fbpx
Sunday, June 26, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Faktor dan Cara Mempercepat Metabolisme Tubuh, Terbukti Efektif

Faktor dan Cara Mempercepat Metabolisme Tubuh, Terbukti Efektif
Faktor dan Cara Mempercepat Metabolisme Tubuh, Terbukti Efektif 2

Cara Memperlancar Metabolisme Tubuh – Metabolisme adalah proses pembakaran kalori dari makanan dan minuman, yang dibawa ke dalam tubuh untuk produksi energi. Proses ini terjadi di sel-sel tubuh. Agar kalori dalam makanan dapat menghasilkan energi, nutrisi yang dikandungnya harus dipecah agar dapat diserap oleh tubuh. Misalnya, protein dipecah menjadi asam amino, dan karbohidrat menjadi glukosa. Proses penguraian nutrisi ini juga merupakan bagian dari metabolisme dan membutuhkan energi.

Advertisements

Energi yang diterima dari makanan akan digunakan untuk melakukan berbagai fungsi tubuh, seperti bernapas, mengatur peredaran darah, memproduksi hormon, menyembuhkan luka dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Orang dengan tingkat metabolisme yang tinggi membakar kalori dalam tubuh lebih cepat dan lebih banyak. Semakin tinggi laju metabolisme dalam tubuh maka semakin banyak kalori yang dibakar sehingga tidak terjadi penimbunan kalori dalam bentuk lemak. Inilah sebabnya mengapa meningkatkan metabolisme dapat membantu menurunkan berat badan.

Metabolisme mungkin turun jika gaya hidup Anda tidak sesuai, yang dapat mempengaruhi kesehatan. Jika sebelumnya Anda telah memutuskan untuk melakukan diet ketat dan hasilnya tidak bisa maksimal, hal ini mungkin disebabkan oleh metabolisme dalam tubuh yang kurang baik. Karena hal seperti itu sering dirasakan oleh para wanita, terutama saat ingin memutuskan untuk menurunkan berat badan. Namun, dalam artikel ini, kami akan menyarankan langkah-langkah yang dapat kita ambil bersama untuk memperbaiki metabolisme yang buruk dengan meningkatkan kinerjanya.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Bagi Anda yang dulunya tidak terlalu menyukai sayuran, kini rutinlah mengonsumsi berbagai jenis sayuran karena banyak sekali manfaat yang dikandungnya untuk kesehatan. Metabolisme dalam tubuh akan bekerja secara maksimal jika terdapat berbagai vitamin dan nutrisi seperti mineral, vitamin yang terdapat pada buah dan sayur yang juga sangat bermanfaat dan sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

See also  Cara Mengatasi Bisul Di Wajah, Salah Satunya Kompres Dengan air hangat, Mudah Kan ?

Tapi bisa jadi metabolisme Anda akan sangat lemah jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan jika masih belum bisa makan buah dan sayur, simak di bawah ini.

Advertisements

Pelatihan Otot

Sebenarnya latihan otot sangat diperlukan, namun kebanyakan wanita sangat jarang melakukannya karena takut atau malu untuk melatih ototnya. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa pria didominasi oleh peningkatan hormon testosteron, jadi, seperti yang lainnya, wanita tidak dirancang untuk membangun otot yang mereka miliki.

Inilah sebabnya mengapa kebanyakan wanita tidak terlalu tertarik atau tertarik untuk membangun otot. Padahal, dari berolahraga, otot-otot tubuh akan menjadi lebih padat, tidak lembek, dan tentunya tidak selalu kuat. Selain itu, saat istirahat, kalori akan mudah terbakar, karena dibandingkan jaringan lemak, jaringan otot lebih mudah dicerna.

Tingkatkan Aktivitas Fisik

Kelancaran metabolisme Anda tergantung pada tingginya tingkat aktivitas dalam hidup Anda. Tetapi jika Anda telah berolahraga selama satu jam, dan sisa waktu Anda hanya duduk di kantor, dan ketika Anda pulang, Anda hanya bersantai di rumah, maka ini adalah cara yang tidak efisien. Olahraga yang efektif berarti Anda memberikan waktu luang untuk berolahraga setiap saat, meskipun Anda aktif.

Misalnya yang dimaksud dengan olahraga ringan, seperti menggunakan tangga daripada lift, saat membasuh muka secara bergantian sambil mengangkat kaki. Saat Anda bersantai di depan TV, ambil botol air 1,5 liter untuk melatih otot Anda saat macet, bergoyang mengikuti musik, dan juga menggerakkan kaki Anda saat sedang duduk di meja kantor.

Makan Sesering Mungkin

Pastinya Anda ingin menurunkan berat badan, meski makan lebih dari 3 kali. Hal ini mungkin disebabkan karena kinerja mesin-mesin tubuh kita dapat tetap aktif dan stabil jika kita makan dalam porsi kecil dan sering.

Advertisements
See also  Inilah Jenis Buah Berserat yang Penting untuk Tubuh, Apa Saja??

Namun bagi kebanyakan dari mereka, jika ingin memiliki tubuh langsing, bahkan pola makannya tidak pas, mereka tidak makan sama sekali. Karena mereka mengatakan bahwa menurunkan berat badan berarti makan lebih sedikit. Bahkan jika itu membuat perut sangat lapar, karena lama-lama perut akan terasa kosong.

Karena itu, tubuh akan menyimpan makanan atau energi karena sinyal yang diambil tubuh untuk dimakan. Oleh karena itu, agar tubuh Anda tidak lesu, dan metabolisme Anda tetap lancar, makanlah secara teratur dan dalam porsi yang cukup.

Minum Air

Banyak orang sudah tahu bahwa dengan minum air, tubuh menjadi sehat. Hal ini benar karena dengan konsumsi air putih secara teratur maka metabolisme dalam tubuh dapat meningkat lebih banyak lagi, karena di dalam air terdapat zat yang sangat penting.

Padahal, tahukah Anda bahwa tubuh kita menginginkan air saat merasa lelah, namun kita sendiri yang mempersepsikannya sebagai rasa lapar. Padahal kita bisa makan cukup banyak jika rutin mengonsumsi 2 sampai 2,5 liter air setiap hari.

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles