fbpx
Saturday, June 25, 2022

Cara Mencegah Kanker Mulut Yang Perlu Di Ketahui

Cara Mencegah Kanker Mulut Yang Perlu Di Ketahui
Cara Mencegah Kanker Mulut Yang Perlu Di Ketahui 2

Cara Mencegah Kanker Mulut – Anda mungkin tidak benar-benar tahu jika ada penyakit yang disebut kanker mulut. Masih belum diketahui secara pasti apa penyebab penyakit ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa kanker mulut dapat menyerang semua orang, baik pria maupun wanita.

Advertisements

Para ahli menyimpulkan bahwa penyebab penyakit ini adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti minum alkohol, merokok, oral seks dan lain-lain. Oleh karena itu, untuk menghindarinya, Anda harus mulai mengatur kembali gaya hidup Anda agar terbebas dari penyakit ini, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membantu mencegah kanker mulut.

Melakukan Tes Mandiri

Untuk mengetahui apakah Anda mengidap kanker mulut atau tidak, Anda bisa melakukan pemeriksaan mandiri di rumah. Seperti halnya kanker payudara, kanker mulut juga dapat diuji dengan sendirinya, yaitu dengan membuka mulut lebar-lebar di depan cermin kemudian melihat seluruh bagian dalam mulut, termasuk bagian belakang lidah dan sisi-sisinya. Hal ini dilakukan agar dapat diketahui lebih awal sehingga pengobatan dapat segera dilakukan.

Periksa Gigi

Untuk melakukan ini, kami sangat menyarankan Anda untuk selalu memeriksakan gigi Anda secara teratur. Anda dapat melakukan ini setiap 6 bulan hingga 1 tahun. Saat melakukan pemeriksaan, Anda juga bisa meminta dokter gigi untuk melakukan skrining kanker mulut agar jika ada kanker bisa langsung terdeteksi.

Advertisements

Mengurangi pengolahan makanan yang di goreng

Banyak orang yang sangat menyukai pengolahan produk sangrai. Karena minyak dalam makanan dapat menambah rasa gurih pada makanan yang kita olah. Namun cara ini tidak sehat, salah satunya dapat menyebabkan kanker mulut. Oleh karena itu, segera ubah cara Anda mengolah makanan, seperti memanggang, merebus, atau mengukusnya. Jangan lupa tambahkan bumbu seperti bawang putih, jahe dan kunyit.

See also  Mau Tips Cepat Hamil ? Cobalah Cara Sakti ini, Gampang Dan Enak !!!

Makan makanan anti kanker

Kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya dan banyak pasien yang meninggal. Karena sebenarnya tidak ada obat yang sangat efektif untuk penyakit ini, maka Anda dapat mencegahnya dengan banyak mengonsumsi makanan anti kanker seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran berdaun hijau tua, biji rami, bawang putih, anggur, teh hijau, kedelai dan tomat. . . Makanan ini juga direkomendasikan oleh American Institute for Cancer Research sebagai makanan pencegah kanker. Selain itu, makanan ini juga sehat dan penuh nutrisi.

Olahraga teratur

Olahraga sangat baik untuk kesehatan, tetapi jangan berlebihan. Berolahraga hanya beberapa menit, tetapi lakukan secara teratur. Tubuh yang aktif memang dapat meningkatkan sistem imun tubuh untuk mencegah berbagai penyakit, salah satunya kanker mulut.

Batasi paparan sinar matahari

Kontak tubuh langsung dengan sinar matahari berbahaya bagi kesehatan. Karena paparan sinar matahari secara berulang dapat meningkatkan risiko terkena kanker bibir, terutama bibir bawah. Jadi lindungi bibir Anda dengan menggunakan lipstik atau lip balm. Sebaiknya pilih produk yang mengandung tabir surya sehingga dapat melindungi bibir Anda dari sengatan matahari.

Hindari minuman beralkohol

Saya telah menyebutkan di berbagai artikel bahwa alkohol tidak akan membawa manfaat yang signifikan bagi kesehatan Anda, itu justru akan membahayakan kesehatan Anda. Konsumsi alkohol yang berlebihan dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker mulut, sehingga Anda harus segera menghindarinya.

Advertisements

Jangan merokok atau mengunyah produk tembakau

Seperti alkohol, merokok tidak memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Padahal, merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Nikotin dalam tembakau dapat merusak paru-paru dan menyebabkan kanker mulut. Hal ini bisa terjadi karena nikotin meningkatkan kadar asam dalam mulut, suatu kondisi yang pasti tidak sehat. Oleh karena itu, jika Anda masih menikmati merokok atau mengunyah buah pinang plus tembakau, segera hentikan kebiasaan ini untuk menghindari kanker mulut.

See also  Beragam Manfaat Air Bagi Kehidupan Kita Sehari-hari

Selalu sikat gigi secara teratur

Salah satu cara paling efektif untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut adalah dengan menyikat gigi secara teratur. Lakukan ini 2 kali sehari, selain itu Anda juga bisa menggunakan benang khusus untuk membersihkan sela-sela gigi yang disebut benang gigi. Karena mulut yang kotor dan sehat dapat meningkatkan perkembangan sel kanker terutama di mulut, keadaan ini juga dapat melemahkan daya tahan tubuh kita sehingga penyakit mudah menyerang, seperti halnya kanker mulut.

Jika Anda tidak tahu seperti apa kanker mulut, ini mungkin bisa membantu Anda belajar sedikit. Kanker mulut biasanya memiliki bentuk benjolan dan putih dengan bintik-bintik merah atau abu-abu. Jika Anda melihat dan merasakan hal ini, segera hubungi dokter agar pengobatan dapat segera dilakukan.

Advertisements

Reviews

Related Articles