fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Cara Mencegah Kutil Kelamin

Cara Mencegah Kutil Kelamin
Cara Mencegah Kutil Kelamin 3

Mencegah Kutil Kelamin : Kutil kelamin adalah penyakit yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Kutil kelamin menjadi salah satu penyakit menular seksual yang mana jika dibiarkan sangatlah berbahaya, yaitu dapat menjadikan komplikasi yang menyebabkan kanker dan infeksi ketika masa kehamilan. Hal berbahaya dari penyakit ini juga yaitu dapat menulari pada orang lain, terutama jika orang tersebut adalah orang yang aktif secara seksual.

tanda-tanda kutil kelamin yaitu gatal, nyeri, dan perasaan terbakar pada alat kelamin dan area sekitarnya, serta terkadang ditemukan pendarahan ketika berhubungan seksual. Selain itu, ditemukan kutil yang menyerupai jengger ayam.

Bagaimana cara mencegah kutil kelamin? Simak penjelasan berikut ini.

Hindari seks bebas

Menghindari seks bebas dengan pasangan yang berganti-ganti menjadi salah satu cara mencegah kutil kelamin yang paling direkomendasikan. Tidak hanya penyakit kutil kelamin sebenarnya, seks bebas juga sangat berbahaya karena bisa menjadi alasan tingginya serangan penyakit-penyakit yang menyerang alamat kelamin atau yang disebabkan akibat hubungan intim, misalnya adalah herpes, sifilis, ataupun HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang dapat ditularkan salah satunya dengan berhubungan seksual.

Menggunakan pengaman ketika berhubungan intim

Kondom merupakan alat yang dibuat sebagai pengaman dalam berhubungan intim. Adanya kondom juga dapat menghindari kontak langsung ketika berhubungan intim, yang mana sangat berbahaya terutama jika Anda tidak mengetahui tentang kesehatan ataupun sejarah seksual pasangan Anda tersebut.

Cara Mencegah Kutil Kelamin
Cara Mencegah Kutil Kelamin 4

Perhatikan penggunaan alat bantu seksual

Jangan sekali-kali menggunakan alat bantu seksual bekas pakai orang lain. Ini dapat menjadi salah satu media yang memiliki risiko tinggi dalam menyebarkan penyakit menular seksual. Perhatikan selalu apa yang Anda gunakan. Jangan sampai Anda mengorbankan kesehatan Anda hanya gara-gara kurangnya kesadaran tentang anjuran tidak menggunakan alat bantu seksual milik orang lain.

See also  Berbagai Manfaat Aloe Vera Bagi Kesehatan Kulit

Cek kesehatan reproduksi secara rutin

Anda yang memiliki kehidupan seksual yang tinggi harus sering-sering melakukan pemeriksaan ke dokter dan melakukan cek kesehatan secara rutin. Cek kesehatan alat reproduksi Anda untuk menghindari adanya infeksi dari penyakit menular seksual. Kesadaran cek kesehatan di Indonesia memang masih rendah, namun jika Anda sendiri merasa kondisi tidak nyaman pada area reproduksi Anda, sebaiknya cepat-cepat menghubungi dokter terkait dan jangan menunda pemeriksaan.

Advertisements

Dengan pemeriksaan dan diagnosis yang tepat pada ahlinya, Anda dapat meminimalkan risiko infeksi yang semakin memburuk pada diri Anda, juga dapat membantu orang lain supaya tidak terinfeksi penyakit seksual lainnya. Pengobatan kutil kelamin yang tepat datang dari diagnosis dini.

Pencegahan HPV dapat dilakukan dengan imunisasi

Anda dapat melakukan vaksin HPV untuk menghindari penyakit ini sebelum melakukan hubungan seksual. Vaksin HPV sudah dinyatakan mampu mengurangi penyebaran penyakit kutil kelamin dan pencegahan terhadap penyakit kanker serviks. Vaksin HPV idealnya diberikan pada anak yang berusia 9-12 tahun. Namun vaksin ini dapat juga diberikan pada orang yang berusia 13-26 tahun, ataupun orang yang aktif berhubungan seksual.

Sekian informasi mengenai cara mencegah kutil kelamin. Semoga bermanfaat! Obat Kutil Kelamin

Reviews

Related Articles