fbpx
Saturday, June 25, 2022

Kenali Penyebab Kulit Kering, HINDARI PAPARAN SINAR MATAHARI YANG BERLEBIHAN.

Kenali Penyebab Kulit Kering, HINDARI PAPARAN SINAR MATAHARI YANG BERLEBIHAN.
Kenali Penyebab Kulit Kering, HINDARI PAPARAN SINAR MATAHARI YANG BERLEBIHAN. 2

Kulit kering adalah salah satu masalah yang paling sering terjadi, dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari usia, iritasi, dan penyakit tertentu. Kulit kering dapat muncul di tangan, lengan, dan kaki atau di seluruh tubuh.

Advertisements

Kulit kering, juga dikenal sebagai xerosis, mudah dideteksi dengan tanda-tanda seperti kulit B. merah, gatal, pecah-pecah, dan mengelupas. Jika gejalanya lebih parah, kulit kering dapat menyebabkan robekan yang dalam dan pendarahan.

Kulit yang kering dan gatal sebaiknya tidak sering digaruk karena dapat menyebabkan luka dan infeksi pada kulit.

Penyebab kulit kering

Berikut tujuh penyebab yang bisa menyebabkan kulit kering:

Iritasi kulit

Alasan paling umum untuk kulit kering adalah iritasi pada kulit. Pemicunya bervariasi dan dapat berkisar dari polusi dan debu hingga antiseptik dalam sabun mandi serta parfum yang mengandung alkohol serta deterjen yang digunakan dalam sabun untuk cucian.

Advertisements

Alkohol dan deterjen dan antiseptik, khususnya, juga dapat menurunkan produksi sebum atau minyak alami yang digunakan untuk menjaga kelembapan kulit.

Terlalu Sering Menggosok kulit

Banyak menggosok menggunakan scrub atau spons saat mandi atau scrub berlebihan dengan handuk sesudahnya dapat menyebabkan kulit kering. Pasalnya, bila Anda menggosok terlalu sering dan dengan terlalu banyak tenaga, jumlah kelembapan yang ada di kulit Anda akan berkurang.

Untuk menghindari kulit kering, pastikan untuk tidak sering memijat kulit Anda. Juga, keringkan tubuh Anda dengan handuk lembut setelah mandi.

Penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis dan menjadi kering, dan bersisik. Ini bisa jadi karena penurunan produksi sebum dan kolagen pada kulit.

Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca juga dapat mempengaruhi tingkat kelembaban. Semakin rendah tingkat kelembaban, yang biasanya terjadi pada suhu yang lebih dingin, semakin tidak kering kulitnya.

Advertisements
See also  Tips Menjaga Dan Merawat Kesehatan Kulit Yang Baik, Agar Sehat dan Indah

Mandi air panas secara teratur

Sauna dan mandi air panas adalah cara yang bagus untuk merilekskan tubuh Anda. Namun, jika Anda sering menggunakannya atau dalam waktu lama, kebiasaan tersebut bisa membuat kulit Anda kering. Hal ini karena suhu panas bisa menurunkan tingkat kelembapan pada kulit.

Tidak hanya mandi air panas atau sauna, tetapi bahkan waktu yang lama di bawah terik matahari dapat menyebabkan kulit kering.

Kondisi kesehatan tertentu

Ada berbagai macam penyakit atau penyakit yang dapat menyebabkan seseorang menderita kulit kering, bersisik, dan merah, seperti berikut ini: B. Eksim, Eksim, Dermatitis Atopik, atau Psoriasis. Kondisi ini juga dapat menyebabkan iritasi kulit.

Kulit kering juga dapat menyebabkan penyakit ginjal serta penyakit tiroid, ichthyosis, malnutrisi, diabetes, dan penyakit tiroid.

Efek samping terkait obat

Obat-obatan tertentu dapat memicu efek samping yang bermanifestasi dengan kulit kering. Contohnya termasuk diuretik, obat penurun kolesterol seperti statin, obat retinoid seperti isotretinoin, dan obat kemoterapi.

Advertisements

Bagaimana cara mengatasi kulit kering?

Kulit kering bisa dengan mudah diatasi. Namun harus dilakukan secara rutin. Berikut adalah beberapa:

Ubah frekuensi dan durasi mandi.

Jika Anda menderita kulit kering, pastikan Anda menjaga kebersihan tubuh dengan mandi hanya dalam jumlah sedang, tetapi tidak sering. Pastikan untuk tidak mandi lebih dari 10 menit, dan hindari mandi dengan air panas terlalu sering.

Gunakan sabun pelembab.

Untuk mencegah kulit kering, cobalah mengoleskan sabun yang ringan dan berbahan kimia pelembab. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan losion pelembab setelah mandi untuk menjaga kelembapan kulit.

Advertisements

Pastikan untuk mengeringkan tubuh Anda menggunakan handuk yang sangat lembut. Jangan terlalu banyak memberikan tekanan.

See also  Beragam Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Hindari paparan sinar matahari langsung yang berkepanjangan. Jangan lupa pakai tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan. Juga, pastikan Anda memenuhi kebutuhan air harian Anda dengan minum 2 liter cairan atau setara dengan 8 gelas untuk mencegah dehidrasi.

Masalah kulit kering mudah diatasi dengan menerapkan tips di atas dan menghindari hal-hal yang memicu kondisi ini.

Jika kulit Anda masih kering atau jika masalah terjadi karena penyakit tertentu seperti eksim dan dermatitis, alergi, atau kondisi lain, Anda harus berhati-hati untuk mengobatinya.

Source :

  • cara mengatasi kulit kering
  • kulit kering bersisik
  • penyebab kulit kering dan kusam
  • kulit kering pertanda apa
  • penyebab kulit kering dan bersisik
  • gambar kulit kering
  • penyebab kulit kering dan keriput
  • penyebab kulit kering dan gatal
Advertisements

Reviews

Related Articles