fbpx
Monday, June 27, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Diet Atkins : Cara Cepat Turunkan Berat Badan Secara Effektif

Diet Atkins : Cara Cepat Turunkan Berat Badan Secara Effektif
Diet Atkins : Cara Cepat Turunkan Berat Badan Secara Effektif 3

Diet Atkins adalah diet untuk mengontrol asupan karbohidrat dengan meningkatkan konsumsi protein dan lemak. Mungkin cavaners Akan Bertanya Bagaimana bisa makan makanan berlemak namun berat badan tetap bisa turun? Pada prinsipnya, diet ini mirip dengan diet ketogenik. Lantas apa saja kelebihan dari metode diet Atkins? Bisakah semua makanan berlemak dimakan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Advertisements

Manfaat kesehatan dari diet Atkins

Metode diet alkis di temukan oleh seorang ahli jantung bernama Robert Atkins Istilah diet pertama kali dicetuskan pada tahun 1972 . Diet ini mendorong pengikutnya untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak dan protein murni. Bukankah lemak bisa meningkatkan kolestrol dan tidak bagus untuk kesehatan? Ya, lemak jenuh dan lemak trans memang buruk bagi kesehatan Cavaners. Tapi tidak dengan lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh HDL, juga dikenal sebagai lemak baik, tetap dibutuhkan tubuh untuk berfungsi optimal. Peran lemak ini termasuk melindungi kesehatan jantung, mengontrol gula darah, dan membantu dalam manajemen berat badan.

Satu studi menyimpulkan bahwa diet Atkins dapat meningkatkan dan mempertahankan kadar kolesterol dan trigliserida darah. Diet ini juga dikatakan dapat membantu mengurangi risiko diabetes, tekanan darah tinggi, sindrom metabolik, dan penyakit jantung.

Sumber makanan yang direkomendasikan oleh pengikut diet ini antara lain protein rendah lemak, lemak HDL, dan sayuran berserat tinggi. Sementara itu, diet rendah karbohidrat dapat meningkatkan metabolisme, memungkinkan tubuh membakar lebih banyak lemak. Karena itu, diet Atkins dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Meski demikian, manfaat diet Atkins untuk menurunkan berat badan masih dianggap kurang efektif.

Advertisements

Risiko Diet Atkins yang Perlu Anda Ketahui

Seperti diet lainnya, diet Atkins memiliki risiko kesehatan. Sebagai akibat dari pengurangan asupan karbohidrat, beberapa efek samping dapat terjadi, termasuk pusing, sakit kepala, kelelahan, lemas, mual, diare, dan kesulitan buang air besar.

See also  Penyakit Diabetes - Gejala dan Pantangannya

Risiko lain yang bisa muncul pada tahap awal diet Atkins adalah keadaan ketosis. Ketika Cavaners makan sedikit gula dan karbohidrat, tubuh Cavaners mencerna lemak untuk energi. Metabolisme lemak ini menghasilkan produk limbah yang disebut keton dan dapat memicu gejala seperti mual, mual, sakit kepala, bau mulut, dan perubahan mental.

Berada dalam ketosis dalam waktu lama cukup berbahaya karena dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, yaitu ketoasidosis. Kondisi ini terjadi ketika keton menumpuk di dalam darah dan menjadi racun. Akumulasi zat beracun ini dapat menyebabkan koma atau bahkan kematian.

Kelvin Halim, ahli gizi di Jovee, menambahkan: “Konsumsi tinggi lemak juga meningkatkan risiko masalah jantung dan kolesterol. Oleh karena itu, diet yang seimbang dan bergizi sangat disarankan.”

Diet Atkins : Cara Cepat Turunkan Berat Badan Secara Effektif
Diet Atkins : Cara Cepat Turunkan Berat Badan Secara Effektif 4

Bagaimana Cavaners melakukan diet Atkins?

Metode diet ini memiliki 4 fase yang harus diikuti, sebagai berikut:

Advertisements
  1. Fase induksi
    Pada fase ini, Cavaners hanya diperbolehkan mengonsumsi 20 gram karbohidrat per hari selama 2 minggu. Anda perlu meningkatkan konsumsi makanan tinggi lemak sehat, tinggi protein, dan sayuran hijau rendah karbohidrat untuk mempercepat penurunan berat badan.
  2. Penyeimbangan fase
    Pada Fase 2, mulailah menambahkan beberapa sumber karbohidrat sehat berupa sayuran dan buah-buahan, kacang-kacangan, kentang, biji-bijian, dan beras merah. Makanlah hingga 15-20 gram makanan ini per porsi.
  3. Fase fine-tuning
    Cavaners diperbolehkan menambahkan 10 gram karbohidrat dari sayuran bertepung (pati), buah-buahan, dan biji-bijian. Fase ini harus dilakukan hingga satu bulan setelah mencapai berat yang diinginkan.
  4. Fase Pemeliharaan
    Metode Diet Cavaners Pada fase ke-4 ini, yang harus Cavaners lakukan adalah menjaga berat badan yang sudah Cavaners capai. Pada fase ini, Cavaners bisa makan sebanyak mungkin karbohidrat sehat. Selama Cavaners tidak menambah berat badan dan tubuh Cavaners bisa menerimanya.
See also  5 Cara Alami Menghilangkan Kerutan Di Wajah

Kelompok makanan untuk dimakan

Makanan yang direkomendasikan adalah makanan berprotein murni dan beberapa lemak sehat. Contohnya adalah:

  • Daging seperti sapi, babi, domba, dan ayam
  • Makanan laut seperti salmon dan sarden
  • Telur, terutama yang mengandung omega 3.
  • Sayuran rendah karbohidrat, termasuk kangkung, bayam, brokoli, dan asparagus
  • Susu dan produk yang dibuat darinya, yaitu mentega, keju, krim, dan yogurt tinggi lemak
  • Kacang-kacangan, seperti almond, macadamia, walnut, dan biji bunga matahari
  • Lemak sehat berupa minyak zaitun extra virgin, minyak kelapa, alpukat, dan minyaknya

Makanan Yang Tidak Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Saat Melakukan Program Diet Atkins

  • Makanan dan minuman tinggi gula, seperti soda, jus buah kemasan, kue, permen, dan es krim.
  • Biji-bijian utuh, yaitu gandum (wheat), barley, dan beras.
  • Minyak nabati, termasuk minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak canola.
  • Minyak jenuh sering ditemukan dalam makanan olahan. Kata “terhidrogenasi” biasanya tertulis di kemasannya.
  • Makanan berlabel “diet” dan “rendah lemak (low-fat).” Secara umum, makanan ini tinggi gula.
  • Secara khusus, selama fase pengenalan, Anda tidak boleh mengonsumsi:
  • Sayuran kaya karbohidrat seperti wortel dan bit
  • Buah-buahan yang kaya karbohidrat seperti pisang, apel, jeruk, pir, dan anggur
  • Kentang dan Ubi Jalar
  • Kacang-kacangan dalam bentuk lentil dan buncis
  • Jika ingin mendapatkan manfaat yang maksimal, ikuti diet Atkins secara konsisten. Meski disebut-sebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sebaiknya pertimbangkan dulu manfaat dan risikonya. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi, terutama jika Anda penderita diabetes, hamil, atau menyusui.

Salah satu artis yang menerapkan Diet Atkins adalah Kim Kardashian , Bagaimana apakah Cavaners berniat untuk mengikuti jejak Kim Kardashian untuk menerapkan Diet Atkins sebagai metode diat pilihan Cavaners ? Yuk share artikel ini jika di rasa bermanfaat untuk cavaners

See also  Hal-Hal Penyebab Munculnya Keloid Di Kulit

Sumber :

  • menu diet atkins untuk seminggu
  • diet atkins adalah
  • diet gm
  • diet paleo
  • diet mediterania
  • diet mayo
  • diet keto
Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles