penyebab penyakit kelamin sipilis, saatnya mengenal gejalanya dengan baik! Seperti yang diketahui bahwa sipilis itu terbagi menjadi 2 macam. Yaitu oral dan vaginal. Sipilis oral sulit dideteksi karena berbentuk seperti jerawat biasa. Bahkan kalaupun timbul luka, lukanya tidak akan terasa menyakitkan.

See also  Berbagai Manfaat Baby Oil Untuk Kulit Wajah, Bisa Memberikan Efek Glowing lho!


Gejala seperti ini biasanya hanya sebentar, bisa berupa peradangan kemudian mulai parah di bagian dalam mulut, bibir, dan lidah seseorang. Setelah itu, penderita akan mengalami gejala sekunder dan primer, meliputi:

  1. Terdapat ruam pada telapak kaki bawah, tangan, dan bagian tubuh yang lainnya.
  2. Mengalami demam.
  3. Pembengkakan pada kelenjar getah bening.
  4. Sakit kepala dan tenggorokan.
  5. Luka yang besar pada selaput lendir, termasuk gusi dan lidah.
  6. Berat badan menurun.

Cara Mengobati Sipilis di Mulut

Selain harus memahami gejala dan penyebab penyakit kelamin sipilis lebih jauh, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengobatinya dengan benar! Biasanya untuk mendeteksi sipilis, dokter akan melakukan diagnosis supaya perawatannya bisa tepat sasaran. Berikut ini adalah cara mendiagnosanya, antara lain:

  1. Sampel darah/ cairan di bagian yang sakit diambil. Bisa juga melakukan biopsi jaringan untuk mendeteksi sipilis oral.
  2. Setelah itu, bakterinya dicek di mikroskop. Pemeriksaan sipilis bisa dilakukan lewat RPR dan VDRL (tahapan skrining). Dari sinilah diagnosis bisa ditentukan!
  3. Sipilis oral bisa mudah diatasi bila masih berada di tahapan awal. Biasanya pengobatannya dilakukan dengan menggunakan antibiotik bernama benzathine penicillin G sesuai dengan dosis yang ditentukan oleh dokter.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan saat Terkena Sifilis di Mulut

Selain harus menghindari penyebab penyakit kelamin sipilis pada mulut, ada banyak hal yang wajib diperhatikan ketika Anda terjangkit penyakit ini. Yaitu jangan melakukan kontak seksual dulu hingga lukanya sembuh total dan tidak ada bakteri penyebab sipilis yang hidup dalam darah Anda.


Umumnya tes darah perlu dilakukan setiap 6 bulan sekali hingga 1 tahun untuk mengecek apakah penyakit ini benar-benar hilang atau tidak. Karena sipilis di mulut itu seperti sariawan atau jerawat biasa. Sehingga sering diabaikan oleh penderita hingga membuat penyakitnya semakin parah.

See also  Apakah Penyakit Kelamin Bisa Menular? Seperti Ini Cara Penularannya!


Setelah melihat dari segi penyebab penyakit kelamin sipilis, gejala, hal-hal yang perlu diperhatikan, saatnya untuk menemukan obatnya! Karena jika dibiarkan begitu saja, sipilis bisa menjadi penyakit yang berbahaya. Maka dari itu bila Anda merasa malu untuk memeriksakan diri, silahkan hubungi tim Cavana Skin. Kami akan berikan obat terampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit kelamin, termasuk sipilis.

Reviews

Related Articles