fbpx
Sunday, May 22, 2022

Mengenal 3 Ciri-Ciri Penyakit Sipilis, Yang harus Anda Ketahui

Mengenal 3 Ciri-Ciri Penyakit Sipilis, Yang harus Anda Ketahui
Mengenal 3 Ciri-Ciri Penyakit Sipilis, Yang harus Anda Ketahui 2

Sebelum membahas lebih detail tentang ciri-ciri penyakit sipilis, ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu apa itu penyakit Sipilis. Ini adalah salah satu penyakit kelamin, yang dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang, terutama jika tidak diobati secara tepat. Penyakit ini dapat menular, dengan melakukan kontak langsung dengan pasien yang terkena penyakit tersebut. Adapun ciri-ciri sipilis yang harus Anda ketahui, sebelum mencari tahu bagaimana teknik pengobatan sipilis secara tepat yaitu :

Sipilis stadium primer

Pada stadium awal atau primer ini adalah adanya ulkus durum, atau adanya sebuah luka dangkal yang ada di bagian penis, vagina atau juga mulut yang tidak terasa nyeri. Ada kalanya kondisi seperti ini akan hilang secara sendirinya dalam jangka waktu beberapa minggu. Namun, walaupun demikian, bakteri penyebabnya, yaitu Trepenema pallidum tetap ada di dalam tubuh, dan dapat menyebabkan kerusakan organ secara bertahap, dan hal ini tidak disadari oleh pasien.

Sedangkan gejala sipilis pada wanita ditandai dengan timbulnya sariawan kemerahan / chancre pada bagian bibir luar vagina, didalam vagina atau juga rektum / bukaan anus.

Advertisements

Sipilis stadium sekunder

Masuk ke stadium berikutnya, dimana pada kondisi ini, tenggorokan akan terasa nyeri dan disertai demam. Kemudian adanya pembengkakan kelenjar getah bening, serta nyeri otot. Walaupun terlihat sama dengan beberapa gejala dari penyakit lain, namun salah satu ciri yang cukup menonjol adalah adanya kemerahan di bagian kulit, serta benjolan di bagian jengger ayam yang ada di daerah kemaluan. Pada kondisi seperti ini, penderita juga akan mengalami penurunan berat badan, yang cukup drastis.    

Sipilis Stadium laten

Jika pada stadium sekunder, pasien tidak diobati dengan baik, tentunya akan berlanjut ke kondisi penyakit sipilis stadium laten. Dalam tahap ini, penderita tidak menunjukkan gejala apapun. Akan tetapi, bakteri yang ada akan terus berkembang biak, serta menimbulkan berbagai kerusakan di organ dalam.

See also  Cara Menghilangkan Noda Hitam Di Wajah Secara Alami, Hasilnya Lihat Sendiri Deh . . . .

Jika sudah demikian, maka kerusakan yang terjadi, yang justru akan menimbulkan gejala, ini menCavanerskan penyakit sudah memasuki stadium tersier. Ada juga kerusakan pada jantung, hati, pembuluh darah, tulang, dan juga syaraf. Ada juga terjadi destruksi jaringan lunak yang terjadi di beberapa bagian tubuh, disebut dalam istilah medis adalah Gumma.  

Penyakit yang satu ini, lebih menyerap pada sistem saraf yang disebut dengan neurosifilis. Hasilnya adanya gangguan pada daya ingat, tangan dan kaki terasa lemas, kesemutan, konsentrasi terganggu, kejang, sakit kepala, bahkan juga gangguan pada penglihatan.

Advertisements

Penyakit sipilis ini juga dapat ditularkan dari ibu yang mempunyai penyakit tersebut, dan pada bayi yang dilahirkannya. Hasilnya bayi tersebut akan mempunyai gejala penyakit sipilis kongenital. Dimana bayi akan mempunyai berat badan rendah, adanya kelainan anatomi hidung, adanya kemerahan pada bagian anus / mulut, adanya kelainan pada bentuk gigi, hingga adanya gangguan pada penglihatan.

Dari beberapa ciri-ciri penyakit sipilis secara tidak langsung disebutkan bahwa penyakit ini dapat diatasi secara segera, jika pasien, sudah mengenal sejak dini penyakit tersebut.

Reviews

Related Articles