fbpx
Sunday, June 26, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Jenis – Jenis Diet Dan Cara Menurunkan Berat Badan Yang Tepat

Jenis – Jenis Diet Dan Cara Menurunkan Berat Badan Yang Tepat
Jenis - Jenis Diet Dan Cara Menurunkan Berat Badan Yang Tepat 7

Diet adalah pola makan yang mengatur cara makan. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh. Selain itu, diet juga bertujuan untuk mencapai atau mempertahankan berat badan yang terkontrol.

Advertisements

Meskipun demikian, tidak semua diet dirancang untuk menurunkan berat badan, beberapa orang melakukan diet berdasarkan saran dokter karena mereka memiliki kondisi medis tertentu yang memaksa mereka untuk mengatur semua nutrisi yang masuk ke dalam tubuh mereka. Oleh karena itu, diet dan nutrisi merupakan satu kesatuan yang dibutuhkan tubuh dalam hubungan yang seimbang.

Jenis Jenis Diet

Ada banyak sekali jenis jenis program diet yang di percaya sangat effektif untuk menurunkan berat badan, namun disini kita hanya akan membahas 9 jenis jenis diet yang bisa Cavaners coba di rumah untuk program diet cavaners

Diet atkins

Diet Atkins ialah tipe diet yang dipercaya sanggup turunkan berat badan. Diet ini dijalankan dengan mengatur konsumsi zat tertentu yang dapat mengakibatkan peningkatan berat tubuh.

Diet Atkins dikenalkan di tahun 1972 dengan seorang pakar jantung namanya Robert Atkins. Diet ini mencoba mengatur konsumsi karbohidrat dan sebagai gantinya makan lebih banyak protein tanpa lemak, lemak sehat, dan sayur memiliki serat tinggi.

Advertisements

Tetapi, efektifitas diet Atkins untuk turunkan dan menjaga berat tubuh belum didukung oleh riset yang memberikan keyakinan.

Manfaat Diet Atkins

Untuk energi, badan membakar lemak dan karbohidrat. Diet Atkins mengasumsikan jika kurangi karbohidrat membuat pembakaran lemak lebih efisien. Lantaran tubuh setelah itu memprioritaskan pembakaran lemak untuk sumber energi. Ini bisa menggerakkan pengurangan berat tubuh.

Disamping menurunkan berat tubuh, diet Atkins disebutkan bisa tingkatkan kandungan cholesterol dan gula darah. Satu study memperlihatkan jika diet Atkins bisa tingkatkan kandungan trigliserida darah, walau tidak dikenali berapakah lama dampak ini berjalan.

Diet ini disebutkan bisa menolong menahan diabetes, tekanan darah tinggi, sindrom metabolik, dan penyakit jantung dan pembuluh darah. Tetapi, beragam manfaat diet Atkins masih memerlukan lebih banyak bukti dan riset.

Resiko Diet Atkins

Selainnya manfaat yang dapat dicapai, ada banyak resiko diet Atkins yang perlu diperhatikan, diantaranya:

Advertisements
  1. Pengurangan konsumsi karbohidrat
    Pengurangan peresapan karbohidrat pada tubuh bisa mengakibatkan pusing, sakit di kepala, kelelahan, lemas, mual, diare atau kesusahan bab.
  2. Ketosis
    Ada pula resiko yang dipandang beresiko pada tahapan awal diet Atkins karena minimnya konsumsi gula atau karbohidrat untuk energi, yakni ketosis. Ketosis ialah langkah tubuh mencerna lemak yang diletakkan dan hasilkan keton sebagai kotoran.

Gejala-gejala yang dilaporkan karena keton menumpuk di dalam tubuh ialah mual, sakit di kepala, bau mulut dan peralihan psikis.

  1. Ketoasidosis
    Ketosis periode panjang bisa memacu keadaan yang lebih serius yang disebutkan ketoasidosis. Keadaan ini terjadi saat keton menimbun pada darah dan jadi toksin.

Ketoasidosis bisa mengakibatkan koma dan kematian. Resiko ketoasidosis bertambah pada pasien diabetes dan makan terlalu berlebih.

babak diet Atkins

Ada 4 sesi yang perlu diikuti saat seorang jalani diet Atkins, yakni:

  1. Sesi pertama
    Awasi konsumsi karbohidrat cuma 20 gr setiap hari sepanjang dua minggu. Dianjurkan untuk konsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi protein, dan sayur rendah karbohidrat seperti sayur hijau. Pada tahapan berikut berat tubuh umumnya mulai menyusut.
  2. Sesi ke-2
    Mulai dengan menambah beberapa karbohidrat sehat, khususnya dari sayur, buah-buahan, kacang-kacangan, kentang, beberapa bijian, dan beras merah. Babak ini harus diteruskan sampai 4,5 kg tersisa berat tubuh yang diharapkan terwujud.
  3. Sesi ke-3
    Bisa menambah 10 gr karbohidrat dari sayur bertepung (pati), buah-buahan dan beberapa bijian. Dilakukan sampai sebulan sesudah capai berat yang diharapkan.
  4. Sesi ke-4
    Sesudah berat tubuh yang diharapkan terwujud, lakukan babak ini seumur hidup. Sepanjang babak ini, Cavaners dapat makan karbohidrat sehat sekitar yang dapat diatasi badan Cavaners tanpa menambah berat tubuh.

Walau diet Atkins dipercaya berguna, tetapi tidak berarti diet ini dapat dijalankan oleh seluruh orang.

Advertisements

Cavaners yang memakai insulin atau obat diabetes dan diuretik dianjurkan agar semakin waspada saat ikuti diet Atkins. Sedangkan, pasien penyakit ginjal, ibu hamil dan ibu menyusui tidak disarankan jalani diet Atkins.

Selalu konsultasi dengan pakar nutrisi saat sebelum mengawali diet Atkins atau diet pengurangan berat tubuh apa saja.

Sumber :

  • menu diet atkins
  • diet atkins pdf
  • menu diet atkins untuk seminggu
  • fase diet atkins
  • jurnal diet atkins
  • diet keto
  • diet mediterania
  • diet mayo

Diet zona

Apakah itu The Zona Diet?

Jenis - Jenis Diet Dan Cara Menurunkan Berat Badan Yang Tepat
Jenis - Jenis Diet Dan Cara Menurunkan Berat Badan Yang Tepat 8

The Zona diet atau diet zona ialah istilah yang ditenarkan oleh Dr. Barry Sears. Sistem ini mewajibkan Anda untuk makan dengan rasio 40 % karbohidrat, 30 % protein dan 30 % lemak.

Advertisements

Disamping itu, langkah ini di-claim bisa kurangi pembengkakan di badan. Inflamasi atau infeksi berperanan dalam beberapa situasi serta penyakit, dimulai dari permasalahan pencernaan, diabetes type 2, kanker tertentu, dan penyakit yang lain. Diet zona mempunyai aturan-aturan dasar, misalnya: Konsumsi cemilan 1 jam sesudah bangun tidur pada pagi hari.

Memulai makanan dengan makanan yang memiliki kandungan protein rendah lemak. Selanjutnya diikuti dengan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan lemak sehat. Makan dalam jatah kecil dan sering pada siang hari, tiap 4-6 jam sesudah makan atau 2-2,5 jam sesudah cemilan, baik lapar atau mungkin tidak. Konsumsi banyak omega-3 dan makanan yang memiliki kandungan polifenol. Minum minimal 8 gelas air satu hari.

Langkah Lakukan The Zona Diet

Zona diet tidak mempunyai fase khusus dan direncanakan untuk dilaksanakan seumur hidup. Dua langkah untuk lakukan diet ini ialah hand-eye metode atau Zona food blocks. Hand-Eye Metode Ini ialah sistem paling mudah untuk mengawali diet zona. Sama dengan namanya, tangan dan mata ialah alat yang dipakai untuk lakukan sistem ini. Tangan dipakai untuk tentukan jatah, lima jemari mengingati Anda untuk makan 5 kali satu hari dan tak pernah pergi tanpa makanan sepanjang lima jam. Sementara mata dipakai untuk memprediksi jatah dalam piring.

Anda harus membagikan sesuai ketentuan Zona diet, yakni: Sepertiga piring harus memiliki kandungan sumber protein tanpa lemak, kurang lebih seukuran dan setebal telapak tangan. Dua pertiga piring harus berisi karbohidrat dengan index glikemik rendah. Tambah sedikit lemak tidak jemu tunggal ke piring, seperti minyak zaitun, alpukat, atau almond. Sistem ini direncanakan jadi langkah simpel untuk seorang pemula untuk ikuti diet Zona.

Langkah ini bisa juga Anda pakai saat makan di luar rumah. Zona Food Blok Metode Sistem ini memungkinkannya Anda untuk mempersonalisasi Zona diet ke badan dengan hitung berapa gr protein, karbohidrat, dan lemak yang bisa Anda punyai setiap hari.

See also  Manfaat Bunga Mawar Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Di Jadikan Toner Wajah Alami

Lelaki umumnya makan 14 Zona blok setiap hari, dan wanita umumnya makan 11 Zona blok setiap hari. Makanan khusus seperti makan pagi, makan siang, atau makan malam berisi tiga sampai lima Zona blok, dan cemilan selalu berisi satu Zona blok. Tiap Zona blok dibuat dari block protein, block lemak, dan block karbohidrat. Block protein, memiliki kandungan 7 gr protein. Block karbohidrat, berisi 9 gr karbohidrat. Block lemak, memiliki kandungan 1,5 gr lemak.

Makanan yang Dapat Anda Makan saat Lakukan The Zona Diet

Beberapa pilihan makanan yang dapat Anda konsumsi saat jalani diet ini, salah satunya: Protein Opsi protein yang bagus saat lakukan diet mencakup: Daging sapi tanpa lemak, babi, domba, dan hewan buruan. Dada ayam dan kalkun tanpa kulit. Ikan dan kerang. Protein vegetarian, tahu dan produk kedelai yang lain. Putih telur.

Advertisements

Keju rendah lemak. Susu dan yoghurt rendah lemak. Lemak The Zona diet menyarankan untuk pilih tipe lemak tidak jemu tunggal. Opsi yang bagus mencakup: Alpukat. Kacang-kacangan, seperti macadamia, kacang tanah, kacang mete, almond atau pistachio. Selai kacang. Tahini. Minyak canola, minyak wijen, minyak kacang, dan minyak zaitun. Karbohidrat Diet zona menggerakkan Anda untuk pilih sayur dengan index glikemik rendah dan sedikit buah.

Opsi yang bagus mencakup: Buah berikan, apel, jeruk, dan plum. Sayur seperti ketimun, paprika, bayam, tomat, jamur, labu kuning, sampai buncis. Beberapa bijian, seperti oatmeal dan barley. Pada akhirannya, the Zona diet menjadi bagus bila Anda inginkan diet yang mempunyai opsi makanan yang serupa dengan diet Mediterania.

Walau teori dibalik diet bisa dihubungkan dengan hasil kesehatan yang lebih bagus, tidak ada cukup bukti untuk menjelaskan jika diet akan kurangi resiko penyakit akut, perlambat penuaan, tingkatkan performa fisik, atau menolong Anda berpikiran bisa lebih cepat. Bila Anda ingin coba membuat rutinitas makan yang sehat, Zona diet bisa menolong Anda mengawali dan latih kontrol pada jatah makanan.

Sumber :

  • diet ketogenik adalah
  • diet seimbang adalah
  • artikel tentang diet keto
  • kelebihan dan kekurangan diet ketogenik
  • cara memulai diet keto
  • diet keto untuk obesitas
  • apakah diet keto aman
  • suplemen diet keto

Diet ketogenis

Jenis - Jenis Diet Dan Cara Menurunkan Berat Badan Yang Tepat
Jenis - Jenis Diet Dan Cara Menurunkan Berat Badan Yang Tepat 9

Apakah itu diet ketogenik?

Diet ketogenik ialah langkah batasi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kurang dari 50 gr setiap hari dan tingkatkan konsumsi lemak serta protein. Pengurangan karbohidrat pada makanan menyebabkan badan alami keadaan yang disebutkan ketosis. Saat keadaan itu terjadi, secara efektif badan kita akan membakar lemak jadi energi. Diet keto bisa mengakibatkan pengurangan kandungan gula darah dan kandungan insulin dan mempunyai keuntungan yang lain yakni:

  • Diet keto bisa turunkan berat tubuh Sebuah study mengatakan jika orang yang menalani diet keto kehilangan 2x lipat berat tubuhnya dan kandungan trigliserida dan kolestrol alami pembaruan.
  • Menolong membenahi sensitivitas insulin
  • Kurangi peristiwa kejang pada pasien epilepsi
  • Kurangi munculnya jerawat
  • Turunkan factor resiko penyakit jantung seperti kandungan cholesterol, tekanan darah, dan gula darah
  • Kurangi dan perlambat progresivitas penyakit Alzheimer

Makanan yang terhitung pada diet ketogenik, diantaranya:

  • Daging : daging merah, sosis, bacon, ayam
  • Ikan : salmon, tuna, makarel
  • Telur : yang memiliki kandungan omega 3
  • Keju : cheddar, mozarella
  • Kacang – kacangan dan beberapa bijian: almond, walnut, chia seeds
  • Minyak : minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat
  • Sayur rendah kalori : semua sayur hijau, tomat, bawang
  • Makanan yang tinggi karbohidrat dan harus terbatasi dalam diet ketogenik:
  • Makanan manis: soda, juice buah, smoothies, kue, es cream, permen
  • Gandum : nasi, pasta, sereal
  • Buah : smua buah terkecuali yang terhitung buah berikan misalnya strawberi
  • Kacang-kacangan : kacang merah, kacang polong


Walau diet ketogenik cukuplah aman tetapi tidak seluruhnya orang bisa jalani diet itu. Ada banyak efek saat badan usaha menyesuaikan dengan opsi makanan yang rendah karbohidrat seperti lemas, masalah tidur, mual, merasa tidak nyaman di perut, dan pengurangan kegiatan. Tidak boleh sangsi konsultasi ke dokter berkenaan permasalahan kesehatan Anda.

Advertisements

Sumber :

menu diet keto murah
diet keto untuk pemula
pantangan diet keto
menu diet keto seminggu
diet keto untuk obesitas
cara diet keto
menu diet ketogenik epilepsi
korban diet keto

Diet vegan

Jenis - Jenis Diet Dan Cara Menurunkan Berat Badan Yang Tepat
Jenis - Jenis Diet Dan Cara Menurunkan Berat Badan Yang Tepat 10

Apakah itu diet vegan?

Vegan ialah tipe vegetarian yang paling ketat masalah ketentuan makannya, yaitu tidak membolehkan untuk konsumsi makanan dari produk hewani sama sekali, bahkan juga madu.

Perlu Anda kenali, skema makan vegetarian terbagi dalam beragam tipe. Ada tipe vegetarian yang membolehkan konsumsi produk hewani seperti susu dan telur, ada pula tipe vegetarian yang pegiatnya masih makan daging ikan atau hewan laut yang lain.

Untuk tipe diet vegetarian yang ini, seluruh yang masuk ke badan sebaiknya makanan yang dari beberapa tumbuhan seperti sayur, buah-buahan, atau beberapa bijian.

Jika badan memerlukan zat nutrisi yang perlu seperti lemak, Anda harus tetap mengakalinya dengan konsumsi tumbuhan yang memiliki kandungan zat nutrisi itu.

Vegan ialah tipe vegetarian yang paling ketat masalah ketentuan makannya, yaitu tidak membolehkan untuk konsumsi makanan dari produk hewani sekalipun, bahkan juga madu.

Advertisements

Perlu Anda kenali, skema makan vegetarian terbagi dalam beragam tipe. Ada tipe vegetarian yang membolehkan konsumsi produk hewani seperti susu dan telur, ada pula tipe vegetarian yang pegiatnya masih makan daging ikan atau hewan laut yang lain.

Untuk tipe diet vegetarian yang ini, semuanya yang masuk ke badan sebaiknya makanan yang dari beberapa tumbuhan seperti sayur, buah-buahan, atau beberapa bijian.

Jika badan memerlukan zat nutrisi yang perlu seperti lemak, Anda harus tetap mengakalinya dengan konsumsi tumbuhan yang memiliki kandungan zat nutrisi itu.

Panduan diet vegan untuk yang baru memulai

Tidak seperti bayangan orang secara umum, diet vegan sebetulnya dapat ditempuh tanpa harus terasa menderita karena tidak dapat konsumsi produk pangan hewani. Lantas apa tips diet vegan buat orang yang baru ingin mulai jalaninya?

Advertisements
  1. Tidak boleh menahan-nahan

Menurut dr. Michael Klapper, seorang dokter sekaligus ahli diet nabati, tidak boleh menahan-nahan untuk memulai diet vegan.

Sebagian orang masih sangsi dan belum optimis, hingga cuma berwacana terus untuk mengawali diet ini. Walau sebenarnya, makin tunda tidak membuat Anda makin oke untuk mengawali.

Karenanya, lebih bagus Anda kerjakan langsung diet ini dengan melawan diri kita dengan bertahap. Misalkan awali dengan sehari saja, selanjutnya 3 hari, 1 minggu, sampai sebulan.

See also  Tips Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Semakin lama, badan akan beradaptasi dengan peralihan skema makan ini dan Anda menjadi vegan seutuhnya.

  1. Buat gagasan makan (meal plan)

Sesudah Anda menggenapkan kemauan untuk melakukan diet vegan, cara selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu membuat gagasan makan (meal rencana).

Advertisements

Hal itu mempunyai tujuan untuk menghindar Anda dari konsumsi makanan non-vegan secara tidak sadar atau dengan sadar.

Anda dapat atur menu makan dimulai dari sarapan pagi, cemilan, makan malam, sampai dessert untuk vegan. Upayakan tidak untuk konsumsi makanan yang tidak ada pada menu yang sudah Anda rancang.

Anda memang seharusnya disiplin, tetapi nanti Anda akan makin gampang jalani skema makan ini.

  1. Awali dengan makanan yang simpel

Anda kemungkinan kerap menyaksikan resep vegan yang menarik di internet. Tetapi, ini bisa saja bumerang, apa lagi jika Anda tidak pintar masak. Anda malah akan kerepotan karena harus ribet masak dan memburu beberapa bahan vegan tertentu.

Walau sebenarnya, vegan itu tidak sesibuk itu. Mulai diet vegan dengan makanan yang simpel, gampang diproses, dan gampang didapat. Misalkan makan pagi dengan roti selai kacang dan susu kedelai. Untuk cemilan vegetarian, persiapkan buah fresh atau juice.

Advertisements

Anda dapat makan siang dengan gado-gado tanpa telur. Jika ingin ngemil kembali, Anda dapat coba kacang-kacangan atau tahu isi sayur. Dan untuk makan malam Anda dapat melahap oseng sayur dan jamur dengan nasi merah.

Janganlah lupa untuk pastikan menu makan Anda bukan hanya nikmat, tetapi juga kaya karbohidrat, protein, dan serat untuk mendukung kegiatan Anda.

  1. Tambah jatah jika masih lapar

Saat mulai peralihan ke skema makan vegan, Anda kemungkinan jadi cepat lapar. Ini normal karena walau makanan nabati kaya beragam gizi, kandungan kalorinya masih tetap lebih rendah dibanding produk pangan hewani.

Jalan keluarnya, Anda dapat menambah jatah setiap makan atau membagikan waktu makan jadi lebih kerap. Misalkan, bila umumnya Anda makan 3x satu hari, gantilah jadi makan 5 kali satu hari.

Untuk ini, Anda tidak perlu cemas karena makanan nabati biasanya rendah lemak dan kalori.

SUMBER :

Advertisements
  • diet vegan untuk pemula
  • menu diet vegetarian 7 hari
  • menu diet vegan
  • menu diet vegan untuk jerawat
  • cara diet vegan 22 hari
  • manfaat diet vegan
  • diet vegan untuk eksim
  • pola makan diet vegan

Diet paleo

Jenis - Jenis Diet Dan Cara Menurunkan Berat Badan Yang Tepat
Jenis - Jenis Diet Dan Cara Menurunkan Berat Badan Yang Tepat 11

Diet paleo adalah sistem diet yang adopsi skema makan manusia jaman paleolitikum. Itulah penyebabnya, diet paleo disebutkan diet manusia gua. Lantas, kenapa skema makan manusia gua jadi contoh untuk lakukan diet? Yok, baca pembahasan selengkapnya berikut ini.

Saat sebelum mengenali langkah berkebun, beberapa manusia purba yang berada didalam gua harus cari dan kumpulkan bahan makanan untuk dapat bertahan hidup. Bahan makanan itu terbagi dalam bermacam hewan yang dicari, ikan, buah, sayur, beberapa bijian, dan kacang-kacangan yang diketemukan di alam bebas.

Nach, diet paleo mengutamakan pada opsi makanan yang natural serta organik. Diet ini batasi bahan makanan hasil berkebun dan beternak, seperti produk buatan susu, gula, kentang, garam, dan minyak sawit. Pelaku diet ini juga pantang konsumsi makanan kemasan dan kalengan.

Diet paleo dipercaya berguna dalam membenahi kesehatan, yakni menolong turunkan berat tubuh, kurangi jerawat, membenahi kualitas tidur, dan turunkan resiko berlangsungnya beragam penyakit, seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes type 2.

Tipe Makanan di Dalam Diet Paleo

Pada intinya, makanan yang disarankan untuk dimakan menurut diet paleo ialah makanan yang didapat dengan memburu, memancing, atau yang diketemukan di alam bebas.

Advertisements

Walau tidak dapat mengikuti skema makan manusia gua seutuhnya, ada versus modifikasi diet paleo yang disamakan dengan makanan kekinian. Salah satunya yang jadi dasar diet ini ialah makanan yang bebas gluten.

Pada umumnya, ada banyak barisan makanan yang penuhi persyaratan diet paleo, diantaranya:

Sayur-sayuran dan buah-buahan

Umbi-umbian, kacang-kacangan, dan beberapa bijian yang bebas dari pestisida atau fungisida
Daging rendah lemak, khususnya hewan yang dikasih pakan rumput atau cari makanan sendiri
Telur dan ikan yang kaya omega-3, seperti salmon, makarel, dan tuna
Minyak yang dari beberapa bijian dan kacang-kacangan, seperti minyak zaitun dan minyak kedelai
Dalam pada itu, makanan yang perlu dijauhi dalam diet paleo biasanya ialah makanan yang sudah lewat proses pemrosesan, misalkan:

  • Bermacam produk susu, terhitung keju, yogurt, dan mentega
  • Kacang lentil, kacang polong, dan kacang tanah
  • Produk buatan beberapa bijian, seperti oats dan barley
  • Gula dan garam
  • Makanan instant, paket, atau kalengan
  • Selainnya mengenai makanan, mereka yang lakukan diet paleo disarankan tidak untuk konsumsi minuman kecuali air putih. Tetapi, ada pula diet paleo yang memperkenankan konsumsi kopi dan teh, khususnya teh hijau organik.

Bahan pemanis, seperti madu, sirup mapel, dan agave, juga masih bisa dimakan, meskipun dengan jumlah terbatas.

Penting untuk dikenang jika untuk jaga berat tubuh masih tetap bagus, membuat badan lebih bugar dan fit, dan memiara kesehatan badan, diet paleo perlu digabungkan dengan kegiatan fisik atau olahraga dengan teratur.

Advertisements

Siapakah yang Disarankan untuk Lakukan Diet Paleo?

Diet paleo dipandang pas buat mereka yang menanggung derita diabetes. Masalahnya diet ini memprioritaskan konsumsi makanan tinggi protein, lemak baik, serat, dan rendah kalori, gula, dan garam hingga dapat menolong mengatur kandungan gula darah dan tekanan darah, terutamanya pada pasien diabetes.

Tidak itu saja, diet paleo ini pas dilaksanakan oleh mereka yang ingin turunkan berat tubuh dengan alami, relatif aman, dan sehat. Walau begitu, diet ini tidak dianjurkan untuk dilaksanakan dalam periode panjang.

Apa ada Hal-Hal yang Perlu Dicurigai pada Diet Paleo?

Sama dengan diet yang lain, diet paleo yang sudah dilakukan kelamaan atau secara ekstrim beresiko mengakibatkan badan alami kekurangan gizi (malnutrisi), misalkan kalsium, vitamin, B, dan vitamin D. Diet ini tidak dianjurkan untuk beberapa pasien penyakit tertentu, misalkan tidak berhasil ginjal.

Disamping itu, skema makan ini kemungkinan tidak pas untuk semuanya orang, karena bahan makanan natural serta organik sebagai penuh diet paleo biasanya mahal. Beberapa makanan itu kemungkinan sedikit ada di wilayah tertentu, terutamanya wilayah terasing atau perdesaan.

