fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Cara Efektif Menghilangkan Panu Yang Tepat, Dengan Bahan Alami

Cara Efektif Menghilangkan Panu Yang Tepat, Dengan Bahan Alami
Cara Efektif Menghilangkan Panu Yang Tepat, Dengan Bahan Alami 2

Panu disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia yang sebenarnya biasa ditemukan pada permukaan kulit. Pada kondisi normal, jamur tersebut justru memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, seperti melindungi tubuh dari infeksi dan kuman penyebab penyakit. Namun, jika jamur ini tumbuh berlebihan, perubahan warna pada kulit bisa terjadi.

Cara menghilangkan panu yang efektif

Panu sebenarnya kondisi yang tidak terlalu berbahaya dan juga tidak menular. Tetapi, perubahan warna kulit yang terjadi dapat mengganggu estetika. Beberapa orang yang punya panu juga mengalami gejala lain seperti rasa gatal, kulit mengelupas dan bahkan kadang terasa perih.

Jika panu yang dialami tidak terlalu parah, Anda dapat menghilangkannya dengan cara berikut ini.

Obat oles

Obat oles yang digunakan untuk menghilangkan panu biasanya mengandung miconazole, clotrimazole, atau terbinafine. Bahan-bahan tersebut dinilai efektif untuk singkirkan jamur di permukaan kulit. Obat oles ini biasanya bisa dibeli bebas di apotek tanpa resep dokter.

Shampo antiketombe

Alternatif cara menghilangkan panu lain adalah dengan menggunakan shampo antiketombe yang mengandung asam salisitat, zinc pyrithione, atau selenium sulfide.
Cara ini memang tidak lebih efektif dari obat antijamur, dan berisiko mengiritasi kulit. Namun dibandingkan obat antijamur, harga shampo antiketombe relatif lebih terjangkau.

Anda dapat menggunakan shampo tersebut layaknya losion dan mengoleskannya di lokasi munculnya panu. Setelah dioleskan, diamkan shampo selama 5 menit lalu bilas. Lakukan langkah ini secara rutin selama 2 minggu.

Apabila Anda menggunakan shampo dengan kandungan selenium sulfide, diamkan shampo selama 10 menit setelah dioleskan, lalu bilas hingga bersih. Melakukan langkah ini secara teratur selama 1 minggu, terbukti efektif untuk menghilangkan panu.

Advertisements

Krim atau losion antijamur

Cara menghilangkan panu lainnya adalah dengan menggunakan shampo, krim, sabun, maupun losion antijamur. Dokter dapat meresepkan obat yang memiliki bahan aktif ketoconazole sebanyak 1 kali sehari, selama 11 hingga 22 hari.

See also  Perlu Diketahi! Ini 5 Penyakit Kulit Yang Biasa Menyerang Kaki

Pembersih kulit

Panu merupakan penyakit kulit yang sering kambuh, terutama bagi Anda yang tinggal di daerah dengan cuaca yang panas dan lembap. Dokter dapat menyarankan Anda untuk menggunakan pembersih kulit dalam bentuk sabun khusus satu atau dua kali sebulan, terutama saat cuaca hangat dan lembab untuk mencegah dan menghilangkan panu.

Obat antijamur

Apabila muncul dalam jumlah banyak dan hampir merata, maka obat oles saja tidak cukup untuk menghilangkan panu. Diperlukan juga obat minum agar efeknya bisa menggapai seluruh bagian tubuh yang terkena panu dari dalam.
Untuk mengobati panu yang merata, dokter dapat meresepkan obat antijamur untuk dikonsumsi selama jangka waktu tertentu. Dokter biasanya akan meresepkan obat ketoconazole serta fluconazole.

Bahan-bahan alami

Beberapa bahan alami seperti lidah buaya, madu, minyak zaitun, tea tree oil, hingga cuka apel juga dipercaya bisa bantu hilangkan panu di kulit. Namun, klaim ini tidak didasarkan pada penelitian ilmiah dan hanya mengacu pada anekdot turun temurun.

Reviews

Related Articles