fbpx
Sunday, May 22, 2022

Gejala, Penanganan Abses Ginjal

Gejala, Penanganan Abses Ginjal
Gejala, Penanganan Abses Ginjal 2

Cavana SkinAbses ginjal adalah kantung berisi nanah yang terbentuk di rongga atau dinding ginjal. Abses ginjal biasanya disebabkan oleh trauma atau infeksi yang berhubungan dengan batu ginjal.

Gejala Abses Ginjal

Dianjurkan agar Anda berbicara dengan dokter Anda segera jika Anda mengalami gejala abses ginjal berikut:

  1. Penurunan Berat Badan
  2. Malaise terjadi
  3. Demam menggigil
  4. Keringat berlebihan
  5. Sakit perut
  6. Buang air kecil yang menyakitkan
  7. Ada darah, nanah, atau pasir di urin
  8. Cukup lemah
  9. Kulit pucat
  10. Takikardia (jantung berdetak lebih cepat)

Penyebab gagal ginjal


Abses ginjal disebabkan oleh banyak faktor, yaitu infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, radang ginjal dan buang air kecil neurogenik. Penyalahgunaan suntikan atau suntikan non-steril juga dapat menyebabkan pembentukan abses ginjal. Anda berisiko tinggi terkena abses ginjal jika Anda berusia di atas 65 tahun dan memiliki diabetes, penyakit sel sabit, dan gangguan autoimun. Diagnosis abses ginjal Diagnosis abses ginjal

Advertisements

Tes yang direkomendasikan untuk mendiagnosis abses ginjal meliputi:

Tes urin, tes darah, rontgen, USG, CT scan dan MRI.

Pengobatan Penyakit Ginjal


Abses ginjal yang tergolong ringan dapat diobati dengan antibiotik melalui infus IV. Kasus yang parah sekarang biasanya diobati dengan pembedahan.

Di bawah ini adalah penjelasan rinci tentang pengobatan abses ginjal:

Advertisements

Antibiotik Merupakan pengobatan utama yang digunakan untuk mengobati infeksi ginjal, baik berupa oral maupun suntikan. Durasi penggunaan tergantung pada tingkat keparahan penyakit. Anda harus menghentikan antibiotik yang diberikan dokter untuk memastikan infeksi telah sembuh sepenuhnya.

  1. Ace inhibitor untuk abses ginjal yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Pasien dengan abses ginjal yang menderita diabetes diobati dengan metformin dan insulin.
  2. Drainase-perkutan. Tindakan membuat saluran untuk mengeluarkan nanah dari ginjal keluar dari tubuh melalui tabung kecil yang ditanamkan di kulit pinggang yang disebut kateter. Kateter dibiarkan sementara untuk mengalirkan nanah secara berkala sampai abses sembuh. Antibiotik disuntikkan setiap hari selama perawatan.
See also  Berbagai Manfaat dari Minyak Jarak untuk Kesehatan Kulit Wajah

Abses ginjal membutuhkan perawatan yang serius. Karena jika tidak diobati, abses ginjal dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti aliran darah dan paru-paru, dan berpotensi mengancam jiwa.

Pencegahan penolakan ginjal

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya abses ginjal, antara lain:

minum cukup Anda harus minum air putih minimal 8 gelas sehari atau sesuai kebutuhan. Minum banyak cairan dapat membantu mencegah bakteri menumpuk di saluran kemih. Jika Anda memiliki infeksi saluran kemih atau batu saluran kemih, hentikan pengobatan.”

Reviews

Related Articles