Maka dari itu, jika Anda ingin jalani diet paleo, sebaiknya untuk konsultasi lebih dahulu sama dokter nutrisi, supaya dokter bisa merekomendasikan opsi diet yang semakin aman dan sehabis dengan keadaan kesehatan Anda.

SUMBER :

Advertisements
See also  9 Tips Menjaga Kulit Sehat dan Glowing saat Puasa
  • diet vegan untuk pemula
  • menu diet vegetarian 7 hari
  • menu diet vegan
  • menu diet vegan untuk jerawat
  • cara diet vegan 22 hari
  • manfaat diet vegan
  • diet vegan untuk eksim
  • pola makan diet vegan


Diet makanan mentah

Jenis - Jenis Diet Dan Cara Menurunkan Berat Badan Yang Tepat
Jenis - Jenis Diet Dan Cara Menurunkan Berat Badan Yang Tepat 12

Raw food diet atau diet makanan mentah adalah tipe diet yang di-claim bisa tingkatkan kesehatan badan. Background dari diet ini ialah proses pemanasan yang dipakai saat mengolah makanan akan kurangi kandungan zat nutrisi dan beberapa enzim yang ada di pada makanan. Walau sebenarnya beberapa enzim itu baik untuk pencernaan dan menolong menantang beragam jenis penyakit khususnya yang memiliki sifat akut.

Ketentuan dalam raw food diet

Sama dengan tipe diet yang lain, pada diet makanan mentah ada banyak ketentuan yang perlu digerakkan untuk mereka yang akan ikuti diet ini.

  1. Tidak boleh konsumsi makanan yang diolah

Bila Anda jalani diet makanan mentah 100%, karena itu makanan yang diolah lebih dari temperatur 46 derajat celcius jangan Anda konsumsi karena makanan yang diolah atau diproses dengan temperatur lebih dari 46 derajat celcius akan kehilangan beberapa enzimnya sekalian membuat makanan lebih susah untuk diolah. Pemrosesan makanan dalam raw food diet umumnya memakai processor makanan (food prosesor), dehidrator, dan jus.

  1. Pakai air yang telah difilter atau didistilasi

Arah khusus dari diet makanan mentah ialah memasok zat nutrisi yang memiliki sifat menolong kerja beberapa sel pada tubuh berbentuk sealami mungkin. Karena penyuguhannya yang berbentuk mentah, karena itu kebersihan menjadi satu diantara poin utama yang perlu jadi perhatian. Pemakaian air yang tidak steril bisa tingkatkan resiko timbulnya toksin atau parasit pada makanan dan mempunyai potensi mengakibatkan penyakit. Sebagai salah satunya elemen yang berperanan dalam pemrosesan sajian pada raw food diet (sebagaimana untuk membuat smoothies dan juice) karena itu air yang telah difilter atau didistilasi sebagai opsi yang terbaik.

  1. Pakai beberapa bahan makanan organik

Karena pada diet ini pemrosesan makanan memakai panas sangat dijauhi, karena itu Anda harus pastikan bahan makanan yang dipakai bebas dari beragam tipe toksik, satu diantaranya yang dari pestisida. Pemrosesan dan pemasakan makanan memakai panas sebetulnya bisa membunuh beragam jenis toksik dan toksin yang ada pada bahan makanan, tapi bila Anda memilih untuk jalani diet makanan mentah, karena itu pilih bahan baku yang dari sananya telah ‘aman’ pasti lebih bagus.

Advertisements
  1. Konsumsi kacang-kacangan yang telah dipendam lebih dulu

Sebagai salah satunya tipe bahan makanan yang sering dipakai dalam raw food diet, pemrosesan kacang-kacangan penting diingat. Kacang seperti kacang mede, kacang almond, atau hazelnut seharusnya dipendam di air (yang sudah pasti telah difilter) lebih dulu. Perendaman ini berperan untuk hilangkan rasa pahit dan jadikan kacang lebih gampang diolah walau dimakan mentah. Proses perendaman ini bisa gantikan proses pemanggangan yang umumnya dipakai untuk memproses kacang.

