Tuesday, June 28, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Cara Mencegah Kanker Sejak Dini – Penting Di Ketahui!!

Cara Mencegah Kanker Sejak Dini – Penting Di Ketahui!!
Cara Mencegah Kanker Sejak Dini - Penting Di Ketahui!! 2

Cara Mencegah Kanker – Mengetahui cara mencegah kanker sangatlah penting agar tubuh kita terhindar dari penyakit yang sangat mematikan ini. Ada banyak definisi pencegahan kanker, salah satunya adalah mengambil tindakan aktif untuk mengurangi kejadian kanker. Kita dapat melakukannya dengan menghindari karsinogen atau mengubah gaya hidup atau menghindari diet yang sebenarnya dapat menyebabkan kanker dan/atau intervensi medis (kemoprevensi, pengobatan pra-kanker).

Advertisements

Selain itu, pencegahan juga dapat dilakukan dengan menggunakan konsep epidemiologi, yang biasanya digunakan sebagai pencegahan utama bagi mereka yang terdiagnosis suatu penyakit tertentu. Pada orang yang pernah mengidap penyakit tertentu, dilakukan pencegahan sekunder agar penyakit sebelumnya tidak berubah menjadi komplikasi yang bersifat onkologis.

Sebagian besar kasus kanker bergantung pada gaya hidup dan lingkungan. Hal ini erat kaitannya dengan aktivitas fisik. Tetapi kebanyakan kanker dapat dicegah, dan cara terbaik untuk mencegah kanker adalah dengan mengubah gaya hidup Anda menjadi gaya hidup yang sehat.

Kanker yang terkait dengan aktivitas fisik meningkatkan risiko kanker usus besar, payudara, dan kemungkinan kanker lainnya. Jika menyangkut kanker yang terkait dengan kelebihan berat badan atau obesitas, ini adalah kanker usus besar, payudara, dan kanker lainnya.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker:

Advertisements

Pencegahan Kanker

Skrining kanker adalah upaya untuk mendeteksi kanker melalui diagnosis tertentu. Kanker ini merupakan kanker tak terduga pada populasi tanpa gejala. Tes ini harus dapat diakses oleh beberapa orang karena tidak mendiagnosis orang yang terlihat sakit, tetapi orang yang terlihat sehat tetapi sebenarnya sakit. Selain itu, tes ini harus menjadi prosedur yang aman dan non-invasif. Ketika tanda-tanda kanker ditemukan, diperlukan analisis yang lebih detail dan invasif untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

See also  Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Kelamin? Seperti Ini Triknya!

Vaksinasi

Cara mencegah kanker dapat dilakukan melalui vaksinasi. Profilaksis vaksinasi kini telah dikembangkan untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus onkogenik, agen infeksi seperti virus. Selain itu, terapi vaksinasi dikembangkan untuk merangsang dan memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan epitop spesifik kanker.

Pengembangan vaksin terus dilakukan untuk mencegah virus menular seksual seperti human papillomavirus (HPV) karena virus ini sekarang menjadi lebih umum di populasi yang menyebabkan kanker serviks dan kutil kelamin. Hingga Oktober 2007, hanya ada dua vaksin HPV yang beredar di pasaran, yaitu Gardasil dan Cervarix.

Tes Genetik

Cara pencegahan kanker selanjutnya adalah melalui tes genetik. Tes ini dilakukan bagi mereka yang berisiko sangat tinggi terkena kanker. Tes ini biasanya dilakukan pada kerabat yang menderita kanker. Tes ini dilakukan untuk pemantauan, kemoprofilaksis dan mengurangi risiko operasi. Semua ini dilakukan hanya untuk menyelamatkan nyawa mereka yang berisiko tinggi terkena kanker.

Kemoprofilaksis

Cara pencegahan kanker dimungkinkan dengan bantuan obat-obatan, yaitu kemoprofilaksis. Banyak uji klinis berkualitas tinggi saat ini sedang dilakukan untuk mendukung penggunaan kemoprevensi. Para ahli telah membuktikan bahwa penggunaan kemoprofilaksis seperti tamoxifen dan modulator reseptor estrogen selektif (SERM) dapat menekan perkembangan kanker payudara berisiko tinggi sekitar 50% dalam waktu 5 tahun.

Advertisements

Bahkan lebih meyakinkan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa modulator reseptor estrogen selektif mungkin memiliki manfaat yang sama seperti tamoxifen dalam mencegah kanker payudara pada wanita berisiko tinggi, dengan efek samping yang lebih menguntungkan.

Vitamin

Cara mencegah kanker juga bisa dilakukan dengan bantuan vitamin. Ide ini muncul dari adanya penelitian tentang beberapa penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin, misalnya anemia pernisiosa – penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B-12, penyakit kudis yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Tubuh setelah pengujian . Oleh karena itu, makan sayur dan buah segar sangat dianjurkan untuk menghindari kanker. Selain itu, sayur dan buah juga dapat meningkatkan stamina agar tetap sehat.

See also  WOW!! Ternyata Ini Tips Agar Tidur Tidak Mendengkur, Yuk Mari Simak

Diet

Ternyata diet juga bisa membantu mencegah kanker. Karena dengan berdiet kita terhindar dari kelebihan berat badan atau obesitas. Obesitas sangat rentan terhadap berbagai penyakit, termasuk kanker. Dalam beberapa praktik diet, masing-masing negara memiliki perbedaan dalam kaitannya dengan kanker, misalnya, kanker perut umum di Jepang dan kanker usus besar umum di Amerika Serikat.

Hal ini membuktikan bahwa imigran berisiko terkena kanker di negara baru tempat mereka tinggal, yang biasanya terjadi dalam satu generasi. Ini menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara diet dan kanker. Jadi pertanyaannya adalah apakah diet dapat mencegah kanker yang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Ini belum diketahui jawabannya, tetapi diet jelas merupakan cara untuk mencegah kanker.

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles