fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Kenali Ciri-Ciri Kulit Tidak Cocok Memakai Skincare, Salah satunya Kulit bisa menjadi lebih gelap lho!

Kenali Ciri-Ciri Kulit Tidak Cocok Memakai Skincare, Salah satunya Kulit bisa menjadi lebih gelap lho!
Kenali Ciri-Ciri Kulit Tidak Cocok Memakai Skincare, Salah satunya Kulit bisa menjadi lebih gelap lho! 3

Kulit tidak cocok dengan skincare mungkin saja terjadi pada beberapa orang. Meski penggunaan produk perawatan kulit bertujuan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit, beberapa orang bisa jadi mengalami sejumlah efek negatif. Yang harus di perhatikan adalah hentikan penggunaannya dan beralih pada produk perawatan kulit yang lebih ramah di kulit.


Berikut beberapa ciri kulit tidak cocok dengan skincare adalah sebagai berikut

1. Kulit Terasa Terbakar atau Panas

Salah satu ciri-ciri tidak cocok dengan cream wajah adalah kulit terasa panas terbakar atau menyengat. Seharusnya, cream wajah dan produk skincare apa pun tidak menyebabkan sensasi rasa panas terbakar menyengat, atau dikenal pula dengan kondisi dermatitis kontak. Dermatitis kontak adalah iritasi kulit yang muncul akibat paparan zat alergen, termasuk bahan kimia atau alami tertentu, yang terdapat dalam cream wajah atau produk skincare.


Efek tersebut merupakan mekanisme pertahanan kulit Anda untuk melindungi diri dari bahan yang tak sesuai atau tidak cocok dengan kulit. Misalnya, pewangi, pengawet, atau kandungan zat tambahan lainnya. Sensasi panas terbakar atau menyengat biasanya akan bertahan pada kulit selama sekitar 1 menit. Jika sensasi ini terus muncul setiap kali habis menggunakan krim wajah atau produk skincare tertentu dan bertahan hingga berhari-hari, sebaiknya hentikan pemakaiannya.


Itu artinya, Anda mengalami ciri-ciri tidak cocok memakai cream pemutih wajah atau Anda memang memiliki tipe kulit sensitif.

Kenali Ciri-Ciri Kulit Tidak Cocok Memakai Skincare, Salah satunya Kulit bisa menjadi lebih gelap lho!
Kenali Ciri-Ciri Kulit Tidak Cocok Memakai Skincare, Salah satunya Kulit bisa menjadi lebih gelap lho! 4

2. Kulit Terasa Kering dan Mengelupas

Kulit kering dan mengelupas saat menggunakan cream wajah merupakan hal yang wajar terjadi. Biasanya, cream wajah atau produk perawatan kulit yang dapat menimbulkan efek samping satu ini adalah mengandung retinoid atau benzoil peroksida.


Retinoid bekerja lebih cepat dalam mengelupas sel-sel kulit mati secara ringan, mengatur pematangan sel kulit, dan menimbulkan iritasi ringan pada kulit yang mendorong pertumbuhan kolagen baru. Dengan demikian, masalah tampilan garis-garis halus dan warna kulit tidak merata dapat tertangani.

See also  Penyakit Stroke Hemoragik - Tanda, Analisis dan Penyembuhanya


Namun, jika kulit Anda mengalami iritasi berlebihan hingga terus-menerus mengelupas, maka ini bisa menjadi ciri-ciri kulit tidak cocok menggunakan krim.
Terlebih, jika kulit menjadi memerah dan terasa sensitif. Peradangan kulit kronis ini dapat membuat kulit stres dan mempercepat penuaan kulit.

Advertisements

Sebagai solusinya, Anda bisa mengurangi penggunaan retinoid menjadi 1-2 kali seminggu dan lapisi dengan penggunaan pelembap lembut. Jika kulit wajah kering dan mengelupas secara berlebihan, sebaiknya pertimbangkan untuk menghentikan penggunaan cream wajah atau skincare tersebut.

3. Kulit Terasa Gatal

Kulit terasa gatal-gatal setelah menggunakan cream wajah atau produk skincare tentu bukan reaksi yang wajar terjadi. Sebab, kondisi ini mungkin saja merupakan ciri-ciri tidak cocok dengan cream wajah.Kulit terasa gatal dapat terjadi akibat reaksi pelepasan histamin setelah menggunakan cream wajah dan skincare yang kurang tepat.


Sebagian besar ciri-ciri kulit tidak cocok menggunakan krim atau produk skincare disebabkan oleh kandungan zat aktifnya yang tidak cocok di kulit. Selain itu, penggunaan cream wajah atau produk skincare yang sudah kedaluwarsa, atau cara menyimpan skincare yang tidak tepat dapat mengubah keefektifan sejumlah kandungan zat aktif yang terdapat di dalamnya. Hasilnya, kulit menjadi memerah, iritasi, gatal-gatal, bahkan berjerawat.