  1. Jauhi tipe makanan tertentu

Beberapa macam makanan yang umumnya tidak dilibatkan pada diet makanan mentah ini ialah produk telur dan susu dan olahannya karena condong beresiko bila dimakan tanpa proses pemrosesan lebih dulu. Untuk mengakalinya, Anda dapat konsumsi susu yang dibuat dari kacang-kacangan misalkan susu kacang mede atau susu almond. Beberapa bijian umumnya dijauhi karena umumnya harus diolah lebih dulu, tipe produk beberapa bijian yang biasa dipakai dalam raw food diet ialah oat mentah atau quinoa mentah yang perlu dipendam lebih dulu saat sebelum dimakan.

Manfaat raw food diet

Ide khusus dari diet makanan mentah ialah keutamaan beberapa enzim alami yang ada pada makanan. Ada enzim alami ini membuat badan kita tak perlu menghasilkan enzim terlalu berlebih cuma untuk mengolah makanan. Diet makanan mentah memercayai jika pemrosesan makanan memakai panas bisa kurangi nilai nutrisi satu makanan karena lenyapnya mayoritas mineral dan vitamin. Makanan yang diproses condong memakan waktu semakin lama untuk diolah dan bisa menutup aliran pencernaan dan pembuluh arteri Anda dengan lemak, protein, dan karbohidrat yang diolah secara kurang prima. Disamping itu raw food diet di-claim bisa:

  • Memberi Anda energi semakin banyak.
  • Membenahi performa dan kesehatan kulit.
  • Tingkatkan efektifitas kerja mekanisme pencernaan.
  • Turunkan berat tubuh.
  • Berkurangnya resiko Anda terserang penyakit degeneratif khususnya penyakit yang terkait dengan kesehatan kardiovaskular.
  • Resiko jalani raw food diet
  • Walau di-claim bisa tingkatkan kesehatan Anda, tapi sama dengan beberapa jenis diet yang lain, diet makanan mentah bukan tanpa resiko. Banyak hal yang perlu Anda lihat bila Anda ingin jalani raw food diet ialah:

Karena tidak diolah, bahan makanan yang Anda konsumsi kemungkinan memiliki kandungan toksik dan parasit beresiko. Proses bersihkan bahan makanan yang tidak lengkap bisa tingkatkan resiko Anda alami keracunan makanan. Dan ada tipe makanan yang seharusnya tidak dikonsumsi mentah-mentah, misalkan singkong, daging, dan susu. Daging mentah yang tidak diproses secara baik bisa memiliki kandungan bakteri, parasit, dan virus yang beresiko. Susu yang tidak lewat proses pemanasan dapat memiliki kandungan Mycobacteria bovis, yang bisa mengakibatkan penyakit TB non paru.
Anda kemungkinan alami defisiensi vitamin B12. Vitamin ini berperanan dalam jaga peranan otak dan produksi sel darah merah dan sintesis DNA. Vitamin B12 cuma bisa diketemukan dalam produk hewani seperti daging, susu, dan ikan. Tipe makanan ini sebagai type makanan yang susah untuk dimakan oleh mereka yang jalankan raw food diet hingga resiko alami defisiensi vitamin B12 bertambah.

Resiko osteoporosis Anda pun kemungkinan bertambah. Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kepadatan tulang ialah konsumsi kalsium dan vitamin D yang kurang dari cukup dan berat tubuh yang kurang. Dalam raw food diet, makanan intinya ialah tipe makanan yang rendah kalori seperti sayur dan buah-buahan. Walau kalsium bisa Anda dapatkan dari sayur berdaun hijau gelap (seperti kale dan brokoli) tapi jumlah sayur yang perlu Anda konsumsi jadi lebih banyak. Berlainan dengan kalsium yang ada dalam susu misalkan. Segelas susu saja bisa menyumbangkan 300 mg kalsium. Jalankan diet yang condong rendah kalori bisa tingkatkan resiko berkurangnya kepadatan tulang Anda bisa lebih cepat hingga berbuntut pada osteoporosis.

SUMBER :

  • lebih baik sayur mentah atau matang
  • diet raw food
  • raw food menyembuhkan
  • sayuran yang bagus dimakan mentah
  • jus sayur mentah atau matang
  • pantangan diet keto
  • diet nt
  • makan bayam mentah

Diet intermiten

Diet rendah lemak

Diet mediterania

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles