fbpx
Saturday, May 21, 2022

Beragam Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan Bahan Alami

Beragam Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan Bahan Alami
Beragam Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan Bahan Alami 3

Cavana Skin Menghilangkan Ketombe – Punya masalah ketombe memang sangat menyebalkan. Tak ayal bila banyak orang melakukan berbagai cara menghilangkan ketombe di kepala agar masalah munculnya serpihan berwarna putih yang berasal dari kulit kepala dan disertai rasa gatal ini bisa lenyap.

Untuk mengatasinya, ada berbagai cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal yang bisa Anda lakukan, selain menggunakan sampo antiketombe. Simak uraian selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara menghilangkan ketombe secara alami

Ada sejumlah bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal.
Meski begitu, perlu diketahui bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan bahan alami yang digunakan sebagai cara ampuh menghilangkan ketombe. Menthol merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengatasi permasalahan ketombe pada rambut.

Advertisements

Berikut adalah pilihan cara menghilangkan ketombe dengan cara alami:

Tea tree oil

Salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami adalah dengan tea tree oil atau minyak pohon teh.
Cara menghilangkan ketombe dengan tea tree oil adalah dengan mencampurkan 2-3 tetes tea tree oil dengan 2-3 tetes dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa.

Kemudian, teteskan minyak pada kapas dan aplikasikan langsung ke kulit kepala untuk mengusir jamur penyebab infeksi.
Cara alami menghilangkan ketombe bisa dilakukan 3-4 kali dalam sepekan. Meski demikian, beberapa orang mungkin bisa tidak cocok menggunakan tea tree oil untuk mengusir ketombe, sehingga perlu melakukan tes alergi sebelum melakukannya.

Bagi Anda yang punya kulit sensitif, sebaiknya perlu berhati-hati menggunakannya karena tea tree oil mungkin dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Advertisements

Minyak kelapa

Kondisi kulit kepala yang kering bisa memperburuk masalah ketombe yang Anda alami.
Nah, menggunakan minyak kelapa bisa jadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami karena kemampuannya menghidrasi kulit kepala.

See also  Dampak Dari Sering Ganti Skincare Pada Kulit Wajah, Berpotensi Menimbulkan Kanker Kulit

Sebuah studi menemukan bahwa manfaat minyak kelapa untuk rambut dapat mengobati kondisi eksim, yakni masalah kulit yang memicu munculnya ketombe.

Minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba yang mampu mengusir jamu penyebab infeksi. Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa cukup menggunakan 2 sendok makan minyak kelapa. Kemudian, pijat kulit kepala secara perlahan. Diamkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan sampo.
Pastikan Anda membersihkan kulit kepala agar tidak ada sisa minyak yang tertinggal karena dapat berisiko menyumbat pori-pori kulit.

Lidah buaya

Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya bisa menggunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya atau aloe vera kemasan yang dijual di pasaran.
Gunakan gel lidah buaya pada kulit kepala dengan cara memijatnya perlahan sampai benar-benar terserap sempurna.
Kemudian, bilas kulit kepala setelah mendiamkannya selama kurang lebih 1 jam. Lakukan cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya ini 2 kali dalam sepekan.

Beragam Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan Bahan Alami
Beragam Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan Bahan Alami 4

Cuka apel

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami, seperti cuka apel, juga bisa Anda terapkan di rumah.
Sifat asam pada cuka apel disebut mampu membantu merangsang pelepasan sel-sel kulit mati pada kulit kepala.
Manfaat cuka apel untuk rambut juga dapat menyeimbangkan pH kulit guna mengurangi pertumbuhan jamur yang jadi penyebab ketombe.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa cara mengatasi ketombe dengan cuka apel ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya. Jika Anda tertarik menggunakannya sebagai cara alami menghilangkan ketombe, coba campurkan beberapa tetes cuka apel dengan sampo, atau minyak esensial lain.

Minyak sereh

Minyak sereh juga dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.
Minyak sereh memiliki zat antimikroba dan antiradang yang dapat mengurangi kemunculan ketombe.
Menurut sebuah riset kecil yang dimuat dalam Complementary Medicine Research, produk hair tonic yang mengandung 10% minyak sereh mampu mengurangi ketombe sampai 81% setelah penggunaan 2 minggu.

See also  Mengatasi Masalah Kulit Wajah Pada Pria Dengan Bahan Alami

Anda bisa mencampurkan 2-3 tetes minyak sereh pada sampo atau kondisioner yang biasa digunakan, lalu usapkan pada kulit kepala dan pijat perlahan. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas kulit kepala sampai bersih.
Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan cepat dan mudah ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.

Soda kue

Soda kue juga memiliki zat antijamur yang dapat melawan jamur penyebab ketombe muncul.
Jika Anda tertarik menggunakannya sebagai cara ampuh mengatasi ketombe, sebaiknya pakai tidak terlalu banyak.
Sebab, baking soda dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala sehingga membuatnya jadi kering dan iritasi.

Selain itu, soda kue mempunyai kadar pH yang tinggi sehingga rentan merusak kulit kepala bila digunakan terlalu sering.
Cara menghilangkan ketombe dengan baking soda perlu membasahi rambut terlebih dahulu dengan air, lalu balurkan 2-3 sendok makan soda kue pada kulit kepala. Diamkan selama 2 menit sebelum membilasnya dengan bersih. Cara menghilangkan ketombe di kepala ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.

Advertisements

Minyak zaitun

Cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal bisa pula dengan minyak zaitun. Kamu hanya cukup mengoleskan minyak zaitun pada area kulit kepala.

Diamkan selama kurang lebih 1 jam, lalu sisir rambut perlahan. Lakukan langkah ini perlahan agar rambut tidak berminyak.

Garam

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan garam banyak dilakukan oleh beberapa orang.
Garam dapur diklaim mampu mengeksfoliasi karena dapat membersihkan timbunan sel kulit mati di kulit kepala yang menyumbat pori-pori sehingga ketombe tidak akan datang lagi.

Cara menghilangkan ketombe dengan garam juga diyakini dapat menyerap minyak berlebih di kulit kepala yang terkadang menjadi penyebab ketombe muncul.

Reviews

Related Articles