fbpx
Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Wajib Tau!! Ini Jenis Penyakit Kelamin Pada Pria, Apa Saja ??

Wajib Tau!! Ini Jenis Penyakit Kelamin Pada Pria, Apa Saja ??
Wajib Tau!! Ini Jenis Penyakit Kelamin Pada Pria, Apa Saja ?? 2

Jenis Penyakit Kelamin Pada Pria – Penyakit kelamin disebabkan oleh bakteri, bisa melalui penggunaan jarum suntik yang sudah terkontaminiasi, atau bahkan melalui hubungan seks. Maka dari itu, menjaga kesehatan organ tubuh sangat perlu diperhatikan, bukankah mencegah lebih baik mengobati?

Advertisements

Apalagi penyakit ini sangat menular sehingga sangat berbahaya jika tidak segera diobati. Ditambah kebiasaan masyarakat yang masih tabu akan hal-hal yang berbau kesehatan tubuh dan alat reproduksi.

Hal ini menyebabkan penanganan penyakit kelamin menjadi lambat. Salah satunya karena ada yang berpendapat mempelajari kesehatan tubuh dan alat reproduksi merupakan hal yang menjijikan, dan tidak pantas dibicarakan secara umum.

Maka dari itu berikut akan dijelaskan lebih jauh tentang penyakit kelamin pada laki-laki!

Gejala Penyakit Kelamin Laki-Laki

Dalam penyakit kelamin laki-laki ada yang menimbulkan gejala atau sebaliknya, tidak menunjukan gejala apapun. Dibawah ini adalah ciri-ciri seseorang terkena penyakit kelamin pada pria, antara lain:

Advertisements
  1. Gejala atau ciri yang pertama adalah perih atau bahkan sakit ketika hendak kencing, hal ini merupakan gejala umum dari penyakit kelamin.
  2. Ciri yang kedua keluarnya cairan dari alat kelamin atau penis, cairan yang dimaksud bukan air mani ataupun urine, melainkan nanah. Nah, apabila Anda akhir-akhir ini mengalami cairan yang berbau tidak sedap misal amis, busuk, bisa jadi merupakan gejala penyakit kelamin.
  3. Selanjutnya ciri yang ketiga, mengalami nyeri saat berhubungan seks, memang benar ada banyak hal yang menyebabkan rasa sakit ketika sedang melakukan hubungan seks.
  4. Akan tetapi rasa nyeri ini juga bisa masuk dalam kategori gejala atau ciri penyakit kelamin. Ciri yang keempat atau yang terakhir muncul luka yang disebabkan oleh kutil yang tumbuh di area kelamin atau genital. Jika sudah seperti ini segeralah untuk periksa ke dokter.
See also  Beragam Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan - Penting Diketahui!!

Penyebab Penyakit Kelamin pada Laki-Laki

Tidak lengap rasanya jika sudah membahas tentang gejala apa saja yang timbul dari penyakit kelamin laki-laki, tapi tidak membahas penyebabnya. Ibarat kata seperti masakan tanpa garam, akan hambar dan membuat masakan kurang sedap, begitu juga dengan suatu artikel apabila tidak lengkap dalam menyajikan informasi tentu akan membuat siapa saja yang membaca akan merasa kecewa.


Kebersihan serta kesehatan alat kelamin atau reproduksi wajib untuk diperhatikan dengan benar dan baik. Terutama teruntuk laki-laki, jangan sampai malas untuk membersihkan area vital tersebut, lalu apa sih penyebab utama dari penyakit kelamin pada pria ini?


Salah satunya diakibatkan oleh kuman. Tidak hanya itu saja, ada juga penyebab lainnya seperti infeksi bakteri, infeksi virus, ada juga yang diakibatkan oleh serangga, serta kutu, dan terakhir penyakit menular seksual atau yang sering disebut dengan PMS.


Penyakit kelamin ini jika dibiarkan tidak hanya mengganggu, akan tetapi dapat merugikan diri sendiri, serta rusaknya organ lain. Waspada juga, apabila penyakit ini sudah menyebar atau menular ke area tubuh lain.

4 Penyakit Kelamin pada Laki-Laki

Jika Anda masih menganggap penyakit kelamin laki-laki ini sebelah mata, itu artinya tidak mencintai tubuh Anda, seseorang yang mencintai dirinya sendiri tentu akan selalu menjaga kesehatan dan memperhatikan dari mulai hal yang kecil terlebih dahulu. Dengan begitu, tentu tubuh pun akan ikut menjaganya.

Advertisements

Berikut ini adalah 4 jenis penyakit kelamin pada pria, antara lain:

1. Gonore

Gonore mungkin istilah tersebut sangat asing didengar. Jenis penyakit Gonore merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi, dan gejalanya sangat sulit untuk diketahui karena tidak selalu muncul tanda -tanda , serta tidak terdiagnosis.

See also  7 Penyebab Kulit Tangan Mengelupas

Oleh karena itu, tetap jaga kesehatan karena jenis penyakit Gonore bisa menyebabkan uretritis pada laki-laki. Sehingga ketika kencing akan menimbulkan rasa perih bahkan terbakar.

2. Kutil Kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh Human Pappilomavirus atau HPV. Sedangkan untuk cara penularan kutil kelamin itu sendiri umumnya terjadi melalui hubungan seksual baik itu yang dilakukan melalui vagina, oral atau bahkan anal sekali pun.

Selain cara tersebut, penyebaran ini juga dapat terjadi jika tangan penderita menyentuh organ intim yang dimilikinya dan kemudian memegang organ intim dari pasangannya.

Advertisements

3. Sipilis

Sifilis disebabkan karena terinfeksi bakteri Treponema pallidum, yang menyebar melalui hubungan seksual dengan penderita sifilis. Bakteri ini juga bisa menyebar melalui melalui kontak fisik dengan luka yang ada di penderita.

Seseorang lebih rentan tertular jika sering bergonta-ganti pasangan seksual.

4. Harpes Genital

Harpes Genital, seringkali disebabkan oleh Virus Herpes Simplex atau HSVs, virus tersebut mengakibatkan luka yang sangat menyakitkan di areah kelamin.

Advertisements

Pengobatan penyakit kelamin bisa dilakukan dengan langsung konsultasi ke dokter, tentu tidak semua masyarakat memiliki punya banyak waktu untuk pergi ke dokter. Ada yang disibukan dengan rutinitas sehari-hari seperti pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

Bagaimana dengan Artikel tentang ” Penyakit Kelamin Pada Laki-Laki ini ” Apakah bermanfaat ? Jika iya bantu share ya Cavaners..

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles