fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Bolehkah Kutil Kelamin Dipotong? Perhatikan Dulu Efeknya Disini!

Bolehkah Kutil Kelamin Dipotong? Perhatikan Dulu Efeknya Disini!
Bolehkah Kutil Kelamin Dipotong? Perhatikan Dulu Efeknya Disini! 4

Alternatif menghilangkan kutil kelamin selain menerapkan pantangan kencing nanah dan pengobatan juga bisa dilakukan dengan pemotongan. Namun pemotongan kutil kelamin tidak boleh asal. Dan harus dilakukan oleh ahli yang memang sudah berpengalaman menangani gangguan kutil kelamin. Melalui prosedur yang aman dan bisa dipertanggungjawabkan, sehingga tidak menimbulkan efek apapun bagi kesehatan.


Kutil kelamin yang mengganggu kesehatan serta penampilan memang harus segera diobati. Terlebih pada wanita dimana kutil kelamin tumbuh di area sensitive. Mudah terpapar bakteri, jamur dan pathogen jika area tersebut tidak dirawat dengan bersih setiap hari. Terlebih ketika keputihan atau menstruasi, area intim tersebut menjadi tidak nyaman dan mengganggu aktifitas.

Cara Pemotongan Kutil Kelamin yang Aman

Pemotongan kutil kelamin yang aman adalah dengan metode medis. Dokter yang menangani tidak akan langsung memotong bagian kutil tetapi terlebih dahulu melakukan serangkaian pemeriksaan. Untuk mengetahui area mana saja yang perlu dilakukan pemotongan apakah hanya di area atau dalam organ genital. Sebab perlakuan antara kutil yang tampak dan tidak berbeda.


Secara medis pemotongan kutil dilakukan dengan metode eksisi. Yaitu pemotongan dengan menggunakan pisau bedah. Sekilas mudah dilakukan tetapi proses ini membutuhkan perhitungan yang akurat dan hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis berpengalaman. Pemotongan dilakukan hanya di rumah sakit atau tempat dokter bersangkutan dengan fasilitas medis yang memadai dan terjamin steril.


Pasien tidak boleh memotong sendiri kutil kelamin yang muncul di area genital atau manapun meskipun memiliki peralatan memadai. Sangat berbahaya jika dilakukan sendiri karena bisa menyebabkan nyeri berlebih dan perdarahan jika pemotongan tidak tepat. Area genital banyak terdapat pembuluh darah yang berbahaya jika sampai luka dan rentan muncul infeksi baru.


Proses pemotongan kutil kelamin memalui eksisi menimbulkan efek berupa nyeri setelah proses pemotongan sampai beberapa saat. Dan untuk mengatasi nyeri hanya dapat dibantu oleh dokter melalui pemberian obat. Sebagai orang yang awam terhadap penanganan kutil kelamin ada baiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis disamping tetap menerapkan pantangan kencing nanah secara konsisten.

Bolehkah Kutil Kelamin Dipotong? Perhatikan Dulu Efeknya Disini!
Bolehkah Kutil Kelamin Dipotong? Perhatikan Dulu Efeknya Disini! 5

Pembedahan Kutil Kelamin

Pembedahan kutil kelamin adalah alternatif lain dari pemotongan, pengobatan disamping juga menerapkan pantangan kencing nanah. Pembedahan yang bisa dilakukan adalah electrocautery. Seperti namanya pembedahan ini dilakukan menggunakan bantuan listrik. Metode ini sudah banyak digunakan untuk menghilangkan atau membedah jaringan tidak normal yang tumbuh pada kulit atau organ lain tubuh manusia.

Advertisements


Selain digunakan untuk membedah dan menghilangkan jaringan abnormal seperti kutil kelamin, metode ini efektif untuk menghentikan perdarahan pasca operasi. Sehingga lebih aman karena meminimalisir hilangnya darah berlebih pada pasien. Electrocautery juga berguna untuk mencegah timbulnya alergi pada pasien. Metode ini akan semakin efektif dengan menerapkan pantangan kencing nanah selama pengobatan.

See also  Tips Diet : Terlihat Gemuk, Ini Penyebab Berat Badan Berlebih 


Pembedahan yang kedua adalah melalui krioterapi. Pada metode ini digunakan nitrogen cair suhu rendah mencapai -1950C untuk menghilangkan kutil kelamin. Metode ini lebih banyak digunakan untuk membedah atau menghilangkan kutil kelamin dengan ukuran abnormal. Setelah pembedahan sebanyak 50-60 persen kutil dapat hilang setelah dilakukan krioterapi sebanyak 3 sampai 4 kali.


Pembedahan krioterapi masih dapat memunculkan kembali kutil kelamin, maka perlu dilakukan pola hidup sehat untuk menghindari penularan kembali melalui hubungan seksual. Selanjutnya untuk kutil yang sulit dihilangkan dengan berbagai metode pembedahan sebelumnya, bisa dilakukan bedah laser. Cara kerjanya adalah dengan menghancurkan pembuluh darah yang mengakibatkan kutil mati kemudian baru diangkat.

Bolehkah Kutil Kelamin Dipotong? Perhatikan Dulu Efeknya Disini!
Bolehkah Kutil Kelamin Dipotong? Perhatikan Dulu Efeknya Disini! 6

Apakah Kutil Kelamin Bisa Sembuh Total? Temukan Solusinya Disini!

Pantangan gonore jika diterapkan untuk penyakit kelamin lainnya mungkinkah efektif? Efektifitas pengobatan masing-masing penyakit kelamin tergantunng dengan seberapa parah gejala yang dialami pasien serta tekad dari dalam diri pasien untuk bisa sembuh total. Pada kenyataannya pasien baru memeriksakan diri ke dokter setelah terdapat gejala berat sehingga pengobatan menjadi lebih lama.


Ketika gejala sudah mengarah pada kerusakan organ pantangan gonore yang dilakukan pasien dan pengobatan medis tidak dapat memulihkan 100%. Meskipun penyebab penyakit bisa hilang dari tubuh pasien tetapi organ yang rusak bisa permanen. Maka sangat penting untuk mendeteksi sejak dini kemungkinan adanya penularan penyakit kelamin sebelum menyebabkan komplikasi lebih serius.

Peluang Kesembuhan Kutil Kelamin dengan Penerapan Pantangan Gonore

Penerapan pantangan gonore bisa saja membantu mengurangi keluhan pada gejala kutil kelamin. Rasa nyeri pada bagian yang tumbuh kutil bisa mereda dan dapat beraktifitas seperti semula. Tetapi harus benar-benar melakukan pengobatan sesuai anjuran dokter atau praktisi kesehatan. Serta mematuhi larangan selama menjalani masa pengobatan sehingga efektifitas pemberian obat dapat terukur.


Pasien penyakit kelamin tidak harus melakukan pengobatan secara medis meskipun sangat disarankan dengan metode tersebut. Sebab sudah menjadi rahasia umum bahwa mengidap penyakit kelamin apapun itu adalah aib. Bagi yang sungkan memeriksakan diri dan mejalani pengobatan dengan bantuan dokter bisa melakukan metode mandiri untuk membantu kesembuhan dari gejala penyakit kelamin.


Pasien tidak diperbolehkan melakukan hubungan seksual dengan siapapun sampai dinyatakan benar-benar sembuh dilihat dari berangsur pulihnya gejala dan keluhan yang dirasakan.

Kemungkinan Kutil Kelamin Kambuh

Kutil kelamin adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang pada kondisi tertentu dapat kambuh kembali meskipun telah mendapatkan pengobatan. Virus dapat dikalahkan dengan menjaga imunitas tubuh secara teratur setiap hari sehingga aktifitasnya dapat ditekan. Gejala penyakit tidak akan mengganggu aktifitas dan menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga tubuh terasa lebih prima.


Kemungkinan penyakit kutil kelamin kambuh sangat besar. Jika pasien tetap melakukan aktifitas seksual tidak aman selama pengobatan atau setelahnya. Besar kemungkinan pasien kembali terpapar faktor penyebab penyakit kutil kelamin dari pasangan seksualnya. Maka sangat dianjurkan bagi pasien untuk menerapkan pergaulan sehat untuk menghindari penularan kembali yang mengakibatkan penyakit kambuh lagi.

See also  8 Khasiat Masker Alpukat dan Cara Membuatnya


Proses penyembuhan kutil kelamin sendiri memakan waktu cukup lama hingga 2 tahun sejak masa infeksi. Adapun yang tidak dapat sembuh sempurna dan virus tetap bertahan di dalam tubuh pasien. Selama masa 2 tahun ini pasien bersangkutan harus mengikuti anjuran untuk meinum obat secara rutin dan menerapkan pantangan gonore secara konsisten.


Pola hidup sehat juga dapat membantu mencegah penyakit kambuh kembali meskipun virus masih bersarang di dalam tubuh. Minimal daya tahan tubuh pasien cukup untuk menekan faktor penyakit tersebut sehingga tidak menimbulkan infeksi parah. Caranya dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, cukup minum air putih, cukup istirahat dan olah raga secara teratur.

Cara Mencegah Kambuhnya Kutil Kelamin

Cara paling efektif mencegah kutil kelamin kambuh adalah menghindari aktifitas seksual bebas. Sebab aktifitas tersebut merupakan jalur penularan paling potensial. Sekalipun sudah mendapat pengobatan secara medis atau metode mandiri tetapi penularan tetap dapat terjadi melalui kontak dengan penderita kutil kelamin. Sama halnya dengan penularan penyakit kelamin lainnya yang menyebabkan kekambuhan.

Hindari penggunaan obat-obatan terlarang terlebih yang menggunakan jarum suntik secara bersamaan. Jarum suntik yang digunakan bergantian tidak steril. Sangat rentan terhadap penularan berbagai penyebab penyakit termasuk penyakit kelamin menular. Bakteri atau virus dalam darah pasien akan masuk ke jarum kemudian masuk kembali ke tubuh orang sehat yang menggunakan jarum setelahnya.

Untuk mencegah kambuhnya penyakit kutil kelamin yang disebabkan oleh virus paling utama adalah menjaga daya tahan tubuh. Jalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, menghindari alkohol dan rokok, cukup minum air putih,isturahat dan olah raga teratur. Memeriksakan kesehatan secara berkala serta menerapkan pantangan gonore secara konsisten setiap hari.

Obat untuk Kutil Kelamin Pria yang Praktis tapi Ampuh

Pantangan kencing nanah pada pria maupun wanita tidak ada perbedaan. Jika diterapkan secara konsisten maka efektif untuk mencegah penularan berbagai penyakit kelamin termasuk juga kutil kelamin. Pantangan yang harus dilakukan adalah menghindari hubungan seksual secara tidak aman. Orang yang secara aktif melakukan hubungan seksual memiliki peluang lebih besar tertular penyakit.


Merokok dan minum minuman keras juga berpotensi menurunkan daya tahan tubuh yang pada akhirnya rentan tertular penyakit. Seperti yang sudah diketahui bahwa kutil kelamin adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Untuk dapat melawan virus diperlukan imunitas atau daya tahan tubuh yang prima. Meskipun obat juga membantu proses penyembuhan penyakit.

See also  Bagaimana Sih, Cara Menggunakan Toner Yang Tepat Biar Hasilnya Maksimal? Yuk Simak Berikut Ini

Kutil Kelamin pada Pria

Kutil kelamin pada pria menyerang bagian genital, anus dan saluran kemih. Ada juga yang mengalami kutil tumbuh di area mulut dan tenggorokan. Kutil pada pria umumnya menyebabkan ketidaknyamanan pada saat beraktifitas. Terutama ketika mengenakan pakaian dalam ketat atau celana berbahan jeans, kulit dan sebagainya yang ketat dan tidak menyerap keringat.


Paling nyeri dan tidak nyaman tentunya kutil yang tumbuh pada area skrotum. Selain mengganggu saat beraktifitas juga menyebabkan kurang percaya diri terutama di depan pasangan. Kutil pada area ini tak jarang juga menyebabkan nyeri ketika berhubungan seksual secara langsung. Pada kondisi ini jika pasangan berbadan sehat maka virus bisa menular.


Kutil juga dapat tumbuh pada area mulut dan tenggorokan. Area ini terinfeksi virus akibat dari penularan dari hubungan seksual secara langsung secara oral sex. Virus yang menginfeksi batang atau ujung penis menyentuh area mulut pasangan seksual, secara langsung virus berpindah ke area bersih tersebut dan berkembangbiak membentuk koloni menyebabkan kutil.


Kutil kelamin pada pria yang tumbuh di area mulut dan tenggorokan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker. Sebab pertumbuhan abnormal sel-sel didalamnya yang dipengaruhi oleh infeksi virus. Pada kondisi ini keluhan atau kerusakan sulit untuk dipulihkan dan memerlukan terapi khusus

Pengobatan dengan Pantangan Kencing Nanah

Metode pengobatan apapun yang dijalani pasien akan lebih maksimal jika dibantu dengan menerapkan pantangan kencing nanah. Meskipun kencing nanah dan kutil kelamin penyebabnya berbeda namun secara garis besar cara untuk menyembuhkannya serupa.

Hanya berbeda dari jenis obat yang harus dikonsumsi. Terdapat berbagai macam metode pengobatan yang bisa digunakan oleh pasien. Sangat disarankan melakukan pengobatan secara medis, sebab dokter akan melakukan skrinning terlebih dahulu untuk menentukan diagnosa serta tindakan yang harus diambil.

Apakah perlu dilakukan prosedur operasi atau cukup menggunakan obat. Untuk menyembuhkan gejala nyeri atau gatal pada kutil digunakan salep. Salep dapat digunakan untuk area luar maupun dalam organ genital.


Pada pria salep lebih mudah diaplikasikan pada bagian penis, selangkangan, paha bagian atas, skrotum maupun bagian dalam anus. Secara perlahan salep akan membakar kutil menjadikannya kering dan sembuh tanpa menyebabkan rasa nyeri atau gatal. Untuk kondisi tertentu yang berat seperti ukuran kutil abnormal atau jumlahnya terlampau banyak bisa dilakukan operasi.


Secara medis operasi bisa dilakukan dengan cara memotong kutil menggunakan pisau bedah, pembedahan menggunakan listrik, bedah laser maupun menggunakan nitrogen cair. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun yang paling penting adalah tetap menjaga pola hidup dan pergaulan sehat. Dan tetap menerapkan pantangan kencing nanah secara konsisten sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Reviews

Related Articles