fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Ketahui Tentang Apa Itu Amaurosis Fugax, Penyakit Hilangnya Penglihatan Karena Kurangnya Darah Ke Retina

Ketahui Tentang Apa Itu Amaurosis Fugax, Penyakit Hilangnya Penglihatan Karena Kurangnya Darah Ke Retina
Ketahui Tentang Apa Itu Amaurosis Fugax, Penyakit Hilangnya Penglihatan Karena Kurangnya Darah Ke Retina 3

Apa itu Amaurosis Fugax?

Amaurosis fugax adalah suatu kondisi di mana penglihatan hilang untuk waktu yang singkat. Penyakit ini bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata karena kurangnya aliran darah ke retina mata. Kondisi ini biasanya datang tiba-tiba dan hilang dalam hitungan detik atau menit.

Masalah ini juga bisa menjadi gejala dari masalah mendasar, seperti B. bekuan darah atau aliran darah yang tidak mencukupi ke pembuluh darah yang mensuplai mata. Amaurosis fugax memiliki nama lain yang disebut kebutaan monokular transien atau kehilangan penglihatan sementara.

Gejala Amaurosis Fugax

Gejala amaurosis fugax termasuk kehilangan penglihatan yang tiba-tiba dan sementara. Seseorang akan merasa seperti ada sesuatu yang menutupi matanya. Gangguan ini biasanya merupakan efek sementara, berlangsung beberapa detik hingga menit. Beberapa orang menggambarkannya sebagai perasaan seperti ada sesuatu yang menarik bayangan dari matanya.

Situasi ini dapat terjadi sendiri atau dalam kombinasi dengan gejala neurologis lainnya. Dalam beberapa kasus, amaurosis fugax dapat menjadi gejala serangan iskemik sementara atau stroke ringan. Kondisi ini menyebabkan gejala mirip stroke sementara.

Selain kebutaan sementara, gejala lain yang terkait dengan stroke ringan mungkin termasuk kesulitan berbicara, wajah kendur atau kaku di satu sisi wajah, dan kelemahan dan kekakuan mendadak di satu sisi tubuh. Stroke ringan perlu ditangani sedini mungkin, salah satunya mencegah kebutaan permanen.

Penyebab Amaurosis Fugax

Amaurosis fugax adalah suatu kondisi yang terjadi karena penyumbatan sementara aliran darah ke arteri retina sentral di mata. Umumnya, gumpalan darah di mata disebabkan oleh plak (kolesterol atau lemak dalam jumlah kecil) atau gumpalan darah di pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah di arteri karotis juga dapat mengurangi aliran darah ke mata dan menyebabkan kebutaan.

See also  Apa Itu Alkaptonuria atau Penyakit Kencing Hitam dan bagaimana penangananya
Ketahui Tentang Apa Itu Amaurosis Fugax, Penyakit Hilangnya Penglihatan Karena Kurangnya Darah Ke Retina
Ketahui Tentang Apa Itu Amaurosis Fugax, Penyakit Hilangnya Penglihatan Karena Kurangnya Darah Ke Retina 4

Faktor risiko untuk amaurosis fugax

Faktor risiko kondisi ini dapat terjadi pada seseorang yang memiliki penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok, atau yang menyalahgunakan alkohol atau kokain.

Advertisements

Faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan risiko amaurosis fugax meliputi:

  • kolesterol dan tekanan darah tinggi.
  • Merokok itu aktif atau pasif.
  • tumor otak.
  • cedera kepala.
  • telah menderita sklerosis multipel.
  • Riwayat lupus eritematosus sistemik.
  • sakit kepala sebelah.
  • Neuritis optik, radang saraf optik.
  • Polyarteritis nodosa, penyakit yang menyerang pembuluh darah.
  • Selain itu, penyakit yang dapat mempengaruhi sistem saraf dan aliran darah ke kepala juga bisa menjadi penyebab amaurosis fugax. Seseorang juga bisa menderita kondisi mata ini karena vasospasme, di mana pembuluh darah di mata tiba-tiba menyempit sehingga membatasi aliran darah. Beberapa hal yang menyebabkan vasospasme adalah olahraga berat, lari jarak jauh, dan hubungan seksual.

Diagnosis Amaurosis Fugax

Jika seseorang memiliki gejala amaurosis fugax, jangan diabaikan. Hubungi dokter segera. Mereka akan bertanya tentang gejala dan mengambil riwayat medis. Dokter kemudian melakukan pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan mata. Dokter juga dapat memesan tes, yang mungkin termasuk:

  • CT scan untuk mengidentifikasi penyumbatan atau kerusakan pada pembuluh darah di mata pasien.
  • Tes darah untuk mengetahui kadar kolesterol dan kemungkinan pembekuan darah.
  • Elektrokardiogram, atau EKG, untuk mengidentifikasi ketidakteraturan dalam detak jantung seseorang yang dapat menyebabkan amaurosis fugax.
  • Dokter Anda akan mempertimbangkan gejala, usia, dan kesehatan umum Anda saat membuat diagnosis amaurosis fugax dan kehilangan penglihatan sementara.

Komplikasi Amaurosis Fugax

Meskipun amaurosis fugax adalah kondisi sementara yang menyebabkan gejala berlangsung dari beberapa menit hingga satu jam, seringkali merupakan indikator yang mengkhawatirkan dari kondisi yang mendasarinya. Ini termasuk peningkatan risiko stroke, yang bisa berakibat fatal. Jika seseorang mengabaikan tanda-tanda ini, maka ada risiko komplikasi serius.

See also  Penyakit Thalassemia - Gejala, Penyebab Dan Pengobatan

Pengobatan Amaurosis fugax

Perawatan untuk gangguan penglihatan ini tergantung pada penyebab penyumbatan darah atau pecahnya pembuluh kolesterol yang menyebabkan penurunan aliran darah atau penyumbatan arteri. Gumpalan darah dapat terbentuk di arteri kepala, leher, atau jantung.

Bagaimana perawatan dilakukan juga tergantung pada lokasi dan luasnya oklusi arteri. Jika lebih dari 70 persen diameter arteri karotis tersumbat, dokter mungkin akan melakukan operasi untuk menghilangkan sumbatan tersebut.

Selain itu, kondisi pasien juga mempengaruhi prosedur, sehingga dokter memilih metode pembedahan yang paling sesuai. Metode pompa sirkulasi stent juga dapat digunakan untuk membuka arteri yang tersumbat. Selain itu, obat-obatan seperti aspirin atau antikoagulan juga merupakan terapi yang efektif.

Pencegahan Amaurosis Fugax

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah amaurosis fugax adalah:

  • Hindari makanan yang tinggi kolesterol.
  • Hindari makanan yang terlalu asin.
  • Hindari kemungkinan cedera kepala.

Reviews

Related Articles