fbpx
Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

8 Cara Mengobati Bisul Dengan Mudah di Rumah

8 Cara Mengobati Bisul Dengan Mudah di Rumah
8 Cara Mengobati Bisul Dengan Mudah di Rumah 3

Cara Mengobati Bisul Dengan Mudah di Rumah – Bisul adalah jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit kulit ini sering dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa. Bisul merupakan benjolan bulat berwarna kemerahan yang bisa muncul di berbagai area kulit tubuh.
Seiring berjalannya waktu, benjolan perlahan-lahan membengkak serta mengandung nanah.

Advertisements

Umumnya, bisul bisa sembuh dengan sendirinya. Meski begitu, ada beberapa kasus yang cukup parah dan perlu menggunakan obat atau penanganan dokter untuk menghilangkan bisul.

Maka dari itu, mengenali cara mengobati bisul yang benar perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko kemunculan bekas bisul di kemudian hari.

Cara menghilangkan bisul dengan cepat

Salah satu cara menghilangkan bisul dengan cepat bisa dilakukan dengan pengobatan rumahan. Adapun cara menghilangkan bisul dengan cepat dengan pengobatan rumahan adalah sebagai berikut.

Menempelkan kompres hangat

Sejak bisul mulai terbentuk pada area kulit tertentu, segera gunakan kompres hangat. Cara menghilangkan bisul dengan cepat ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi antibodi dan sel darah putih ke area kulit yang terinfeksi.

Advertisements

Selain itu, kompres hangat dapat membantu menarik nanah agar berkumpul di permukaan bisul. Caranya, tempelkan handuk yang sudah dibasahi air hangat pada permukaan bisul selama 20 menit. Cara menghilangkan bisul dengan cepat ini bisa Anda lakukan 3-4 kali dalam sehari.

Tidak memencetnya

Cara menghilangkan bisul dengan cepat adalah dengan tidak memencet atau memecahkannya. Apalagi bila dilakukan secara paksa ketika puncak benjolan pada kulit masih terasa agak keras dan area kulit di sekitarnya memerah.

Sebaiknya, tunggu sampai bisul matang yang ditandai dengan berkumpulnya nanah di permukaan bisul, serta bisul terasa lunak disentuh. Tindakan memecahkan bisul hanya boleh dilakukan oleh dokter kulit untuk mengeluarkan nanah bisul menggunakan alat steril.

See also  Beragam Manfaat Masker Putih Telur Untuk Kesehatan Kulit Wajah
8 Cara Mengobati Bisul Dengan Mudah di Rumah
8 Cara Mengobati Bisul Dengan Mudah di Rumah 4

Selalu jaga kebersihan kulit

Pengobatan rumahan yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan bisul dengan cepat adalah selalu menjaga kebersihan kulit. Anda perlu rajin mandi menggunakan sabun antibakteri dan air hangat tiap dua kali sehari.

Penggunaan sabun antibakteri bertujuan untuk menyingkirkan berbagai macam bakteri yang menempel di tubuh. Setelah mandi, keringkan tubuh menggunakan handuk.

Advertisements

Rajin cuci tangan

Anda juga disarankan untuk selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun antibakteri, terutama sebelum dan sesudah menyentuh permukaan kulit yang terdapat bisul. Mencuci tangan merupakan cara menghilangkan bisul dengan cepat untuk mencegah penyebaran infeksi bakteri ke area kulit lainnya.

Sering cuci handuk dan pakaian yang digunakan

Pastikan Anda rutin mengganti handuk dan pakaian sesaat setelah digunakan.
Kemudian, cuci pakaian atau handuk yang bersentuhan dengan kulit yang terkontaminasi bisul, menggunakan air panas.

Hindari berbagi penggunaan handuk, pakaian, dan barang-barang pribadi lainnya saat Anda sedang mengalami bisul.

Menggunakan salep antibiotik

Cara menghilangkan bisul dengan cepat perlu diiringi dengan penggunaan salep antibiotik. Anda bisa menggunakan obat bisul topikal yang dijual bebas di apotek untuk dioleskan pada bisul yang terasa sakit, atau luka bekas bisul yang pecah.

Advertisements

Namun, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan rekomendasi obat bisul dan cara pakainya yang tepat.
Anda juga boleh juga menggunakan obat salep antibiotik yang dijual bebas untuk mencegah infeksi muncul kembali.

Caranya, oleskan salep tipis-tipis pada permukaan kulit yang terdapat bisul atau luka bekas bisul yang pecah sebanyak 2 kali sehari sampai bisul sembuh.

Gunakan perban

Anda disarankan untuk menutup area kulit yang terdapat bisul dengan perban sebagai cara menghilangkan bisul dengan cepat.
Caranya, setelah Anda membersihkan area kulit yang terinfeksi bisul, tutup menggunakan perban atau kain kasa steril.
Namun, pastikan Anda rutin mengganti perban atau kain kasa steril, ya.

Advertisements
See also  Ternyata Ini,, Tips Mudah Menjaga Kebersihan Pori-Pori Wajah, Mari Simak!!

Minum obat pereda nyeri

Jika Anda tidak tahan dengan rasa nyeri akibat kemunculan bisul, coba minum obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol.
Obat pereda nyeri ini dapat membantu meredakan rasa nyeri, serta demam yang ditimbulkan akibat bisul.

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles