Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

CEK MASA SUBUR WANITA, CARA CEPAT UNTUK HAMIL

CEK MASA SUBUR WANITA, CARA CEPAT UNTUK HAMIL
CEK MASA SUBUR WANITA, CARA CEPAT UNTUK HAMIL 5

CEK MASA SUBUR WANITA – Sebagian besar pasangan suami istri memiliki anak tanpa kesulitan atau masalah dan tidak perlu menunggu lama. Namun, satu dari enam atau tujuh pasangan ini akan mengalami masalah dan secara medis disebut subfertilitas.

Advertisements

PENGERTIAN MASA SUBUR

Definisi ini berarti kesulitan untuk hamil meskipun telah melakukan hubungan seks tanpa kondom secara teratur selama dua tahun. Namun pengobatan biasanya akan diberikan setelah satu tahun menikah. Ini belum termasuk pasangan yang memiliki masalah organ seksual yang tidak berfungsi karena tidak mampu menghasilkan atau mempertahankan ereksi atau ejakulasi.

MENGAPA TIDAK SUBUR?

Salah satu penyebab utama ketidaksuburan adalah karena pasangan baru mulai berencana untuk menambah jumlah anggota keluarga di usia yang lebih tua. Ini adalah faktor utama bagi wanita, di mana tingkat kesuburan menurun seiring bertambahnya usia. Untuk wanita antara usia 35 dan 39, kemungkinan hamil akan berkurang setengahnya dari wanita antara usia 19 dan 26.

Salah satu periode yang paling dicari oleh pasangan yang ingin hamil adalah masa subur wanita. Ini juga merupakan ‘tanda peringatan’ bagi pasangan yang mencoba menunda kehamilan secara alami. Terkadang kita tidak tahu apakah kita sedang dalam masa subur atau tidak.

Terutama bagi wanita yang tidak memiliki siklus menstruasi yang teratur baik karena stres, ketidakseimbangan hormon, atau yang sedang menyusui setelah melahirkan.

Advertisements

MENGAPA PENTING UNTUK MENGETAHUI TANDA KESUBURAN WANITA?

CEK MASA SUBUR WANITA, CARA CEPAT UNTUK HAMIL
CEK MASA SUBUR WANITA, CARA CEPAT UNTUK HAMIL 6

Masa subur atau masa ovulasi adalah proses pelepasan sel telur (ovum) dari folikel yang matang ke dalam tuba falopi untuk pembuahan.

Dibandingkan dengan sperma yang bisa bertahan selama 7 hari di dalam vagina, sel telur Anda hanya bisa bertahan maksimal 24 jam setelah dikeluarkan.
Biasanya juga diikuti dengan beberapa tanda yang bisa dirasakan secara fisik.

See also  Apa itu Asam Urat, Gejala,Penyebab dan Diagnosisnya. Bahas Detail Disini

Anda dan pasangan dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual pada saat ini atau lebih awal agar sel telur (ovum) dan sperma dapat bertemu selama waktu tersebut.

8 TANDA KESUBURAN WANITA YANG DAPAT DIIDENTIFIKASI

Di antara tanda-tanda infertilitas wanita yang dapat diidentifikasi adalah sebagai berikut:

CEK MASA SUBUR WANITA, CARA CEPAT UNTUK HAMIL
CEK MASA SUBUR WANITA, CARA CEPAT UNTUK HAMIL 7

Suhu Tubuh Meningkat

Proses ovulasi dapat meningkatkan suhu basal tubuh Anda. Jadi, Anda perlu mengetahui suhu tubuh Anda pada hari-hari biasa agar dapat membandingkannya pada hari-hari subur. Gunakan grafik untuk mencatat suhu tubuh Anda setiap hari. Contoh grafik ‘dapat dicetak’ gratis dapat ditemukan di sini. Karena perbedaannya tidak terlalu banyak, pastikan Anda menggunakan termometer basal yang akurat & stabil untuk pembacaannya. Setelah 2-3 hari tubuh Anda mengalami proses ovulasi, hormon akan meningkatkan suhu tubuh sekitar 0,1-0,3 derajat Celcius.

Advertisements

Keputihan

Tanda-tanda kemandulan pada wanita juga bisa terlihat ketika terdapat keputihan berupa lendir pada leher rahim (serviks). Tekstur dan warna keputihan yang muncul sebagai tanda kesuburan wanita berbeda dengan keputihan yang terjadi pada hari-hari biasa. Ini karena, saat ovulasi, lendir akan menjadi lebih cair dan terlihat cukup jernih.

Merasa Lebih Bergairah

Salah satu tanda ketidaksuburan wanita juga bisa dirasakan melalui peningkatan libido atau ‘libido’. Secara alami, Anda juga akan merasa lebih menarik dan terlihat lebih menarik di mata pasangan.

Kram Perut

Nyeri seperti kram atau ‘kram’ di perut tidak hanya terjadi saat menstruasi. Jika terjadi di luar menstruasi, maka itu juga merupakan salah satu tanda ketidaksuburan wanita. Beberapa wanita mengakui bahwa mereka juga merasakan kram di salah satu punggung saat ovulasi.

Posisi Serviks Tinggi Dan Lembut

Tanda-tanda kesuburan wanita atau waktu ovulasi dapat diketahui dengan mengamati perubahan pada leher rahim. Pada masa infertil, serviks tertutup, kering, terasa agak kasar, dan berada pada posisi rendah (easy to feel). Saat ovulasi mendekat, serviks akan terasa lunak, sedikit terbuka, lembab dan dalam posisi terangkat (sulit dijangkau). Waktu terbaik untuk memeriksa leher rahim ini adalah pada malam hari. Pastikan tangan Anda bersih sebelum memeriksa leher rahim. Satu hal lagi, jangan terpaku pada pemeriksaan leher rahim setelah melakukan hubungan seksual. Ini karena, rahim Anda tidak dalam keadaan normal saat berhubungan.

See also  Penyebab Nyeri Payudara¬†, Ini Penjelasanya

Payudara Terasa Nyeri Dan Bengkak

Karena peningkatan hormon, payudara Anda akan terasa sedikit bengkak dan nyeri saat ovulasi. Ada wanita yang tidak hanya merasakan pembengkakan di payudara, tapi juga di bagian tubuh lainnya.

Advertisements

Sensitif Terhadap Bau

Selain tanda-tanda di atas, ada juga wanita yang mengaku biasanya bisa mencium dan merasakan makanan lebih enak saat masa subur. Karena itu, Anda mungkin akan menjadi lebih selera selama proses ovulasi.

Muncul Gumpalan darah Kecil

Tidak seperti menstruasi, munculnya gumpalan darah kecil ini karena penurunan estrogen secara tiba-tiba sebelum ovulasi. Oleh karena itu, kadar progesteron juga akan menurun dan akan terjadi ruptur endometrium secara tiba-tiba yang menyebabkan terjadinya penggumpalan darah.

TANDA KESUBURAN WANITA MEMBANTU MERENCANAKAN KEHAMILAN ANDA LEBIH AKURAT

CEK MASA SUBUR WANITA, CARA CEPAT UNTUK HAMIL
CEK MASA SUBUR WANITA, CARA CEPAT UNTUK HAMIL 8

Mengetahui beberapa tanda di atas, semoga bisa membantu para orang tua yang sedang dalam proses berusaha mendapatkan cahaya mata. Selain itu, kemungkinan ovulasi sangat rendah dalam 6 minggu pertama setelah melahirkan. Namun, hal itu tetap bisa terjadi tergantung kesiapan tubuh Anda.

Advertisements

Nah, 8 tanda ini juga bisa menjadi indikasi bagi orang tua yang sedang berusaha menunda kehamilan secara alami, terutama ibu yang sedang menyusui dan belum teratur haidnya.

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles