fbpx
Saturday, May 21, 2022

Jenis- Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Kulit, Apa saja ?

Jenis- Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Kulit, Apa saja ?
Jenis- Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Kulit, Apa saja ? 2

Jenis- Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Kulit – Salah satu langkah untuk mencegah penyakit kulit adalah dengan mengonsumsi vitamin. Apa saja jenis vitamin untuk kulit, agar sehat dan tetap terlihat awet muda? Karena Setiap makanan yang kita makan akan tercermin pada kondisi kulit saat ini.

6 Jenis vitamin yang dibutuhkan tiap hari agar kulit sehat

Ada banyak jenis vitamin yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat dan cerah. Berikut adalah jenis vitamin untuk kulit yang harus Cavaners penuhi setiap hari.

1. Vitamin E

Manfaat vitamin E sudah dikenal untuk menjaga kesehatan kulit. Yang paling utama adalah melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari yang berlebih.

Advertisements

Vitamin E juga bisa membantu mengatasi kulit yang kasar dan kering, menjaga kelembutan kulit, serta mencegah timbulnya bercak gelap dan kerutan pada kulit.

Anda bisa mendapatkan asupannya dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin E seperti bayam, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan minyak zaitun.

Anda juga bisa meminum multivitamin atau suplemen vitamin E. Vitamin E juga banyak temukan di dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

2. Vitamin A

Vitamin A dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Tetapi, vitamin A juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa vitamin A punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit seperti:

Advertisements
  • Memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan memelihara jaringan sehat,
  • Mengurangi kerutan dan garis halus,
  • Mengatasi bercak kusam pada wajah,
  • Menghaluskan kulit, dan
  • Membantu mengendalikan jerawat.

Orang dewasa membutuhkan 600 mikrogram vitamin A setiap harinya. Anda bisa mendapatkan asupan hariannya melalui beragam jenis makanan seperti ubi jalar, wortel, dan sayuran berdaun hijau tua.

Vitamin A juga terdapat pada beberapa produk skincare (perawatan kulit), misalnya krim wajah atau krim mata.

See also  Manfaat Vitamin B3 atau Niacinamide untuk Mencerahkan Kulit

3. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks terkandung dalam beragam jenis makanan seperti beras, telur, dan pisang. Vitamin B kompleks mengandung biotin yang merupakan dasar pembentuk kuku, kulit, dan sel rambut.

Beberapa vitamin B kompleks juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Sebuah penelitian para dokter menunjukkan bahwa vitamin B kompleks bisa membantu tubuh memproduksi sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Sebaliknya, kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan dermatitis atau peradangan pada kulit akibat paparan zat tertentu yang menyebabkan iritasi atau reaksi alergi.

Vitamin B3 atau niacinamide banyak digunakan untuk membantu mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan dan perubahan warna kulit. Sementara vitamin B5 atau asam pantotenat membantu mengatasi jerawat dan penuaan kulit.

Ada berbagai jenis vitamin B dan masing-masing vitamin dibutuhkan dalam jumlah yang berbeda, seperti:

  • Vit B1: 1– 1, 2 miligram
  • Vit B2: 1, 3– 1, 6 miligram
  • Vit B3: 12– 15 miligram
  • Vit B5: 5 miligram
  • Vit B6: 1, 3– 1, 5 miligram
  • Vit B12: 2, 4 mikrogram

4. Vitamin C

Jenis vitamin untuk kulit yang satu ini kerap kali disebut sebagai antioksidan. Vitamin C tak hanya bisa bikin Anda kebal dari serangan penyakit infeksi, tapi juga baik bagi kesehatan kulit. Dalam tubuh vitamin ini banyak ditemukan pada epidermis (lapisan kulit terluar) dan dermis (lapisan kulit dalam).

Vitamin ini juga mengandung kolagen, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekenyalan dan kelembapan kulit dari dalam. Itu sebabnya vitamin C kerap menjadi salah satu bahan utama dalam produk anti-aging (perawatan kulit anti-penuaan).

Adapun beberapa manfaat vitamin C untuk kulit yakni sebagai berikut.

  • Mencegah penuaan dini.
  • Mengurangi kerutan di wajah.
  • Mencegah dan mengatasi kulit kering.
  • Membantu menyamarkan noda hitam di kulit.
  • Melindungi kulit dari sinar matahari berbahaya.
  • Mengurangi kerusakan sel dan membantu proses penyembuhan luka.
  • Dalam satu hari, vitamin C yang harus dikonsumsi orang dewasa adalah 90 miligram untuk laki-laki dan 75 miligram untuk wanita. Selain suplemen, vitamin C bisa ditemukan pada beragam jenis buah dan sayuran seperti jeruk, paprika, stroberi, kembang kol, dan sayuran hijau.
See also  Rahasia Wanita Untuk Tampil Cantik Alami Luar dan Dalam

5. Vitamin D

Vitamin D tak hanya bagus untuk kekuatan tulang dan gigi, vitamin ini juga membantu kulit memperbaiki diri dengan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Nutrisi juga berperan penting untuk meringankan peradangan pada kulit.

Advertisements

Peradangan bisa menyebabkan kulit mengalami iritasi hingga mengalami masalah seperti jerawat dan eksim. Sebuah penelitian membuktikan bahwa krim yang mengandung vitamin D dan E mampu meringankan gejala dermatitis atopik.

Selain dari suplemen dan losion, ada banyak sumber vitamin D alami yang bisa dikonsumsi. Salah satu sumber yang paling dikenal adalah sinar matahari. Ketika kulit menyerap sinar matahari, kolesterol dalam tubuh diubah menjadi vitamin D.

Nantinya, vitamin D akan diambil oleh hati dan ginjal dan disebarkan ke seluruh tubuh untuk membantu pembentukan sel-sel kulit yang sehat.
Susu, sereal, salmon, tuna, kuning telur, dan hati sapi juga termasuk sumber vitamin D yang bagus untuk kesehatan kulit Anda.

6. Vitamin K

Vitamin K memiliki peranan yang penting dalam proses pembekuan darah yang dibutuhkan saat proses penyembuhan luka atau memar. Maka dari itu, vitamin K kerap menjadi salah satu solusi untuk beberapa kondisi yang berkaitan dengan bekas luka.

Selain itu, vitamin K juga sering digunakan dalam komposisi obat jerawat, krim kulit, atau untuk mengatasi berbagai masalah lain termasuk bintik hitam, lingkaran bawah bata, dan stretch mark.

Vitamin K yang dibutuhkan oleh orang dewasa dalam satu hari yaitu 65 mikrogram untuk laki-laki dan 55 mikrogram untuk wanita. Perkaya asupan vitamin K Anda dengan mengonsumsi beragam jenis makanan salah satunya sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam, brokoli, dan sawi.

Reviews

Related Articles