fbpx
Friday, May 20, 2022

Deteksi Dini Kanker Payudara Stadium 1, Wanita Wajib Tau!!

Deteksi Dini Kanker Payudara Stadium 1, Wanita Wajib Tau!!
Deteksi Dini Kanker Payudara Stadium 1, Wanita Wajib Tau!! 2

Deteksi Dini Kanker Payudara – Kemampuan menyebar dari sel kanker payudara secara langsung dikategorikan menurut pergerakan sel – sel abnormal yang tumbuh dan menginvasi sel – sel sehat yang ada dalam tubuh. Ketika hal ini terjadi, kanker payudara pun dimulai.

Penyebab Kanker Payudara

Ketika sel – sel kanker dalam payudara berkumpul dan membentuk sebuah jaringan, maka stage dalam kanker payudara pun dimulai. Lapisan jaringan ini bisa ditemukan di daerah payudara dan sekitarnya. Dalam beberapa kasus, proses pertumbuhan sel – sel ini tidak terkendali dan membentuk sel baru.

Tubuh yang tidak mampu mengidentifikasi keabnormalan ini lantas tidak membuang sel rusak ini dan malah menahan pertumbuhan sel – sel baru. Hal inilah yang menyebabkan tumor yang menyebar di jaringan darah ataupun organ lainnya. Proses ini dinamakan proses metastatis, keadaan dimana sel kanker mulai menyebar ke bagian tubuh lainnya dan merusak jaringan organ sehat.

Advertisements

Cara paling mudah untuk mengidentifikasi kanker payudara sendiri adalah mengetahui bagaimana seharusnya payudara Cavaners terlihat setiap harinya dan merasakan tidak adanya keanehan pada payudaramu. Hal ini bisa dilakukan setiap hari ataupun pada waktu yang telah Cavaners tentukan sebelumnya.

Deteksi Kanker Payudara Stadium 1

Perubahan pada puting

Saat sel – sel kanker payudara menginvasi payudara seseorang, maka puting akan terasa lebih keras. Ada jaringan di dalam yang terasa kenyal dan mengganjal. Hal ini bisa terjadi di daerah payudara dan bawah ketiak. Jika baru – baru ini putingmu cenderung masuk ke dalam, berbeda dari biasanya, hal ini juga pantas untuk Cavaners curigai.

Perubahan pada kulit payudara

Sel – sel kanker payudara membuat kulitmu berubah teksturnya. Kemungkinan besar terjadi proses pembesaran pori – pori pada kulit payudara. Tidak hanya pori – pori yang membesar, kulitmu akan merah dan terasa membengkak. Bisa dibilang, kondisi kulitmu menyerupai tekstur kulit jeruk.

See also  Penyebab dan Pengobatan Kutil Kelamin Pada Wanita

Terdapat benjolan

Tumbuhnya benjolan tidak pernah berarti baik di dunia kesehatan. Begitu pula dengan benjolan yang tumbuh didaerah payudara. Jika Cavaners menemukan benjolan didaerah payudara ataupun dibawah ketiak, segera periksakan ke tenaga medis terpercaya. Memang, tidak semua benjolan bersifat kanker namun treatment tepat yang dilakukan secara dini akan menyelamatkan nyawa!

Advertisements

Perubahan ukuran payudara

Kamu merasa ukuran payudaramu semakin membesar? Seringkali, keadaan ini disebabkan oleh proses menstruasi. Tapi, terkadang, perubahan ukuran payudara ini timbul dikarenakan invasi sel – sel kanker di dalam organ payudaramu. Apalagi jika keadaan ini terjadi pada salah satu payudaramu saja.

Meski ada banyak wanita yang ukuran payudaranya tidak simetris antara kanan dan kiri, hal ini patut dicurigai jika baru terjadi akhir – akhir ini saja. Untuk mendapatkan kepastian yang terpercaya, segera periksakan keadaan ini kepada tenaga medis terkait ya.

Tumbuhnya lesung pada payudara

Jika lekukan seperti lesung pipi baru – baru saja muncul pada payudaramu, segera ambil tindakan antisipasi dengan berkonsultasi pada dokter.

Keluarnya “ASI”

Perlu untuk Cavaners ingat, air susu ibu atau ASI hanya akan keluar jika seorang wanita sedang dalam masa menyusui. Jika payudaramu mengeluarkan cairan yang menyerupai susu, segera periksakan keadaan ini kepada dokter untuk mendapatkan kejelasan pastinya.

Reviews

Related Articles