4. Kulit Iritasi dan Memerah

Kulit memerah dan iritasi juga bisa jadi ciri-ciri tidak cocok dengan cream wajah dan skincare. Reaksi ini mungkin dapat muncul akibat penggunaan cream pemutih atau produk skincare mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida untuk pengobatan jerawat.


Jika kulit wajah Anda memerah, iritasi, kering, menjadi sensitif, bahkan memperburuk kondisi jerawat yang dialami, sebaiknya hentikan penggunaan cream wajah atau skincare untuk jerawat ini dan segera temui dokter spesialis kulit.

5. Kulit Jadi Lebih Berminyak

Jika kulit Anda lebih berminyak dari biasanya, ini juga bisa jadi ciri-ciri tidak cocok dengan cream pemutih wajah. Pada dasarnya, kulit bekerja sebagai penghalang untuk mencegah kotoran dan radikal bebas. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan minyak alami dan kelembapan kulit.

See also  Tips Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Dengan Bahan Alami


Namun, bila kulit wajah Anda justru jadi lebih berminyak dari biasanya, kemungkinan penggunaan cream wajah atau skincare yang baru digunakan mengandung zat-zat keras atau tidak cukup melembapkan kulit. Akibatnya, kulit Anda akan menghasilkan lebih banyak minyak untuk menggantikan minyak alami yang hilang.

6. Kulit Menjadi Kusam

Pakai skincare malah kusam? Bisa jadi kandungan bahan aktif yang terdapat pada produk skincare yang Anda gunakan selama ini, tidak cocok dengan masalah kulit yang tengah dialami.


Misalnya, Anda menggunakan produk skincare mengandung vitamin C yang tidak cocok di kulit. Alih-alih membuat kulit tampak cerah, kulit wajah yang tidak cocok dengan kandungan vitamin C tersebut bisa membuatnya tampak kusam.
Terlebih jika Anda memiliki kulit yang sensitif, kulit Anda menjadi terasa tidak nyaman, bahkan iritasi.

7. Muncul Ruam Di Kulit

Muncul ruam di kulit menjadi ciri-ciri tidak cocok dengan cream wajah yang baru digunakan. Apalagi bila ruam kulit tetap muncul setelah Anda berkali-kali menggunakan produk tersebut. Kondisi ini biasanya muncul akibat paparan zat pengawet, pengharum, dan zat kimia lainnya yang mengiritasi kulit.


Maka dari itu, sebaiknya selalu lakukan tes dulu sedikit cream wajah atau skincare baru pada area kulit Anda, seperti kulit punggung tangan atau belakang telinga, sebelum mengoleskannya pada seluruh permukaan wajah.
Jika muncul ruam dan reaksi lainnya pada area kulit yang dites, dapat disimpulkan bahwa cream wajah atau produk skincare ini tidak cocok untuk Anda.

8. Kulit Menjadi Gelap

Meski jarang terjadi, muncul bintik-bintik atau noda cokelat di wajah serta area kulit yang menggelap atau kusam bisa jadi dialami bagi Anda yang menggunakan produk skincare atau cream pemutih wajah tertentu. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya segera hentikan penggunaannya lalu konsultasikan ke dokter spesialis kulit.

See also  Cara Alami Mengobati Sipilis Dengan Cepat


Ingat, jangan coba-coba untuk menyembuhkannya menggunakan cream wajah atau produk skincare yang mengandung zat pencerah kulit sembarangan lainnya. Sebab, hal ini dapat memperburuk kondisi kulit Anda.

Berikut Cara Mengatasi Salah Memakai Skincare

Alih-alih memperbaiki masalah kulit yang muncul, pemakaian skincare dengan kandungan yang tidak cocok pada kulit, justru dapat menyebabkan peradangan.

Jika tak segera diatasi, peradangan tersebut dapat berubah menjadi iritasi hingga memunculkan masalah lain yang cukup serius. Untuk mengatasi peradangan kulit akibat salah menggunakan skincare, Cavaners bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

Kompres Dengan Air Es

Salah satu tanda yang biasanya muncul ketika Cavaners mulai mengalami peradangan adalah adanya rasa gatal dan ruam kemerahan pada kulit. Nah, saat ini terjadi, sebaiknya Cavaners segera mengompres area kulit yang meradang dengan air dingin atau es batu.


Selain memberi sensasi sejuk, air dingin atau es batu diyakini membantu menenangkan kulit yang meradang. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu membasahi kain atau handuk bersih dengan air dingin, lalu kompres ke area kulit yang meradang selama 5-10 menit.

Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan yang dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati berbagai jenis luka, termasuk luka akibat peradangan. Kandungan vitamin C, A, dan E di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas dan menenangkan kulit iritasi.


Cara penggunaannya, ambil sebatang lidah buaya dan belah menjadi dua. Kemudian, cuci bersih dan ambil gel yang terdapat di dalamnya, lalu tempelkan pada bagian kulit yang meradang. Jika tak ingin repot, Cavaners juga bisa memanfaatkan aloe vera gel yang sudah banyak dijual di pasaran.

Reviews

Related Articles