fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Kenali Ciri Ciri Terkena Sipilis Untuk Mendapat Pengobatan yang Tepat

Kenali Ciri Ciri Terkena Sipilis Untuk Mendapat Pengobatan yang Tepat
Kenali Ciri Ciri Terkena Sipilis Untuk Mendapat Pengobatan yang Tepat 3

Ciri ciri terkena sipilis menjadi hal yang perlu diperhatikan ketika seseorang dicurigai menderita penyakit ini. Ciri-ciri atau gejala sipilis berkembang sesuai tahap yang dialami oleh penyakit tersebut. Pada tahap tertentu, gejala penyakit ini sudah tidak muncul tetapi penderita masih tetap dapat menularkannya pada orang lain. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri penyakit sipilis atau raja singa menurut tahap perkembangan penyakit tersebut

Sifilis Primer

Gejala ini muncul antara 10 – 90 hari setelah seseorang terinfeksi bakteri penyebab sifilis. Ciri-cirinya berupa luka kulit yang tidak terasa sakit. Luka tersebut muncul di tempat masuknya bakteri ke dalam tubuh. Lokasi tersebut biasanya di sekitar area alat vital. Selain di area alat kelamin, luka kadang juga muncul di bagian dubur atau mulut. 

Pada wanita, luka ini dapat muncul di dalam vagina, mulut, atau dubur sehingga tidak nampak. Luka ini kadang tidak menyebabkan rasa sakit sehingga penderita mungkin tidak menyadari bahwa dirinya terkena sifilis. Luka tersebut bisa menghilang antara 3 – 6 hari. Tetapi ketika luka ini hilang bukan berarti penderita sudah sembuh. 

Jika tidak mendapat pengobatan sipilis, kondisi tersebut justru mengindikasikan bahwa infeksi sudah menyebar dan berkembang menjadi sifilis sekunder. Di tahap tersebut, area selakangan biasanya akan mengalami semacam benjolan yang merupakan reaksi alami pertahanan tubuh terhadap infeksi sehingga perlu mendapatkan pengobatan.

Kenali Ciri Ciri Terkena Sipilis Untuk Mendapat Pengobatan yang Tepat
Kenali Ciri Ciri Terkena Sipilis Untuk Mendapat Pengobatan yang Tepat 4

Sifilis Sekunder

Setelah luka hilang beberapa minggu, ciri ciri terkena sipilis sekunder dapat muncul berupa ruam. Ruam tersebut dapat muncul di tubuh bagian mana saja. Biasanya bagian yang sering mengalami ruam adalah telapak kaki dan tangan. Ruam ini kadang juga disertai dengan munculnya kutil di area organ vital tetapi tidak menyebabkan rasa gatal.

See also  Berbagai Manfaat Belerang Untuk Kesehatan Kulit, Termasuk Kulit Wajah

Ruam yang muncul biasanya berwarna merah kecoklatan atau merah dan terasa kasar. Namun ruam kadang terlihat samar sehingga banyak penderita yang tidak menyadarinya. Pada tahap sekunder, selain gejala ruam kadang juga disertai gejala seperti demam, nyeri otot, lemas, pusing, sakit tenggorokan, penurunan berat badan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Pada tahap ini, ruam juga akan menghilang walaupun penderita tidak mendapat pengobatan. Tetapi gejala akan muncul lebih sering sesudahnya. Jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat, infeksi ini akan berlanjut ke tahap sifilis laten.

Advertisements

Sifilis Laten

Pada tahap ini, bakteri masih tetap ada. Namun tidak ada gejala apapun yang ditimbulkan selama bertahun-tahun. Selama 12 bulan pertama sifilis laten, infeksi masih dapat ditularkan. Setelah 2 tahun, infeksi tersebut masih tetap didalam tubuh namun tidak dapat menular ke orang lain. Jika tidak mendapatkan cara mengobati penyakit sipilis yang tepat, maka infeksi ini akan berkembang menjadi sifilis tersier.

Sifilis Tersier

Pada tahap ini, infeksi muncul 10 – 30 tahun setelah infeksi pertama. Tahap tersier ditunjukkan dengan terjadinya kerusakan organ permanen dan dapat berakibat fatal bagi penderitanya. Akibatnya penderita dapat mengalami penyakit jantung, stroke, kebutaan, atau penyakit lainnya.

Demikian beberapa ciri ciri terkena sipilis. Orang yang sering  berganti pasangan saat berhubungan seks dan tidak menggunakan kondom sebaiknya melakukan pemeriksaan sifilis 3 bulan sekali atau 1 tahun sekali.

Reviews

Related Articles